Daun ubi jalar cocol Sambal Brambangan asam manis

24 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Yeaayyyy libur…. saatnya uji coba di dapur amatir Hyo Ae… Dikarenakan suasana banjir masih meliputi daerah Pluit, jadi males keluar deh soalnya macet banget di Muara Karang, so dari rabu malam sudah dipikir-pikir nih kira-kira kamis paginya di rumah mau masak apa ya buat keluarga. So setelah catat apa saja yang mau dibeli dan titip uang untuk minta pembantu di rumah membantu membelikan bahannya di pasar dan  setelah mempelajari resep dari justtryandtaste.com, akhirnya saya tertarik mencoba membuat sambal brambangan asam yang disajikan dengan daun ubi jalar. Biasa sih daun ubi jalar aku masak tumis terasi seperti masak kangkung, tapi karena dapat resep dari dapur JTT, ya ga ada salahnya dicoba dan kalau seleranya cocok, besok-besok bisa bikin lagi deh.

IMG_4001

Proses pembuatannya terbilang cukup mudah, dan yang agak tricky cuma di pas rebus daun ubinya aja. Seperti yang sudah diajarkan sama dapur Jtt kalo masak daun ubi ga boleh kelamaan supaya permukaan ubi ga berlendir, tapi karena sambil rebus ubi aku ngelakuin aktivitas lainnya jadinya kelewat over cooked deh daun ubinya, tapi untungnya aku cepat siram dengan air dingin dan ditirskan daun ubinya, Setelah itu baru deh aku siram dengan air dingin matang.

IMG_4026

Buat yang ingin mencoba masakan ini yuk silahkan diintip resep dari sumber aslinya. Tapi tadi saya kasih gula agak kebanyakan dan alhasil kemanisan deh… uh…. mungkin kalo pas rasanya pasti enak deh masakan ini. Kesalahan saya adalah pas diicip gulanya belum lumer sempurna dan saya main tambah gula aja, dan setelah didiamkan beberapa saat dan saya aduk dan icip ternyata kemanisan skali rasanya dan untuk mengurangi rasa manis jadinya saya tambahkan sedikit air. Sambalnya jadi agak cair degh,… gak apalah yang penting bisa dimakan. Berikut ya aku share resep asli dari sumbernya dan gak aku modifikasi, soalnya yang ala aku tadi agak kemanisan.

Bahan yang diperlukan :

*  3 ikat daun ubi

* 5 bawang merah

* 2 sdm asam jawa + 5 sdm air panas

* 3 Cabe merah keriting

* 5 cabe rawit merah

* 2 sdt terasi, bakar

* 2.5 Sdm gula pasir

* 1/4 sdt kaldu bubuk

* 1/4 sdt garam

Cara Membuat :

1. Rebus daun ubi sebentar. (Jangan lupa dibersihkan dan buang kulit batangnya ya…). Kalau dari sumber sih cukup 5 menit rebusnya.

2. Tiriskan di baskom bolong bolong dan siram air dingin bersih.

3. Bilas dengan air matang.

4. Peras daun ubi sampai kering. Bentuk bulat atau tata dengan rapih sesuai selera.

IMG_4023

Resep sambal :

1. Ulek bawang merah, cabai keriting dan rawit, terasi, gula, kaldu bubuk. Ulek sampai halus dan rata.    Untuk terasi sih aku bakar di atas pan anti lengket sampai wangi.

2. Beri air asam jawa, aduk rata.

3. Cicipi apakah rasa sudah pas asin, asam dan manisnya. Oh ya jangan seperti saya tadi ya kebanyakan taruh gula, ternyata gula belum sepenuhnya lumer. Karena gula setelah diulek kurang manis (di ulekan saya hanya masukan 2 sendok teh soalnya, tidak sesuai resep) hehehe… soalnya di rumah ga terlalu suka manis, jadi mau coba kurangin gula eh malah jadi kelebihan).

4. Sajikan daun ubi bersama sambalnya.

5. Nikmati dengan nasi hangat.

IMG_4021

Jadi sudah deh masakan daun ubi dengan kreasi baru. Aku lumayan suka dengan rasa sambalnya, andaikan tadi gak kemanisan. Rasa terasi dan asam, manisnya terasa seruh dimulut, dicampur nasi hangat enak juga. Semakin pedas semakin nikmat, sayangnya saya tadi hanya pakai 3 cabe rawit karena takut si Hubby ga bisa makan, tapi ternyata tidak sepedas yang saya bayangkan. Buat pecinta pedas mungkin pakai 7 – 10 rawit baru pas rasanya hahaha…..

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: