Udang Goreng Mayonaise

26 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Pada hari kamis kemarin aku membeli udang dan ingin mengolahnya menjadi jemput jemput udang (gorengan udang dengan menggunakan roti). Tapi sayangnya rotinya malah sudah habis sebelum dimasak, jadi ya sudah aku coba-coba cari resep lain untuk mengolah udang. Nah saat sedang mencoba mencari resep, aku teringat dengan udang goreng mayonaise, akhirnya aku coba mencari resepnya. Kebetulan di tablodinova.com juga men-share resep udang goreng mayonaise.. dan hasilnya… maknyus….

Udang goreng mayonaise ini enaknya dimakan selagi baru di goreng dan masih renyah saat digigit. Setelah didiamkan lama kelamaan tepungnya akan menjadi lembek. Ya namanya juga gorengan biasanya memang begitu, setelah dingin maka garingnya akan hilang. Tapi saat sudah tidak garing juga masih enak sih untuk dimakan, tapi tidak seenak saat baru di goreng. Yang penting adalah proses meracik mayonaisenya berhasil deh hehehe….

Wah sayang kok foto mayonaisenya seperti kocokan putih telur ya? hehehe skil foto memfoto-ku masih belum jago neh… jadinya jelek deh foto dan warna kadang ga sesuai sama aslinya.

 IMG_4058

Berikut resep udang mayonaise yang aku buat berdasarkan resep dari tabloid nova, namun aku ubah sedikit sesuai selera dan bahan yang ada. Oh ya untuk resep mayonaisenya aku ganti dengan takaran sendok saja.

Bahan:
* 500 gr udang (buang kulit dan bersihkan, sisakan ekornya). Kalau aku sih dibersihkan total udangnya sama pembantu di rumah, jadinya ya tidak ada ekornya lagi deh hehehe….

* 2 sdt air jeruk nipis untuk merendam udang

* 1 sdt garam (jika memakai tepung yang sudah ada rasa tidak perlu tambahkan garam)

* 1 putih telur (aku pakai 1 telur utuh)

* 200 gr tepung kanji (Aku pakai tepung kobe yang depannya ada gambar udang goreng dan bungkus warna putih)

* 50 gr wijen sangrai untuk taburan minyak goreng (Aku skip karena lagi ga ada bahannya)

IMG_4054

Bahan Saus Mayo, aduk rata semua bahan:
* 150 gr mayones (aku pakai 3 sdm mayonaise)
* 2 sdt air jeruk nipis ( aku pakai kira-kira sih, skitar 1 sdm lebih sedikitttt)
* 4 sdm susu kental manis (aku pakai 1,5 sdm susu bendera kental).

–> Diicip-icip aja apakah kurang asam atau kurang manis. Jika kurang manis tambah susu kental dan jika kurang asam tambah jeruknya. Tapi mayonaisenya sendiri sudah ada rasa sedikit asam, jadi jangan terlalu banyak juga pakai jeruknya ya.

IMG_4047Untung aku sempat memfoto mayonaise yang aku buat, kalau ga nanti dikirain putih telur kocok deh… Asli mayonaisenya enak loh, rasanya mirip seperti yang dijual di resto… menurutku loh heheheh🙂

Cara Membuat:
1. Rendam udang dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit. (aku hanya merendam dengan jeruk nipis saja)
2. Celupkan udang ke telur lalu gulingkan di tepung kobe. Jika mau tepung lebih tebal, proses ini bisa diulang 2x.
3. Panaskan wajan dan goreng udang sampai kecoklatan dan matang, angkat dan tiriskan.
4. Tuang saus mayonaise keatas udang atau bisa juga taruh saus mayonaise di mangkuk kecil. Jadi saat dimakan tinggal di cocol saja sausnya. Terserah sih kalian lebih suka yang mana.

Ini adalah masakan udang mayonaise perdana buatanku dan aku sih cukup senang dengan hasilnya ehhehe… selain mudah dan cepat, proses memasaknya ga makan waktu lama dan hasilnya maknyoss….. Aku tadi cukup makan banyak udang mayo ini walau mulut lagi sariwan besar dan susah makan. Tapi karena rasanya yang nikmat, aku jadi lupa deh sama sariawannya hahaha….

IMG_4061

Buat yang lagi mau buru-buru dan ga tau mau masak apa, ayo coba aja bikin udang mayonaise ini. Keluarga pasti akan menyukainya. Sajikan selagi panas dengan nasi + sambal mayo atau saus botol, keduanya nikmat, tergantung selera masing masing aja ya…🙂

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

