My First Homemade PIZZA…..

27 Nov

안녕하세요 chingudeul…

Wah udah 2 mingguan ga berkreasi di dapur rasanya kangen banget. Kangen pengen nyemil kali ya tepatnya hahaha….

Sabtu kemarin sebenarnya aku agak malas membuat pizza. Mozarella cheese untuk membuat pizza sudah kubeli dari beberapa bulan yang lalu, tapi entah kenapa males aja membuat pizza ini, rasanya ribet dan takut gagal nantinya. Tapi karena sudah ada bahan-bahannya ya sudah kubulatkan saja niat untuk membuat pizza ini.

Bahan yang digunakan :

Untuk adonan roti aku pakai resep mbak Ricke dan aku tambahkan baker bonus supaya roti lembut.

* 125 gr tepung cakra atau komachi (aku pakai komachi)

* 50 Gr tepung segitiga biru

* Ragi 1 sdt  (aku pake fermipan)

* 100 Ml air hangat

* 1/2 Sdt gula

* Sedikit garam

* Baker bonus 1/2 sdt

* Canolla oil / olive oil   1 sdm

CARA MEMBUAT :

1. Campur ragi, gula dan air hangat. Diamkan selama 10 menit sampai ragi  berbusa.

2. Campur tepung terigu + baker bonus, aduk rata dan buat lubang ditengahnya utnuk dituangi air ragi.

3. Aduk rata adonan dengan tangan. Lalu tambahkan minyak dan sedikit garam ke dalam adonan dan ulen kembali adonan sampai kalis.

4. Bulatkan adonan dan diamkan selama 1 jam sampai mengembang.

TOPPING :

* 1 siung bawang putih cincang + irisan  1/2 bawang bombay di tumis sampai wangi. Lalu masukan jamur dan masak sebentar.

* Setelah itu, masukan saus bolognaise(aku pakai delmonte ) sekitar 5 sdt + 1 /2 sdm saus tomat. Aku tambahkan sedikit air supaya saus tidak terlalu kental.

* aku tambahkan 2-3 sdt gula dan sedikit garam, lada hitam dan lada putih, oregano kering. Untuk takaran aku pakai kira-kira. Sebentar-sebentar aku icip apakah rasa sudah sesuai belum manis, asin dan asam saus tomatnya. Setelah pas baru deh aku angkat.

* Dinginkan sebentar toppingnya.

FINISHING :

* Pipihkan adonan untuk pizza setebal 1/2 cm. Kalau pizza buatanku lebih dari 1/2 cm karena susah juga adonannya ga mau tipis hehehe…

* setelah itu baru berikan topping pada adonan yang sudah pipih.

* Panggang selama 15 – 20 menit.

Nah ini adonan pizza yang baru dipipihkan dan sudah diberi sedikit topping.

Untuk toppingnya supaya ga repot aku pakai bolognaise yang sudah jadi punya saja dan aku tambahkan jamur kaleng cincang dan bawang bombay iris. Isi toppingnya ga terlalu banyak sih, ga ada daging karena saat itu memang dirumah ga ada daging cincang.

Setelah diberi topping, aku beri taburan mozarella cheese diatasnya. Agak berantakan mozarella cheesenya, soalnya abis aku parut aku taruh di kulkas eh yang ada malah ngegumpal jadinya… Fiuuuh….

Untuk topping aku pakai double topping, maksudnya abis aku beri topping saus yang sudah kubuat, aku beri keju, lalu beri saus dan tutup lagi dengan keju. Bahan isian yang cuma berupa jamur dan bawang bombay ketutup semua deh sama kejunya. Aku menggunakan 1/3 keping keju mozarella untuk 1 pizza ukuran sedang ini. Agak kebanyakan sih kejunya, apalagi buat yang lagi mau diet hehhee…..

Setelah di panggang sekitar 15 – 20 menit akhirnya matang juga pizza nya. Rasanya ga sabaran deh pengen mencoba pizza buatanku. Aku penasaran, apakah pizza ini bisa dimakan atau enggak.. hehehe….

Saat keju masih lumer, langsung pizza ini aku potong. Pisau pizza ku kekecilan hehehe, tapi yang penting bisa dipakai deh. Uhhh sambil ngeblog, aku jadi ngiler pengen makan pizza ini lagi… tapi sayangnya uda habis huhuhuu….

Walau tanpa daging, ternyata hasilnya maksimal juga. Yang penting pembuatan sausnya enak… Aku juga ngak nyangka kalau pizza ku akan berhasil. Tadinya sempat kuatir bakalan gagal, eh ternyata setelah dimakan.. uh,… yummy, rotinya juga lembut dan  MAKNYOSSS lah intinya !!.. Senang deh kalau semua suka dengan  pizza buatanku… Yeeaaaayy….

Happy Baking !!!
God love you
Aja aja fighting…

4 Responses to “My First Homemade PIZZA…..”

  1. Mysha April 8, 2013 at 5:10 pm #

    Omaigooot…..drooling^^;
    ada alasan khusus kenapa lebih suka pake komachi???🙂
    baru kali ini tahu tentang baker bonus #cateeeet
    klo oilnya pake grape seed oil bakal mempengaruhi rasa ga ya???

    thanks for sharing this!!!!! LOVE IT SO MUCH… #heavy drooling

    • Shin Hyo Ae April 9, 2013 at 12:47 am #

      Alasan pakai komachi,… Hmm…. kalo pake komachi rotinya akan lebih lembut dibanding pake cakra kembar. Nah cm komachi agak jarang yg jual, jadi kalo ga ada ya cb aja cakra + baker bonus.

      Baker bonus berfungsi melembutkan roti, jadi boleh jg ditambah saat buat roti. Harga baker bonus juga ga mahal kok, aku beli di ingredient kl ga salah skitar 13-15rb deh.

      Untuk minyak biji anggur harusnya sih oke ya, asal jangan pake sesame oil, ntar aromanya beda hehe. Aku suka pakai minyak biji anggur sih, tapi biasanya suka aku oles ke wajah selama 30 menit sblm mandi hehee.. katanya bisa membantu meremajakan kulit, menghilangkan lingkar mata, dll, jadinya aku pake bt di wajah minyak biji anggurnya hahaha…

      Anyway thanks sdh mampir ke blog aku yaaa

      • Mysha April 10, 2013 at 12:25 pm #

        wah aku juga suka pakein minyak biji anggur sebagai eye cream, buat campuran scrub/masker homemade & kadang2 kucampur ke salad🙂

        iya, memang bagus utk anti-aging #aiiiih ketauan sudah berumur deh😀

        oke…klo gitu kucoba cari komachi dulu. kayaknya di kemchicks ada deh…thanks ya, sis^^

      • Shin Hyo Ae April 10, 2013 at 12:29 pm #

        Hahaha… kan ga harus berumur baru merawat wajah Sis hehehe…

        Sip selamat mencoba ya… smoga sukses ya… Di Titan kelapa gading juga ada menjual komachi kok.

Leave a Reply

