Bubur Ayam sederhana

12 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Keinginan untuk membuat bubur ayam ala Abang-abang sebenarnya sudah lama banget direncanain, tapi sayangnya aku belum menemukan resep yang pas untuk dicoba. Lagian kalo liat di bubur abang biasanya ada dua macam kaldu yang digunakan, yang satu kaldu kuning dan yang satu lagi kaldu yang warnanya agak coklat seperti kecap, tapi ada ampas-ampasnya juga. Nah yang kaldu coklat itu terbuat dari apa, aku belum dapat ide.

Untuk pelajaran pertama membuat bubur ayam ini, aku menggunakan resep modifikasi dari resep yang aku dapat, resep dari Mama dan ditambah bahan sendiri yang kira-kira bisa bikin bubur jadi enak heheheh😛

bb1

Oh ya untuk buburnya aku menggunakan sisa nasi semalam yang enggak dimakan. Nasinya aku masak dengan menggunakan kaldu ayam bekas rebusan ayam. Untuk ayam rebusnya aku tambahkan jahe seruas jari, bawang putih 5 pcs, dan sedikit serai yang aku geprek biar kaldunya wangi. Selain itu jangan lupa tambahkan garam dan 1/4 sdt kaldu bubuk jika mau. Ayam setelah selesai di rebus matang dan lembut, baru diangkat dan kaldu dipakai untuk buburnya.

Untuk cakue-nya yang pasti sih engga bikin sendiri, beli aja yang sudah jadi. Dan sebagai pelengkap lainnya aku mengiris daun bawang, seledri dan membuat sambal cabe dan menggoreng kerupuk dan emping. Sambal cabenya sebenarnya juga sisa yang ada di kulkas, jadi pake aja deh hehehe…

bb5

Resep membuat kuah kaldu kuning :

Bahan (dihaluskan dengan blender)

* Lengkuas sepotong besar
* Ketumbar 1/2 Sdt
* Bawang merah 10 pcs
* Bawang putih 3 pcs
* Kunyit 3cm (aku pakai lebih supaya warna lebih kuning)
* Serai 2 batang ambil putihnya saja
* 6 kemiri di sangrai dulu
* Santan
* Garam
* Gula
* Penyedap rasa (aku pakai magie kaldu blok)

bb4

CARA MEMBUAT :
1. Masak santan dicampur air, masukan bumbu yang telah dihaluskan.

2. Tambahkan garam, gula dan magie kaldu blok. Aku pakai kira kira takaran garam dan gulanya, jadi aku icip beberapa kali rasanya apakah sudah asin dan sedikit manis dan gurih. Setelah itu baru dimatikan apinya.

Finishing :

1. Ambil bubur dan taruh dalam mangkuk.

2. Siram kuah kaldu kuning

3. Berikan cakue, ayam suwir, seledri, daun bawang, sambal dan kerupuk. Tambahkan kecap manis jika suka.

bb2

Jadi deh sudah bubur ayamnya. Masaknya memang agak sedikit lama, karena kita harus membuat kaldu terlebih dahulu untuk membuat buburnya. Oh ya aku menggunakan 1 ekor ayam supaya bisa mendapatkan kaldu yang enak dan alami tanpa perlu pakai banyak penyedap rasa. 1/2 ekor ayam aku suwir dan sisanya aku buat pa cam kee. Jadi jika bubur tidak dimakan dengan kuah kuning, bisa dimakan buburnya dengan pa cam kee. Enak juga kok mau pake kuah kaldu kuning atau pa cam kee.

Bb3

Oh ya walau rasanya belum senikmat bubur ayam yang dijual abang gerobak, tapi kata suamiku buburnya enak juga loh, beliau malah nambah dan jadi makan dua mangkuk bubur untuk sarapan pagi ini. Oh ya kalau bubur ayam abang kan pastinya menggunakan banyak mecin dan penyedap rasa, nah kalau buat sendiri pastinya akan lebih seruh, bersih dan yang penting sehat.

Oh ya untuk resep diatas silahkan dicoba saja ya, tapi untuk bumbunya dikira-kira saja soalnya tadi aku ga ingat berapa banyak garam dan gula yang aku pakai untuk kaldu. Ya intinya harus sering mengicip rasa kuah kaldunya supaya bisa mendapatkan rasa sesuai dengan yang diinginkan. Nah sekian dulu deh pembelajaran membuat bubur ayam hari ini. Silahkan dicoba ya….

Selamat mencoba
Aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: