KIMBAB

12 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Pelajaran memasak hari ini adalah membuat Kimbab. 김밥 (Gimbap/Kimbap) adalah salah satu makanan khas Korea yang jika dilihat memang mirip dengan sushi, namun perbedaannya adalah pada proses pengolahan nasinya. Jika sushi menggunakan rice vinegar, mirin, dashi, dll, nah kalo kimbab ini sieh lebih mudah pembuatannya. Arti dari kimbab adalah Kim : rumput laut dan bab : nasi, jadi kalau digabungkan mungkin kurang lebih artinya nasi yang dibungkus rumput laut (nori) hehehe…. sepertinya sih begitu ya hehhee😛

Kb2

Awal mula aku memutuskan membuat kimbab adalah karena pas lagi membereskan lemari, kebetulan melihat ada nori nganggur dan daripada nantinya keburu expire karena ga dipake, aku putuskan untuk membuat kimbab. Sebenarnya aku sendiri belum pernah mencicipi rasa asli dari kimbab ini dan pas jalan jalan ke Korea kemarin juga kami tidak mencicipi kimbab ini.

Hari ini aku membuat dua gulung Kimbab. Mari kita bahas dibawah ini prosesnya.

Untuk bahan nasi :

Campurkan 1 mangkuk kecil nasi panas dengan 1/4 – 1/2 sdt garam, 1,5 sdt minyak wijen, 1 sdt olive oil, wijen yang sudah di sangrai. Aduk rata semua bahan, cicipi apakah rasa asinnya sudah sesuai dengan yang diinginkan.
Jika mau ditambah sedikit cuka juga boleh. Cukup 1/4 – 1/2 sdt saja.

Oh ya tadi aku menghabiskan 2 mangkuk nasi kecil untuk membuat 2 kimbab. Jadi untuk setiap 1 kimbab aku ulang kembali proses pencampuran nasi dan bahan-bahannya.

Bahan Isi :

* Wortel belah memanjang menjadi 4 bagian, kalau aku sih kubuang tengahnya. Wortel ditumis sebentar.
* Timun belah memanjang menjadi 8 bagian dan buang bijinya
* Dadar telur dan potong memanjang
* Crab Stick dibelah 2. Aku tumis sebentar crab stick dengan sedikit mentega.
* Bayam yang direbus sebentar dengan diberi garam
* Nori untuk membungkus
* Mayonaise jika suka

Untuk bahan isian bisa dikreasikan dengan bahan yang lainnya sesuai selera. Untuk gambar berikut ini kuisi dengan wortel, timun, crab stick dan telur dadar. Setelah itu baru mulai digulung kimbabnya.

Kb1

Proses menggulung kimbab ini lebih sedikit rumit dibanding membungkus sushi (menurutku loh). Mungkin dikarenakan kimbab ini nasinya dicampur minyak jadinya lebih licin dan nasi agak susah menempel / menggumpal. Ya itu sih pengalamanku, mungkin memang aku yang kurang berpengalaman hehehe😛

Kb3

Untuk kimbab kedua aku memberi tambahan bayam yang sudah kurebus sebentar (air rebusan aku beri 1/2 sdt garam) dan selain itu aku juga menambahkan mayonaise untuk menambah rasa kimbab ini. Dan aku lebih suka rasa kimbab kedua ini.

kb4

Proses pembuatannya tidak rumit sama sekali. Untuk rasa seperti makan nasi dicampur berbagai isian dan sedikit asin dan wangi aroma wijen. Menurutku rasanya lumayan enak, tapi jika dibanding sushi, aku lebih suka sushi sieh. Hmm.. aku kepingin banget nyoba rasa asli kimbab ini seperti apa, apakah sama dengan yang kubuat? pastinya kalau di restoran rasanya lebih enak dong hehehe, kalo sama nanti yang di restoran ga laku deh…

Oh ya supaya rasanya makin enak, ditambahkan mayonaise bisa menambah rasa. Aku dalam minggu ini sudah tiga kali membuat kimbab. Aku jadi jatuh cinta dengan kimbab. Walau tidak seenak sushi, tapi perpaduan rasanya cukup enak menurutku. Aku suka sekali dengan aroma minyak wijen, saat dimasukan ke mulut, campuran crab stick, mayonaise, telur dan wortel yang hanya ditumis sebentar membuat rasa kimbab ini semakin nikmat. Saat ini aku suka sekali membuat kimbab dikarenakan prosesnya yang mudah dan rasanya yang cukup nikmat.

Minyak wijen yang kugunakan adalah yang gambar pagoda ya. Jika menggunakan merk lain, aromanya agak menyengat. Jadinya pilihanku adalah minyak wijen yang ada gambar pagoda itu. Untuk membuat pa cam kee juga aku menggunakan merk itu.

kb5

Cantik juga kan kimbab buatanku? Tadi siang aku buat kimbab ini untuk makan siang dan malamnya kami menghadiri pesta pernikahan teman dan pas pulang masih ada sisa 4 potong kimbab, lalu daripada nanti ribet harus disimpan ke kulkas lagi, so aku habiskan saja deh walau kenyang banget…. superb kenyang. hehehe….🙂

Oh ya nanti aku akan coba lagi membuat kreasi kimbab lainnya… nanti akan aku update kembali setelah aku membuat kimbab versi lain. Soalnya setelah selesai membuat kimbab diatas, aku baru menemukan resep lain yang menggunakan cuka pada campuran nasinya, so next time akan aku update kembali, tapi kapan waktunya? hanya Tuhan yang tau hahahah….😛

Tambahan (update pada 17 January 2013).

Hari ini aku membuat kimbab lagi deh untuk bekal makan siang. Proses pembuatannya ga sampe 1 jam, yang bikin lama cuma masak nasinya. Tapi selama nasi di masak. kita bisa siapkan bahan dan setelah itu mandi, make up simple and saat nasi matang tinggal di bungkus kimbab nya and di potong deh… simple dan enak buat bekal makan siang.

kimbab

Selamat mencoba
Aja aja fighting
God bless you

8 Responses to “KIMBAB”

  1. william yuswan May 6, 2013 at 8:25 am #

    halo..!! saya tertarik banget sama makanan korea, setelah browsing2 akhirnya mampir ke blog ini. dan isinya luar biasa..!🙂
    apakah noona shin hyo ae sudah punya restoran sendiri..?

    • Shin Hyo Ae May 7, 2013 at 3:15 am #

      Thanks sudah mampir ke blog ini🙂

      Kl uda ada resto pastinya resto-nya bakalan di promosiin di blog ini hehehe… Ak cuma hobby masak aja, dibilang jago juga engga, tp modalnya cuma hobby dan niat doang hehehe…
      smg isi blog ini berguna ya…🙂

      • william yuswan May 8, 2013 at 4:03 am #

        ooh belum ada..😀
        saya sih tertarik untuk membisniskan makanan korea ini.. dan tentunya akan menjadi besar nantinya. apakah noona tertarik?😉

  2. Shin Hyo Ae May 8, 2013 at 6:45 am #

    Thx unt tawarannya, tapi untuk saat ini saya blm tertarik hehehe…🙂 and masih ada fokus ke hal lainnya yang hrs sy kerjakan.

    • desteey May 8, 2013 at 3:14 pm #

      Mba, klo norinya itu dijual di mugunghwa jg ga ya? Soalnya di kelapa gading aku ga pernah lihat… cuma ada nori yg kecil-kecil untuk cemilan itu…:(

      • Shin Hyo Ae May 8, 2013 at 3:33 pm #

        Nori ada di jual di Carefour kok., di MGH aku kurang tau juga ada jual atau engga, cm banyak kok supermarket yg jual nori.
        Di Haw Haw di Pluit Village juga ada jual

  3. desteey May 10, 2013 at 5:51 am #

    Oh di Carrefour ada ya? nanti coba deh aku cari… Klo ke Pluit kejauhan kayanya hehehe… Thanks infonya ya Mba…:)

    • Shin Hyo Ae May 10, 2013 at 6:07 am #

      Hehehe coba cari di carrefour terdekat aja.
      Sukses ya dngan kimbab nya🙂

Leave a Reply

