Pa Cam Kee

26 Dec

안녕하세요 chingudeul…

Pa cam Kee… Aku baru tahu masakan ini setelah menikah. Sebelumnya aku belum pernah makan sajian ayam dengan jahe di campur kecap asin dan minyak wijen seperti ini. Aku bahkan juga tidak menyangka bahwa cara membuat sajian ini ternyata sangatlah mudah. Tapi masalahnya aku masak ini pakai kira-kira aja, ga pake takar, so susah juga buat share resepnya.

Pc1

Bahan yang diperlukan :

* ayam (aku pakai ayam kampung)
* Jahe
* Kecap Asin
* Minyak wijen
* air
* Garam

Cara memasak :

1. rebus ayam sampai lembut. Gunakan press cooker jika ingin cepat. Oh ya aku menambahkan beberapa butir bawang putih untuk rebusan air kaldu. Bawang putihnya aku bagi 2 saja, tanpa di geprek atau di cincang supaya tidak hancur. Oh ya jangan lupa tambahkan garam di air rebusan ayam, dan jika mau ditambah kaldu juga boleh.

air rebusan ayam jangan dibuang ya, nantinya bisa digunakan untuk membuat sup atau membuat bubur.

2. iris jahe tipis tipis (sesuai selera, jika suka jahe banyak silahkan pakai lebih banyak).

3.  Saus : Taruh jahe di piring, lalu berikan minyak wijen dan kecap asin. Aku pakai kecap angsa. Banyaknya minyak disesuaikan dengan banyaknya ayam dan kecap asin juga disesuaikan dengan tingkat keasinan yang diinginkan. Dicicip apakah rasa asinnya sudah pas atau belum.

4. Setelah ayam menjadi lembut, olah ayam dan buang tulangnya.

5. Tata ayam di piring dan siram saus yang telah dibuat.

6. Angkat dan sajikan.

Pc2

Selain cara membuat sajian ini mudah, masakan ini juga sehat loh. Tidak perlu menggunakan banyak penyedap rasa, tapi rasanya sudah enak. Untuk minyak wijen jangan diganti dengan minyak lain ya. Oh ya aku pernah menggunakan 2 jenis minyak wijen, tapi jika menggunakan minyak wijen yang ada gambar pagoda wanginya akan lebih nikmat.

pc3

Dalam semingguan kemarin di rumah sudah 3x masak pa cam kee, soalnya lagi suka. Ayam pa cam kee ini lebih enak disajikan dengan bubur. Sisa kaldu rebusan ayam ini bisa dibuat bubur, wah rasanya nikmat. Buat yang lagi malas masak dan ingin menyajikan masakan simple, menu pa cam kee ini boleh menjadi pilihan teman-teman yang tidak punya banyak waktu. Selamat mencoba…

Happy cooking
Aja aja fighting
God bless you..

Leave a Reply

