Cumi Panggang + Saus Kecap

24 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Semenjak menikah 2 tahunan yang lalu, aku jarangggggg banget makan cumi. Lagi pula Mama mertua ga doyan makan cumi karena dia gak suka dengan bentuknya yang aneh. Tapi salah satu seafood kesukaanku sebenarnya adalah cumi ini. Dulu waktu kecil dari Bangka suka dikirimkan cumi panggang yang rasanya ueaaaannnnnaaaaaak banget. Cuma sayangnya sudah lama banget ga pernah dapat kiriman cumi panggang kering yang dari Bangka itu.

Untuk memuaskan hasrat kepingin makan cumi panggang, eh ketemu resep cumi panggang di blognya justtryandtaste and membuat aku jadi penasaran juga pengen bikin. Alhasil setelah dipelajari, bahan-bahannya gampang didapat dan proses pembuatannya ga terlalu ribet, so aku langsung coba buat aja deh… Yuk kita lihat prosesnya..

   IMG_4037

Bahan Yang Digunakan :

* 5 ekor cumi, bersihkan, buang kulit dan potong pinggirnya, tapi jangan sampai putus. (aku simpan 2 di kulkas sisanya untuk besok)

Bahan Bumbu rendaman cumi :

* 1 ruas kunyit, tumbuk halus atau 1/2 sdt kunyit bubuk

* 5 bawang putih, haluskan. Kalau aku sih dicincang, tapi jika bisa di tumbuk/ blender lebih bagus lagi.

* 1 sdt ketumbar bubuk

* 1 ruas jari jahe, parut.

* 5 sdm kecap manis

* 1 sdt saus tiram

* 1/2 sdt garam

* 1/2 jeruk nipis, peras airnya.

Cara Membuat :

1. Campur rata semua bahan bumbu, lumuri cumi dengan bumbu rendaman. Simpan di kulkas selama 30 – 60 menit supaya bumbu meresap. Aku tutup dengan plastic wrap supaya bau cumi tidak memenuhi kulkas, atau jika ada box bisa simpan dalam box saja selama waktu marinated.

IMG_4030

2. Keluarkan cumi dari kulkas setelah 30 atau 60 menit.

3. Siapkan pan anti lengket, oles dengan mentega/ blueband. Panaskan pan tersebut.

4. Panggang dengan api sedang sampai cumi kecoklatan dan sedikit terbakar. Aku siram sedikit bumbu sesekali.

IMG_4032

5. Setelah matang, balik dan bakar kembali sisi satunya kembali.

6. Hidangkan dengan sambal kecap.

IMG_4035Gambar diatas adalah cumi panggang yang langsung aku panggang setelah dimarinasi selama 1 jam di kulkas.
IMG_4067Gambar diatas ini adalah cumi yang aku simpan di kulkas selama 2 hari dengan direndam saus yang sudah aku buat.

Oh ya aku mencoba menyimpan sisa cumi yang sudah dimarinasi ke dalam kulkas selama 2 hari. Aku hanya iseng saja ingin melihat perbandingan cumi yang dimarinasi selama 1 jam dan selama 2 hari apakah bedanya. Tentunya yang dimarinasi pasti bumbunya akan lebih meresap.

Cumi yang dimarinasi setelah 1 jam dan dipanggang menghasilkan daging yang empuk dan enak. Bumbunya cukup meresap. DAn cumi yang dimarinasi selama 2 hari wangi bumbu terasa banget dan rasanya cuminya lebih terasa bumbunya, tapi sayang dagingnya terasa jadi agak sedikit lembek jadinya. Biasa kan kalau makan cumi ada sedikit kenyal-kenyal, tapi karena direndam kelamaan jadinya tingkat kekenyalannya berkurang deh. Untuk rasa sih masih tetap enak, jadi terserah kalian mau mengolah dengan cara yang mana.

Cumi panggangYang kiri adalah yang 1 jam di marinasi dan yang kanan adalah yang 2 hari dimarinasi. Dari warnanya juga sudah kelihatan bedanya hehehe… Tapi aku lebih suka cumi yang dimarinasi 1 jam sih hheheheh…

IMG_4066

Oh ya untuk resep sambal kecapnya, berikut aku share ya.

Bahan saus :

Campur rata semua bahan dibawah ini. Untuk penggunaan bawang merah dan cabai bisa ditambahkan atau dikurang sesuai selera.

*5 sdm kecap manis

* 3 bawang merah iris halus

* 5 pcs cabe rawit iris

* 50 ml air matang

* air jeruk nipis secukupnya.

sambal

Sajikan cumi yang baru dipanggang dengan sepiring nasi, beri sambal kecap… wuiih mantap deh… *tasty…..*

Aku masih menyisakan 2 potong cumi dalam kulkas supaya bisa dibawa untuk bekal makan siang besok ke kantor. Lagipula orang di rumah pada takut makan cumi, jadinya mereka ga berani makan banyak-banyak. Jadinya kalau masak makanan yang mengandung kolestrol tinggi di rumah porsinya  harus dibuat sedikit saja. Aku juga kalau ga ingat sama kolestrol, aku bisa makan dan makan terus hehehe….

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: