Lempah Cukut (Masakan Bangka)

18 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Mendengar lempah cukut mungkin masih asing ditelinga teman-teman. Tapi masakan lempah cukut ini sudah biasa banget aku makan sedari aku masih kecil. Mama suka sekali memasak lempah cukut ini dan biasanya sama Mama suka ditambahkan daun melinjo atau daun kedondong. Aku suka sekali dengan masakan ini. Menurut Mama ku ini adalah makanan ala Bangka. Oh ya bagi yang belum tau, aku memang berasal dari Bangka. Tapi sayang banyak sekali masakan khas Bangka yang belum aku pelajari dari Mama. Nanti setelah aku resign, aku akan membuat postingan mengenai masakan khas Bangka deh. Belakangan ini aku hanya bisa ber-eksperimen memasak di hari libur saja.

IMG_3994

Cara membuat lempah cukut ini prosesnya tergolong sangat mudah tapi memerlukan waktu yang cukup lama  supaya daging bisa lembut. Rasa dari masakan ini manis, asin, sedikit asam, perpaduan yang sempurna dan menggugah selera makan.😛

IMG_3972Bumbu yang berlimpah dan alami tentunya… Tasty…. sluuurrppppp….

Bahan yang digunakan (Dihaluskan / blender) :

* Lengkuas 1 batang sedang

* 2 serai, ambil putihnya

* Bawang merah 10 pcs

* Cabe keriting secukupnya. (Aku pakai 5 cabai keriting dan tambah 2 sdm cabe bubuk Korea, tadinya sih mau campur rawit tapi takut si Hubby ga bisa makan soalnya dia ga suka pedas).

* Kunyit 1 pcs

 * Tomat 2 pcs besar. (Karena hanya ada 1 tomat, jadinya aku tambahkan 1 sdm air perasan lemon untuk menambah rasa asam).

* Terasi 1 sdt

* Garam

* Mecin

* Gula

* Air

Tambahan :

Jika ditambah daun melinjo rasanya akan lebih nikmat. Jika suka asam bisa tambahkan daun kedondong.. Yummmyyyyyy….

IMG_3973Dagingnya ketutup semua oleh kuah hehehe…. maklum namanya juga kuahnya belum mengering.

Cara Memasak :

1. Blender semua bahan. (Kalau terasi sih gak aku blender, tapi aku hancurkan dengan sendok).

2. Rebus iga Babi selama 5 menit, lalu tiriskan dan bersihkan dengan air dingin sebelum dimasak kembali.

3. Siapkan panci dan isi air secukupnya. (Tadi sih aku menggunakan air 3/4 panci).

4. Masukan bumbu yang sudah di blender dan masukan juga daging iga babi.

5. Tambahkan garam, gula, mecin. Cicipi apakah rasanya sesuai selera. Rasa yang dihasilkan manis asam asin. Maaf ga bisa kasih takaran yang tepat karena aku memasaknya juga ga ada panduan berapa takaran garam gulanya. Jadi tipsnya adalah sering mencicipi kuahnya apakah sudah menghasilkan rasa yang enak dan sesuai.

6. Masak sampai kuah agak mengering (tapi tidak terlalu kering). Dan tusuk daging dengan sumpit / garpu apakah sudah empuk.

7. Angkat dan sajikan.

IMG_3983

Nah jadi sudah masakan lempah cukut perdana resep dari Mama. Walau aku sering makan masakan ini, tapi aku baru keinget resep ini karena kemarin beli iga babi dan ga tau mau dimasak apa. Eh sama Mama di kasih resep lempah cukut ini… wahhh mantap deh… Mau icippppp?

IMG_3987

Jika iga sapi diganti dengan iga babi pastinya ga akan kalah lezat. Tapi sayangnya aku ga makan sapi, jadinya ya silahkan di kreasikan sendiri sesuai selera masing masing ya.

IMG_3991

Kuahnya dicampur nasi dan sedikit kecap asin saja sudah enak, apalagi ditambah daging…. *ngilerrrrr*.. Enaknya makan lempah cukut ini selagi panas atau sajikan dengan nasi panas. Jadi setiap mau makan di hangatkan lagi kuah supnya dan baru deh makan. Oh ya kemarin aku malah mencoba makan masakan ini dengan bubur… tapi jika makan dengan bubur enaknya daging di suwir suwir dulu dan berikan kuah lempah cukut yang banyakkkkk dan beri sedikit kecap asin… Nyam nyam deh…

Gimana teman-teman? Penasaran ga untuk mencoba resep ini? Buat yang suka masakan dengan bumbu berlimpah, silahkan mencoba resep ini. Sayangnya tadi ga ada daun melinjo, aku suka banget masakan ini dengan daun melinjo. Next time deh kalau ketemu daun melinjo aku akan membuat masakan ini.

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

5 Responses to “Lempah Cukut (Masakan Bangka)”

  1. Lily May 26, 2013 at 7:40 am #

    Keliatannya menggugah selera. Tp bumbu segitu untuk Iga babi seberapa hehee

    • Shin Hyo Ae May 27, 2013 at 3:07 am #

      Enak kok… Kuahnya enak juga kl misalnya dicampur ke bubur polos + kasih sedikit kecap asin.
      Ak sih ga tau persis berapa KG iga babinya, tapi sih aku biasa pakai kalo ga salah sekitar 15 – 20 potong iga babi.
      Oh ya kalo mau lebih enak minimal kudu pake mecin seujung sendok, karena kl ga pake mecin rasanya krg pas hehehe

  2. maia June 20, 2013 at 9:26 am #

    aq biasa dtmbh air asam jawa..bru maknyuss

    • Shin Hyo Ae June 21, 2013 at 12:28 am #

      Iya boleh juga sih buat yang mau nambah sensasi rasa asam..
      Tapi biasanya kalau mau buat versi asamnya aku pakai daun kedondong yang dimasak bareng dagingnya..
      maknyusss banget, asemnya seger… uhhh jadi kepengen….

  3. ayin July 11, 2013 at 3:33 pm #

    nyummmyyy>>>..enakkk……………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: