Spicy Tempe mendoan

24 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Makan gorengan tuh seruh banget ya, susah banget berhentinya kalo uda ngemil gorengan. Tapi bahayanya kebanyakan makan gorengan dan kurang minum malah nantinya jadi panas dalam, sariawan dan susah BAB. Tapi walau uda tau resikonya, tetap aja ada godaan untuk menyantap gorengan yang nikmat.

IMG_4042

Sebenarnya aku gak terlalu doyan tempe. Tapi jika dibuat mendoan atau dibacem, aku suka banget. Kalau beli gorengan di abang-abang, aku gak pernah membeli goreng tempe, pasti yang kubeli adalah tahu goreng dan bakwannya doang. Tapi kalo tempe goreng mendoan sih aku suka hehehe….. Tapi di abang-abang jarang yang jual tempe goreng mendoan ini. Bagus lah jadinya aku bisa jarang beli gorengan abang.

Tempe mendoan

Bahan Yang digunakan :

* Tempe, potong tipis sekitar 0.5 cm.

Adonan untuk mendoan :

Bisa dipakai untuk menggoreng 1/2 potong tempe dan 1 tahu. Jadi kalau mau buat salah satunya saja, silahkan dikurangi takarannya.

* 5 Sdm tepung segitiga biru

* 2 sdt maizena

* Daun bawang 3 buah yang ukuran daun bawang kecil. Iris tipis.

* Cabe keriting merah 2-3 pcs, iris tipis

* Cabe keriting hijau 1- 2 pcs, iris tipis. Jika mau pedas pake cabe rawit saja.

* Paprika bubuk 1 sdt, bisa juga dikasih cabe bubuk.

* 1 sdt ketumbar bubuk

* 3 siung bawang putih cincang atau jika bisa di tumbuk halus lebih bagus lagi.

* 1 sdt kaldu bubuk

* 1/2 sdt garam

* Air secukupnya (tambahkan sedikit demi sedikit saja sampai adonan menjadi kental, tapi tidak kelewat encer). Aku lupa memfoto adonan yang sudah kubuat tadi…

* Minyak untuk menggoreng. Agak banyak biar bisa deep fried.

IMG_4040

Siapkan nasi hangat, sajikan tempe mendoan dengan cocolan saus sambal atau sambal kecap manis pedas juga enak. Aku suka sekali dengan tampilan warna merah dari cabe keriting membuat tempe mendoannya terlihat lebih menarik. Buat yang hobi makan pedas, cabe keriting bisa digantikan dengan cabe rawit supaya bisa memberikan rasa pedas yang menambah selera makan. Selamat mencoba…

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: