Spicy Tahu Mendoan

24 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Yang namanya makan gorengan, pasti semua usia mau anak-anak sampe kakek-kakek gigi ompong pasti semua pada doyan sama yang namanya gorengan. Nah pada kesempatan kali ini aku mencoba membuat tahu mendoan, heheheh awalnya sih cuma mau digoreng aja tahunya, tapi karena masih ada sisa bumbu dari goreng tempe mendoan yang sayang kalau dibuang, jadinya ya aku coba bikin tahu mendoan aja deh. Eh ga tau nya si Hubby malah doyan dan bilang “Kalau makan tahu mendoan ini ga akan bosan alias bisa nambah-nambah terus” hehehe… senangnya kalau si Hubby suka dengan masakanku. Resep mendoan ini aku buat berdasarkan adonan yang biasa aku buat bakwan goreng, ya cuma beda dikit diisinya aja. Aku suka banget makan bakwan goreng, jadinya aku sering bikin bakwan goreng. Tapi karena sudah mulai harus jaga makanan, belakangan sudah aku kurangin membuat gorengan.

tahu mendoan

Membuat tahu mendoan simple saja dan kalau makan bisa bikin ketagihan. Mau dimakan pakai nasi atau dimakan gitu aja tetap nikmat. Ditambah cabe rawit dan sambal kacang atau sambal kecap manis, cabe dan bawang merah juga nikmat. Yuk kita bahas cara membuatnya.

Bahan Yang digunakan :

* 1 buah tahu putih, potong sesuai selera yang diinginkan. Kalau aku sih, dibagi 2 dan dipotong kecil-kecil.

Adonan untuk mendoan :

Bisa dipakai untuk menggoreng 1/2 potong tempe dan 1 tahu. Jadi kalau mau buat salah satunya saja, silahkan dikurangi takarannya.

* 5 Sdm tepung segitiga biru

* 2 sdt maizena

* Daun bawang 3 buah yang ukuran daun bawang kecil. Iris tipis.

* Cabe keriting merah 2-3 pcs, iris tipis

* Cabe keriting hijau 1- 2 pcs, iris tipis. Jika mau pedas pake cabe rawit saja.

* Paprika bubuk 1 sdt, bisa juga dikasih cabe bubuk.

* 1 sdt ketumbar bubuk

* 3 siung bawang putih cincang atau jika bisa di tumbuk halus lebih bagus lagi.

* 1 sdt kaldu bubuk

* 1/2 sdt garam

* Air secukupnya (tambahkan sedikit demi sedikit saja sampai adonan menjadi kental, sedikit encer tapi tidak kelewat encer). Aku lupa memfoto adonan yang sudah kubuat tadi…

* Minyak untuk menggoreng.

IMG_4044

CARA MEMBUAT :

1. Cuci bersih tahu, keringkan dan potong sesuai selera. Sisihkan sebentar.

2. Adonan : campur tepung terigu, tepung maizena, dan bumbu lainnya. Aduk rata.

3. Masukan daun bawang, bawang putih cincang dan cabe iris. Aduk rata kembali.

4. Cicipi rasa adonan apakah sudah sesuai dengan selera.

5. Masukan tahu ke dalam adonan mendoan yang sudah dibuat. Gunakan sendok supaya tahu tidak hancur. Soalnya permukaan tahu yang lembut sesudah dimasukan dalam adonan malah jadi susah dikeluarkan dan mudah pecah. Jadi supaya aman gunakanlah sendok.

6. Goreng di minyak panas dan banyak sampai berwarna kuning keemasan.

7. Angkat dan tiriskan. Taruh diatas tissue dapur supaya minyak terserap di tissue.

8. Pindahkan ke piring. Nikmati selagi hangat.

20130124_110050

Tambahan cabe merah pada mendoan yang kubuat mempercantik sajian. Warna hijau dan merah mewarnai tahu mendoannya. Menggugah selera untuk segera dinikmati. Si Hubby doyan banget sama tahu mendoan buatanku hehehe… Cuma karena kami berdua sudah sama sama gembul, so kami harus jaga makanan yang kami konsumsi hehehe….  So tertarik membuat tahu mendoan ini, walaupun simple dan murah meriah, tapi sajian tahu mendoan ini ga kalah kok dengan yang dijual di abang-abang hehhee

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: