Chicken mushroom and mozzarella cheese Pizza

26 Dec

안녕하세요 chingudeul…

Ini adalah kali keduanya aku membuat Pizza. Menimbang pas bikin pizza kemarin ternyata disukai sama suami dan mertua, wah jadinya aku tertarik membuat pizza lagi. Lagi pula masih ada sisa mozzarella cheese di kulkas yang belum habis, jadi daripada nanti kebuang karena expire, so better dimanfaatkan aja deh.

Kali ini aku menambahkan daging ayam pada pizza-nya. Dan jamur yang kugunakan adalah jamur yang berbeda dari yang sebelumnya, tapi rasa jamurnya kurang lebih ya sama aja sieh.. Untuk sausnya aku tetap menggunakan saus spagethy yang delmonte + saus tomat dan bumbu lainnya seperti merica, gula, garam, pala bubuk, ga pake takaran, tapi pake feeling aja sih.. asal dicicip sudah pas rasanya, ya sudah deh…

Pz1

Untuk 175 Gr tepung yang kugunakan, kali ini aku mendapatkan cukup banyak pizza nya. Kali ini pizza nya kugilas lebih tipis dari sebelumnya, jadi lebih banyak dari yang sebelumnya.Untuk topping isinya juga lebih banyak, karena aku menambahkan daging ayam di topping.

Bahan yang digunakan :

Untuk adonan roti aku ubah sedikit adonan tepungnya dikarenakan tepung segitiga birunya tinggal dikit and mau dibuat cake nantinya.

* 150 gr tepung komachi

* 25 Gr tepung segitiga biru

* Ragi 1 sdt

* 100 Ml air hangat

* 1/2 Sdt gula

* Sedikit garam

* Baker bonus 1 sdt

* Canolla oil / olive oil   1,5 sdm

CARA MEMBUAT :

1. Campur ragi, gula dan air hangat. Diamkan selama 10 menit sampai ragi  berbusa.

2. Campur tepung terigu + baker bonus, aduk rata dan buat lubang ditengahnya utnuk dituangi air ragi.

3. Aduk rata adonan dengan tangan. Lalu tambahkan minyak dan sedikit garam ke dalam adonan dan ulen kembali adonan sampai kalis.

4. Bulatkan adonan dan diamkan selama 45 menit –  1 jam sampai mengembang.

TOPPING :

Woooow topping nya tampak menggiurkan ya….😛

Pz5

Berikut bahan yang digunakan untuk membuat topping diatas :

* 1 siung bawang putih cincang + irisan  1 bawang bombay di tumis sampai wangi. Lalu masukan jamur dan ayam, masak sebentar. Untuk kali ini aku menggunakan bombay lebih banyak, soalnya aku cukup menyukai bombay. Jika ditambah paprika akan lebih enak lagi deh.

oh ya jamur yang kugunakan adalah jamur kaleng merek  ini.

pz3

* Setelah itu, masukan saus bolognaise(aku pakai delmonte ) sekitar 4 – 5 sdt + 1  sdm saus tomat. Aku tambahkan sedikit air supaya saus tidak terlalu kental.

* aku tambahkan 2-3 sdt gula dan sedikit garam, lada hitam dan lada putih, oregano kering. Untuk takaran aku pakai kira-kira. Sebentar-sebentar aku icip apakah rasa sudah sesuai belum manis, asin dan asam saus tomatnya. Setelah pas baru deh aku angkat.

* Dinginkan sebentar toppingnya.

FINISHING :

* Pipihkan adonan untuk pizza setebal 1/2 cm.

* setelah itu baru berikan topping pada adonan yang sudah pipih. Pertama-tama aku taruh saus yang sudah dibuat lalu ditabur keju, setelah itu keju di timpa kembali dengan saus dan ditutup lagi dengan keju. Setelah siap baru siap di panggang.

* Panggang selama 15 – 20 menit.

Ini adalah tampilan adonan pizza yang sudah diberi topping dan sebelum di panggang.

pz4
Jadi juga degh pizza nya. Untuk adonan rotinya cukup lembut juga dan bawahnya agak garing. Adonan kali ini sedikit lebih padat dari adonan sebelumnya, tapi rasanya lebih mirip rasa pizza yang asli. Kalau yang kemarin kubuat rotinya lembut dan seperti roti pizza.
Tadinya aku kira adonan pizza ini akan keras, karena saat pertama kali diulen, adonannya agak kurang air dan aku terpaksa menambahkan air lagi pada adonan. Untungnya adonan berhasil dibuat sesuai dengan yang diinginkan. Saat pizza dikeluarkan dari oven, langsung deh aku potong setelah didinginkan sebentar. Habis itu ya langsung di comot deh, ternyata rasanya enak juga loh… Senang sekali rasanya.

Pz2

Untuk proses membuat pizza ini membutukan waktu sekitar 1.5 jam. Yang membuat lama persiapannya adalah karena harus menunggu proses pengembangan adonan selama 45 menit sampai 1 jam. Kebetulan tadi karena topping yang kubuat masih panas, jadinya adonan aku diamkan sampai 1 jam. Toppingnya kubuat saat adonan sedang didiamkan. Jadi tidak terlalu makan waktu, dan proses pendinginan topping aku pakai cara dengan di anginkan didepan kipas angin hehhe… alhasil jadi lebih cepat dingin toppingnya.
Jadi ga sabaran menunggu suami pulang dan ingin beliau mencicipi pizza buatanku. Semoga pizza kali ini juga disukai sama keluarga tercinta.

Oh ya berhubung moment Natal, buat para pembaca blog ini, aku mau ucapkan :

Merry Christmas 2012
&
Happy New Year 2013

Have a blessed New Year, new blessing and new prosperity… All the best for all of us.

God bless you

Leave a Reply

