Kalbi

22 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Waktu mengulang nonton Running man di episode 19, dalam acara tersebut membuat perlombaan memasak antar team. Nah pada kesempatan tersebut saya penasaran dengan masakan yang dibuat oleh Yoo Jae Suk Ajjusi. Nama masakan yang mereka buat adalah Tteok Kalbi, yaitu daging cincang / giling yang diberi seasoning dan dicampur dengan garaetteok (rice cake untuk tteokboki). Galbi biasanya menggunakan daging sapi, tapi kali ini aku coba pake ayam aja.

Pas nonton running kemarin, aku jadi penasaran deh pengen coba membuat kalbi seperti yang dibuat Yoo Jae Suk. Alhasil sayapun mulai mencoba mencari cari resep dari aeri’s kitchen dan ketemulah resep yang saya buat ini :

IMG_3956Permukaan atas dan bawah dari Galbi ini gosong hehe, padahal aku sudah menggunakan api kecil untuk memanggangnya. Tapi ya supaya bisa matang dengan sempurna, maka kita membutuhkan waktu yang lebih lama dan memberikan efek gosong pada bagian atas dan bawahnya. Jelek deh tampilannya, tapi aku cukup menyukai rasa dari masakan ini.

Untuk membuat galbi ini tidaklah membutuhkan waktu yang banyak. Cukup simple, tapi kita harus memiliki ayam giling / cincang. Atau jika tidak punya ya di giling atau cincang sendiri atau di blender aja.

IMG_3959

Bahan Yang diperlukan :

* 450 gram daging giling, aku pake daging ayam

* 1 small bombay

* 1 wortel.parut

* 3 lembar daun bawang

* 6 pcs bawang putih

IMG_3958

IMG_3960

Bahan untuk seasoning :

* 4 sdm soy sauce

* 1. 5 sdm gula (aku kurangi sedikit)

* 2 sdm madu

* 1 sdm minyak wijen

* 1/2 sdt lada hitam

* 1 sdm mirin (aku pake angciu)

* 1/4 sdt garam

IMG_3961

Cara Membuat :

1. Cincang / giling daging

2. Potong bombay, wortel, bawang putih. Blender kasar semua bahan

3. Tambahkan daging ke dalam blender. Campur rata semua bahan.

4. Dalam mangkuk, campur daging, seasoning dan daun bawang.

5. Uleni adonan selama 2 menit. Bulatkan dan pipihkan.

6. Tambahkan 1/4 sdt garam lagi jika suka.

7. Goreng dengan sedikit minyak diatas pan anti lengket dengan api kecil.

8. Masak kedua sisi sampai matang.

9. Angkat dan sajikan.

IMG_3965

Dagingnya lembut, seasoningnya berasa manis, asin, tapi lebih dominan ke manis. Jika mau lebih asin bisa tambahkan garam. Kalau aku sih suka dengan rasa yang manis, jadi resep ini sesuai dengan seleraku. Oh ya ada yang hampir kelupaan, aku menambahkan sedikit penyedap sekitar 1/4 sdt ke dalam adonan daging.

IMG_3967

Bagian tengah daging matang dengan sempurna. Selama dimasak aku tutup dengan tutup panci supaya minyak tidak muncrat keluar dan supaya daging lebih cepat matang. Lama dari tiap sisi aku tidak menghitungnya, aku mencoba bolak balik adonan sampai warna agak sedikit gosong. Walau gosong tapi tidak memberikan rasa pahit (kalo sampe pahit berarti kegosongan).

Penasaran mau mencoba resep ini? buruan siapkan bahan-bahannya dan mulai diolah menjadi sajian nikmat untuk seluruh keluarga. Oh ya supaya daging bisa matang sempurna, bulatin dagingnya jangan terlalu tebal. Sedang-sedang aja ya.. soalnya daging sangat cepat gosong jika dibuat terlalu tebal. Si Hubby suka buat sajian daging seperti ini juga tapi menggunakan daging sapi, nah cuma resiko kalo ketebalan jadi lebih makan banyak waktu dan keburu gosong deh…😛

So selamat mencoba berkreasi dengan masakanmu…..

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: