Chiffon keju

2 Oct

 안녕하세요 chingudeul…

Chiffon keju ini kubuat sebenarnya berdasarkan request dari saudaraku yang minta dibuatkan Cheddar cheese cake. Pada waktu Mama-ku berulang tahun Juli lalu, aku membuat CCC dan sodara pada suka. Dan pada acara kumpul keluarga kemarin di request kembali cake tersebut, tapi dikarenakan aku sedang tidak ingin membuat CCC dan kepingin nyoba resep chiffon keju dari cakefever.com jadinya kuputuskan membuat chiffon keju saja.

Lagi…lagi dan lagi hasilnya berantakan dikarenakan aku kurang sabaran dalam mengeluarkan cake ini dari loyangnya. Aku penasaran apakah kue ini matang atau tidak, soalnya saat ditusuk masih ada serpihan yang menempel, tapi sih tidak lengket dan tidak basah tusukan sate yang kugunakan. Cuma ya daripada ga matang, jadinya ya aku bakar agak lamaan. Tapi hasilnya masih sama, aku rasa itu adalah keju yang menempel pada tusukan yang kugunakan. Aku kapok mengeluarkan chiffon dari oven jika belum matang, karena bakalan susah abis matenginnya jika ada bagian yang kurang matang. Yang ada bukannya matang malah jadi garing deh.

kiri : Inilah hasil loyang kecil chiffon keju perdana buatanku yang penuh tusukan dan yang kanan mirip roti coklat itu adalah sisa putih telur yang kuuji coba membuat adonan sendiri dengan menambahkan tepung, minyak goreng, coklat pasta, susu bubuk dan setelah itu kuaduk-aduk sampai rata dan dipanggang deh. Hasilnya kayak apa aku sendiri belum nyobain hehehe

Hasil kue putih telur yang kubuat terlihat padat, tidak banyak rongga, tapi rasanya agak aloooot hehehe. Untuk cake kejunya sih lumayan lah, tapi tidak seenak CCC. Banyakan pada suka CCC dibanding muffin keju ini.

Oh ya untuk resep Chiffon keju  nya berikut aku share  ya. Ini untuk 1 loyang chiffon ukuran 20 cm + 1 loyang bulat kecil diameter 10cm ya. Kalau berdasarkan resep asli, aku hanya membuat 1/3 resepnya saja sieh.

Bahan yang digunakan :

100 gram terigu protein rendah, ayak
67 gram keju cheddar, parut (kemarin aku tambahkan menjadi 85gr supaya lebih terasa kejunya)
1/3 sdt soda kue
2/3 sdt baking powder
1/2 sdt garam
67 gram gula kastor (gula juga kutambahkan sedikit supaya lebih manis)
67 ml minyak goreng
67 ml susu cair (pakai UHT)
3 ,5 kuning telur (aku pakai 4 buah)
4.5  putih telur (karena ada sisa putih telur, jadinya aku bisa membuat ukuran yang pas, yaitu 4.5 telur putih)
1/3 sdt cream of tartar (optional)

Taburan : 
120 gram keju cheddar, parut untuk taburan. (aku gak pakai taburan keju).. takut kolestrol naik hehee…

CARA MEMBUAT : 

  Panaskan oven pada 180 derajat Celcius. Siapkan loyang chiffon diameter 24 cm

  Campur terigu dengan keju parut, soda kue, baking powder, garam, dan 2 sdm gula kastor, aduk rata. Buat lubang di tengah campuran tepung, tuangi minyak goreng, susu dan kuning telur. Aduk dengan pengocok kawat hingga licin, sisihkan.

  Kocok putih telur dengan mikser berkecepatan sedang hingga berbusa, masukkan cream of tartar (kalau pakai) dan sisa gula dalam beberapa tahapan. Kocok hingga putih telur membentuk ujung yang tumpul waktu mikser diangkat.

  Masukkan putih telur dalam beberapa tahapan ke dalam adonan tepung, aduk perlahan hingga rata. Perciki bagian dalam loyang dengan air masak.

  Tuang adonan ke dalam loyang. Masukkan dalam oven, panggang hingga matang (kira-kira 75 menit). Tandanya tidak ada sisa adonan yang menempel ketika ditusuk dengan lidi. Keluarkan kue dari oven, segera balikkan loyang hingga kue benar-benar dingin (kurang lebih 1 1/2 jam). Keluarkan kue dari loyang dengan bantuan spatula/pisau panjang.

  Balikkan kue di rak kawat, balik sekali lagi ke piring saji sehingga bagian atas kue tetap di atas. Olesi seluruh permukaan kue dengan mentega/margarin, lalu taburi keju parut.

Inilah hasil akhir dari chiffon keju buatanku. Matangnya sudah pas, pinggirnya agak coklat, tapi kok chiffonnya agak kempes ya, tidak seperti banana chiffon yang kubuat sebelumnya. Entah apa penyebab chiffonnya menjadi kempes, mungkin karena dikeluarkan terlalu cepat kali ya.

Sekian ya resep chiffon kejunya. Untuk melihat resep aslinya silahkan kunjungi website cakefever atau jika ingin menggunakan 1/3 resep seperti yang kubuat, silahkan gunakan resepku.

Happy baking
Aja aja fighting
God love you…

2 Responses to “Chiffon keju”

  1. eny November 6, 2012 at 3:59 am #

    hi..minta info nyari loyang loafnya dimana ya?

    • Shin Hyo Ae November 7, 2012 at 5:40 am #

      @ Eny:
      Aku beli di Ingredient daerah Muara Karang.
      Atau coba aja ke Titan daerah komplek MOI atau ke Mira di daerah Hayam Wuruk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: