Puding Busa Susu Coklat Oreo

20 Oct

안녕하세요 chingudeul…

Kali ini aku tertarik untuk membuat puding. Tadinya kukira pembuatan puding itu sangat mudah, hanya mencampur susu, gula dan tepung agar-agar, lalu dimasak sampai mendidih dan didinginkan jadi deh, tapi ternyata jenis puding tuh ada banyak. Ada puding biasa, puding roti, puding cake, puding busa, dan lain sebagainya. Aku juga baru tau loh mengenai hal itu. Kalau makan puding busa sih pernah, tapi aku tidak pernah tau cara pembuatannya. Tapi saat kemarin membaca salah satu artikel di yahoo tentang puding, aku mencoba mencari resep puding busa. Dan akhirnya aku mendapatkan resepnya.

Hasilnya agak berantakan, hehehe… lagi lagi problemnya berantakan deh.. soalnya susah bangat keluarkan puding dari cetakannya neh… huuuffff uda di tusuk pinggirannya tapi masih aja susah keluarnya. Jadinya ya sudah ini hasil terbaik yang bisa ditampilkan.

Untuk resepnya berikut aku share :

* Agar agar polos 2 bungkus (aku pakai Swallow)

* Susu 750 cc (aku pakai susu bendera cair 700 cc + 50 cc air putih)

* Gula 150 gr

* Susu coklat secukupnya

* Telur putih 4 pcs

* Oreo 1 bungkus (buang isinya). Ambil biskuitnya saja dan hancurkan.

CARA MEMBUAT :

1. Hancurkan biskuit oreo dan taruh di bagian bawah cetakan puding. (loyang basahi dulu dengan air dingin).

2. Rebus susu, agar-agar dan gula sampai mendidih. Gula aku bagi menjadi 2 bagian. 1 bagian gula aku gunakan untuk mengocok telur.

3. Setelah mendidih, ambil sedikit bagian puding dan tuangkan dengan sendok ke atas biskuit oreo yang sudah dihancurkan. Hal itu dilakukan supaya oreo tidak berantakan. Aduk oreo dan puding supaya menyatu. Dinginkan sampai mengeras.

4. Setelah itu sisa puding tadi ditambahkan susu coklat secukupnya. Aku pakai 1/3 kaleng susu coklat Bendera.

5. Dinginkan puding sebentar, sementara itu kita buat proses selanjutnya.

6. Kocok putih telur. Saat 1/2 mengembang masukan gula sedikit demi sedikit dan aduk sampai kaku (soft peak).

7. Cek adonan puding apakah sudah sedikit dingin ( tapi masih sedikit panas juga).

8. Campurkan adonan puding ke kocokan putih telur. Aduk rata menggunakan mixer sampai semua bahan tercampur rata sempurna.

9. Tuangkan adonan puding ke dalam loyang.

10. Dinginkan sampai mengeras, keluarkan dari cetakan dan masukan ke dalam kulkas.

Pembuatan VLA :

Bahan :

* Susu cair 250 cc

* Gula 70 Gr

* Maizena 1/2 Sdm

* Kuning telur 1 buah

* Rhum secukupnya

* Vanila secukupnya

Cara Membuat :

1. Ambil sedikit susu (50 cc) dan campurkan dengan maizena, vanila, kuning telur dan rhum.

2. Masak susu dan gula sampai mendidih.

3. Setelah mendidih masukan campuran susu, tepung dan telur. Aduk rata dan didihkan sampai sedikit mengental.

4. Dinginkan dan simpan dalam kulkas.

Vla yang kubuat agak sedikit kemanisan. Kalau berdasarkan resep harusnya gula 100 Gr, tapi tadi aku pakai skitar 70 – 80 gr. Tapi rasanya enak setelah didinginkan. Rasa pudingnya tidak terlalu manis, cukup pas, tapi saat ditambah vla agak manis jadinya buatku. Buat penggemar manis mungkin sudah pas rasa manisnya.

Saat dipotong dan mau mengeluarkan 1 potong pudingnya susah banget negh… sampai sampai jadinya berantakan banget. Pudingnya lemmmbutttt banget, jadinya harus extra hati-hati mengeluarkannya. Tapi jika ingin puding yang lebih kuat, mungkin harus menggunakan nutrijell, jadinya tidak terlalu lembut puding nantinya.

Hasil dari permukaan puding buatanku cukup cantik dan halus. Sesuai sekali dengan keinginanku. Aku jadi ketagihan makan puding ini, karena rasanya lembut dan aku suka dengan vla dengan aroma rhum yang menggoda.. wahhh nyam nyam…

Bagian oreo yang telah dicampurkan sedikit puding ini rasanya jadi makin enak. Bagian oreo nya saat dicampur dengan puding coklat menghasilkan rasa yang sempurna…. oh lala… nyam nyam….

Kekentalan Vla-nya pas. Tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental juga, sesuai dengan keinginanku. Aku suka deh dengan hasil dari pembuatan puding busa perdana ini.

Aku kira tadinya tidak akan berhasil dengan puding busa ini, soalnya dari hasil browsing dikatakan jika adonan puding terlalu panas saat dicampur dengan telur maka telur akan mencair dan jika puding terlalu dingin maka telur akan menggumpal, jadi susah susah gampang. Tapi untungnya tadi suhu panas saat puding dicampurkan ke putih telurnya pas dan perpaduan warnanya cukup oke menurutku.

Bagaimana? apakah kalian tertarik membuat puding busa ini? Ayooo buruan dicoba.. bahan nya sangat mudah dan prosesnya juga tidak terlalu rumit kok… Selamat mencoba…

Aja aja fighting
God love you…

Leave a Reply

