Bakwan Goreng

18 Jan

Bakwan goreng…

Sajian dari tepung yang dicampur sayuran ini memang selalu mantap untuk disajikan baik buat dicampur nasi maupun di makan begitu saja. Baik orang tua, anak-anak maupun remaja suka banget deh jajan bakwan goreng terutama yang di abang-abang. Membuat bakwan goreng tidaklah sulit, tapi untuk bisa menghasilkan bakwan goreng yang nikmat dan crispy seperti yang di abang-abang, nah itu aku belum ketemu ilmunya. Ya jika kita berani menggunakan penyedap rasa yang banyak dan juga dengan tambahan plastik (gosip yang tersebar sih gitu, untuk mendapatkan rasa garingnya, tukang gorengan menambahkan plastik putih di minyaknya supaya bisa menghasilkan bakwan super crispy). Ya memang sih ga semua penjual gorengan melakukan kecurangan seperti itu, tapi ada teman yang menyaksikan langsung bahwa plastiknya ikut di masak bersama gorengannya, sejak itu temanku tobat makan gorengan abang. Kalau aku sih masih suka nyolong beli sesekali..😛

IMG_3982

Aku sering sekali membuat bakwan belakangan ini, tapi aku lebih sering membuatnya dengan menggoreng kering (gak deep fried). Jadi aku hanya menggunakan 1 – 2 sdm minyak saja untuk menghasilkan bakwan versi Korea. Ya kurang lebih bahannya sama dan hanya beda di cara penggorengannya saja. Untuk rasa sih ya pastinya lebih enak digoreng deep fried, tapi untuk kesehatan ya lebih baik dimasak dengan metode minyak sedikit saja dan menggukan pan anti lengket.

Bahan yang digunakan untuk membuat Bakwan diatas :

Biasanya untuk membuat bakwan aku menggunakan wortel, kol. tapi karena di kulkas lagi ga ada kol, jadinya aku pakai bahan yang ada saja deh.

* Daun bawang, aku pakai daun bawang yang kecil. Baby green onion kali ya hhehe….

* Wortel 1 pcs di parut atau potong korek api.

* Bombay (Aku pakai 1/2 pcs yang sedang).

IMG_3975

Cara membuat adonan tepung bakwan :

* tepung terigu (aku tidak menggunakan takaran, kira2 sih 1 cup)

* air secukupnya. (air ditambah sedikit demi sedikit sampai membentuk adonan yang tidak terlalu kental & tidak terlalu encer)

* 1 – 2 siung bawang putih cincang.

* Garam

* Penyedap rasa

* Aku tambahkan sejumput gula supaya manis. Aku suka ada sedikit rasa manis pada bakwan buatanku.

IMG_3976

CARA MEMBUAT :

1. Campur sayuran ke dalam adonan tepung yang sudah dibuat. Aduk sampai rata dan sayuran tercover tepung.

IMG_3978

2. Goreng di minyak panas dengan api sedang saja. Ambil sekitar 1 sendok makan adonan yang sudah dicampur dan kemudian goreng sampai berwarna coklat keemasan. Jangan sampai gosong ya.

IMG_3980

Dengan proses yang simple akhirnya jadi juga sajian yang nikmat untuk bersantap bersama keluarga. Membuat masakan sendiri tentunya akan jauh lebih sehat dan bersih ketimbang kita beli di abang-abang. Bahan yang digunakan pun lebih terjamin dan keluarga pun akan menjadi lebih sehat. Selamat mencoba…

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

