Egg Muffin ( 계란 빵, GyeRan Bbang )

2 Oct

 안녕하세요 chingudeul…

Egg muffin merupakan salah satu kue yang cukup disukai masyarakat Korea. Biasanya kue ini disajikan bisa juga untuk sarapan, makanan penutup atau camilan. Itu info yang kudapat loh… hehehe….😛

Proses pembuatan egg muffin ini sangat mudah, tidak menggunakan mixer. Namun sayangnya aku tidak memiliki alat takaran dalam ukuran cup, jadinya aku pakai kira-kira saja. Yang ada kadang ukurannya benar, kadang salah hehehe… Adonan yang benar harusnya agak kental, tapi kali ini aku kebanyakan menggunakan susu jadinya kecairan.
Dikarenakan membuat egg muffin ini agak dadakan, jadinya aku belum sempat membuat takarannya dalam bentuk Gram. Aku masih menggunakan resep asli dari aeri kitchen. Aku menggunakan cangkir sebagai pengukurnya.

Wahh jelek banget deh bentuk egg muffin buatanku hihiih… aku tidak punya loyang muffin yang besar, jadinya aku pakai apa yang ada saja, eh hasilnya malah jadi berantakan karena loyang yang kugunakan, dimasukan 1 pcs telur saja sudah hampir penuh. Jadinya ya bagian atasnya tidak tercover sempurna dan saat adonan yang dipanggang mulai mengembang, alhasil telur membumbung keluar, jadinya kayak telur mata sapi deh… hihihi…. Itu aja aku uda membuang sedikit putih telurnya, kalau aku pakai yang utuh wah bisa tumpah tumpah deh. Harusnya aku pakai telur ayam kampung atau telur puyuh aja kali ya.. hehehe…

oh ya Resep asli bisa dilihat di website berikut : http://aeriskitchen.com/2012/03/egg-bbang/

Bahan yang digunakan :

  • ¾ Cup terigu serbaguna
  • 8 telur kecil untuk isian muffin
  • 2 telur besar, untuk digunakan pada adonan
  • ½ Cup mentega, cairkan
  • ⅓ Cup gula
  • ¼ Cup susu cair
  • ¾ tsp Baking Powder
  • sejumput garam untuk di telur
  • Mentega, untuk olesan loyang

CARA MEMBUAT :

1. Kocok 2 buah telur dengan whisk sampai agak lembut dan kental. Tambahkan 1/3 cup gula dan aduk sampai gula larut.

2. Ayak 3/4 cup tepung terigu, 3/4 sdt baking powder ke dalam adonan telur. Aduk rata.

 3. Tambahkan 1/2 cup mentega yang telah dicairkan dan masukan susu cair 1/4 cup. Aduk rata kembali.
(gunakan salted butter, supaya ada rasa asin). Aku sih pakai blue band aja.

4. Taruh adonan ke plastik segitiga dan potong sedikit ujungnya dengan gunting. Kalau aku sih tidak menggunakan plastik segitiga, cukup menggunakan sendok saja untuk menyendok adonan ke dalam loyang muffin.

5. Oles loyang muffin dengan mentega, lalu tuang 1 sdm adonan ke loyang muffin
6. Masukan 1 pcs telur ke atas adonan yang telah dibuat. Beri sejumput garam.
7. Tutup kembali telur dengan adonan yang telah dibuat. Jadi ada 3 lapis : Adonan – telur – adonan. Beri sedikit jarak (jangan terlalu penuh supaya muffin bisa mengembang dan tidak tumpah keluar). Dikarenakan aku tidak memiliki loyang yang memadai, jadinya adonan terlalu penuh dan telur muncul ke permukaan atas. Bagian atas telur tidak tertutup dengan adonan jadinya.
Untuk 3 loyang dibawah dan 1 loyang di kanan atas itu aku buat tanpa isi telur ya, makanya telurnya tidak terlihat.
8. Panggang selama 20 – 25 menit dengan suhu 170 – 180 celcius.
9. Angkat dan sajikan.
Dibandingkan dengan foto pada resep aslinya, wah jauh banget nieh bedanya dengan egg muffin buatanku. Pada waktu yang sebelumnya sih aku pernah membuat egg muffin dengan menggunakan sedikit telur. Aku memisahkan antara kuning dan putih telur. jadi dalam loyang ku isi dengan adonan – putih telur – kuning telur – adonan. Tapi hasilnya malah telurnya ga nampak. Jadinya kurang berasa telurnya dan ga bisa disebut egg muffin.
Pembuatan muffin ini tergolong mudah, kegagalan terjadi karena aku tidak mempunyai wadah yang memadai saja. Andaikan aku memilikinya pasti hasilnya akan lebih sempurna. Hahaha…. Kepengen deh belanja loyang-loyang kue dan keperluan baking lainnya, tapi sayang sama si Hubby ga dikasih belanja lagi dan sama mertua sudah dikomplen kalo di rumah sudah kebanyakan barang. Lemari sudah kepenuhan dengan barang-barang yang kubeli hihihihi….
Walaupun bentuknya ga enak dilihat, tapi rasa muffin ini tergolong lumayan di lidahku. Aku sih cukup menyukainya ya, rasanya manis, asin, trus ada telur, jadi aku sih suka-suka aja, cuma ya memang agak sedikit amis telurnya. Harusnya ditambahkan sedikit vanilla biar wangi. Untuk mengganjal perut lapar juga lumayan bisa bikin kenyang.
Oke sekian dulu pembahasan mengenai egg muffin kali ini.. next kalo saya menemukan loyang muffin yang sesuai dan menghasilkan hasil yang lebih sempurna, akan saya update kembali ya,…
Happy baking
Aja aja fighting
God love you…

2 Responses to “Egg Muffin ( 계란 빵, GyeRan Bbang )”

  1. Dewi Miranda July 1, 2014 at 7:38 am #

    3/4 cup itu berapa gram? thx

    • Shin Hyo Ae July 5, 2014 at 8:08 am #

      Berikut info hasil searching dari mbah Google

      Ukuran takaran dengan Cup
      1 cup = 1 cangkir = 16 sdm
      1 sdm = 15 gram
      1 cup = 250 cc = 250 ml

      Tepung terigu 1 cup = 140 gram
      Gula pasir 1 cup = 225 gram
      Gula halus 1 cup = 160 gram
      Gula palem 1 cup = 140 gram
      Maizena 1 cup = 125 gram
      Sagu/kanji 1 cup = 125 gram
      Tepung beras 1 cup = 110 gram
      Tepung roti 1 cup = 115 gram
      Almond bubuk 1 cup = 170 gram
      Kismis 1 cup = 190 gram
      Kenari cincang 1 cup = 150 gram
      Mete cincang 1 cup = 160 gram
      Havermout 1 cup = 90 gram
      Mentega/Margarine 1 cup = 200 gram
      Minyak goreng 1 cup = 220 gram
      Coklat bubuk 1 cup =112 gram

Leave a Reply

