Cumi tumis hitam

15 Dec

안녕하세요 chingudeul…

Setelah beberapa minggu tidak membuat postingan, akhirnya minggu ini aku bisa membuat postingan tentang masakan “cumi tumis Hitam”. Jujur aja, sebelumnya aku ga mengenal masakan ini, tapi karena suatu hari temanku memasaknya dan menawarkannya padaku, setelah kucoba ternyata enak juga rasanya. Lalu, aku mencoba mencari resepnya dan membuat masakan tersebut. Dan jadilah masakan cumi hitam ala saya..
Kali ini masakan yang kubuat sedikit banyak porsinya, soalnya besok aku mau membawa hasil masakanku ini untuk diberikan kepada Mama dan Papa-ku. Baru pertama kali mencoba tapi nekat bikin banyak. Harusnya sih buat resep 500gr saja sudah cukup.

cth4

Bahan yang digunakan :

cth1

1 kg gram cumi (Sudah buang kulit dan dibersihkan)
Sedikit garam
3 buah jeruk nipis + lemon untuk merendam cumi (aku pakai lemon karena hanya punya 1 jeruk nipis)

Bumbu :

Minyak goreng untuk menumis bumbu
6 butir bawang putih, di iris
12-15 butir bawang merah, di iris
2 cm jahe, di geprek
2 cm lengkuas, di geprek
2 batang serai, di geprek
3 lembar daun jeruk, sobek sobek daunnya
3 lembar salam
Cabe hijau secukupnya, di iris
1.5 sdt garam
1 Sdt gula pasir
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
Air sekitar 150 ml

cth2

Cara membuat:
1. Cuci bersih cumi dan buang kulitnya. Jaga agar kantung tinta jangan sampai pecah karena tinta ini nantinya yang akan digunakan untuk membuat cumi menjadi hitam. Tiriskan cumi yang sudah dibersihkan.

2. Lumuri cumi dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 1- – 15 menit. Setelah itu tiriskan air rendaman cumi agar jeruknya tidak terlalu banyak untuk memasak.

3. Panaskan minyak , lalu tumis bawang merah +  putih, jahe, lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk sampai hingga wangi.

4. Masukan cabe dan tumis sebentar lagi.

5. Masukkan cumi dan masak sampai cumi mengerut.

6. Masukan air, garam, kaldu bubuk, merica dan gula. Cicipi apakah rasa sudah sesuai dengan selera. Masak cumi sampai kuah berkurang dan sedikit kering dan mengental.

7. Angkat dan sajikan.

Jadi sudah cumi tumis hitam buatanku… Hm…. kalau dilihat sih emang agak sedikit mengerikan…😛
Tapi jika sudah dicoba rasanya tidak seburuk penampilannya loh.. Aroma jeruk dan rasa asam, asin dan sedikit manis membuat masakan cumi ini sedap banget untuk disajikan dengan nasi. Yaaa karena cumi merupakan salah satu seafood kesukaanku, makanya mau di goreng, di masak asam manis, atau diolah dengan cara lain tetep aja suka. Kalau ga ingat kolestrol, pastinya aku bakalan sering masak cumi di rumah.. hehehe

Cth3

Have a blessed day
Aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: