Bihun Kuah Ayam Sederhana

7 Nov

안녕하세요 chingudeul…

Kali ini aku dapat resep simpleeeee banget hasil uji coba dan ga terlalu ribet prosesnya. Selain lebih sehat daripada membuat bihun goreng, jadinya kali ini dibuat versi kuah yang sangat sederhana dan aku cukup menyukai rasa bihun kuah ini.

Awalnya sih Mama mertuaku yang membuat bihun kuah ini, tapi karena prosesnya mudah seperti membuat sup saja, jadi ga ada salahnya aku membuat bihun ayam ini untuk disajikan buat keluarga tercinta.

Bahan yang digunakan :

* 1/2 ekor ayam (aku pakai ayam kampung)

* 1 bungkus bihun (aku pakai bihun yang tebal, bihun jagung mungkin)

* Sawi (Rebus)

* Kecap asin (aku pakai kecap angsa)

* Cabe potong dicampur kecap asin, bawang putih cincang dan sedikit gula dan jeruk asam.

* Air untuk merebus ayam sehingga menghasilkan kaldu. Airnya aku pakai kira2.

* Penyedap rasa (bisa pakai 1 pcs maggie kaldu block atau bisa juga diganti mecin atau kaldu bubuk sedikit saja).

* Angciu 2 – 3 sdm

* Garam (Secukupnya sampai asin pas).

* 1/3 sdt gula

* Lada bubuk

* Jahe

CARA MEMBUAT 

1. Rebus ayam, tambahkan 1 ruas jari jahe di keprek. Setelah mendidih, masukan lada, 1/3 sdt gula, angciu, garam dan kecap asin sedikit dan penyedap. Lalu didihkan sampai kaldu ayam keluar dan aromanya terasa. Cicipi apakah rasa sudah sesuai selera.
Setelah selesai, ayamnya aku angkat dan suwir biar gak ribet makannya.

2. Rebus bihun dan tambahkan sedikit minyak agar tidak lengket. Tiriskan.

3. Rebus sawi sampai layu. Jika mau ditambah tauge juga boleh.

4. Siapkan cabai potong, beri kecap asin, bawang putih cincang dan perasan air jeruk. Untuk sambal cabe potongnya.

5. Siapkan minyak dan goreng bawang putih cincang sampai coklat dan garing. Masukan bawang goreng di mangkuk (seperti bakmi ayam) atau jika mau menggunakan cara lain bisa juga bawang gorengnya di rebus bersama kuah saat membuat kaldu ayam. Kalau aku sih lebih sering memasukan bawang ke dalam kuah saat merebus ayam.

6. Setelah semua bahan siap, taruh bihun dan ayam dalam mangkuk. Tambahkan sawi, potongan cabe dan siram kuah dan ayam suwir.

7. Siap disantap deh bihun kuah sederhana-nya.

Jika mau kuah kaldu lebih berasa, maka bisa ditambahkan ayamnya menjadi seekor dan dimasak agak lama supaya kaldunya keluar dan wangi. Rasanya lebih mirip dengan makan bihun dengan kuah sup. Selagi hangat dan ditambah potongan cabe rawit jadi sedap deh… Aroma bawang putih gorengnya juga menambah wangi aroma di kaldunya.

Suamiku sih kurang menyukai yang rebus-rebus, jadinya dia kurang suka metode memasak bihun dengan cara ini. Tapi kalau aku, aku lebih suka yang kuah, karena selain lebih sehat dan tidak perlu menggunakan telur yang kuningnya bisa menambah kolestrol, belum lagi kalau bihun goreng harus menggunakan banyak minyak supaya enak.
Kalian suka yang mana? itu smua kembali ke selera masing-masing deh,…

Selamat Mencoba
Aja aja Fighting
God love you

Leave a Reply

