Ontbijtkoek

1 Oct

Saat pertama kali memutuskan membuat ontbijtkoek, aku sudah sedikit ada bayangan bagaimana rasanya kue ini. Berdasarkan info yang kudapat permukaan kue ini agak kering kerontang namun kebayang sih enaknya rasa gula merah yang lumer dimulut saat dimakan dan aroma kayu manis yang menggoda. Jadi kuputuskan membuat ontbijtkoek. Ini adalah kali pertama aku mencoba memakan dan membuat kue ini. Katanya kue ini adalah khas negeri Belanda. Kue ini kaya akan wangi rempah rempah.

Bahan Yang digunakan :

125 gr gula palem/gula merah
5 kuning telur
3 putih telur

campur rata :
125 gr tepung terigu
1 sdt kayu manis bubuk
½ sdt pala bubuk
¼ sdt cengkeh bubuk, aku skip bahan ini karena ga punya. Aku malah menambahkan sedikit rhum dalam adonan.

Kacang kenari / almond secukupnya untuk taburan diatas kue.

CARA MEMBUAT :

1. Kocok kuning telur,  putih telur, gula palem sampai kental dan mengembang.
Gambar adonan telur dan gula yang sudah dikocok seperti di gambar yang kiri.

2. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata. Sebelum proses berakhir aku tambah skitar 1 sdt rhum, biar wangi..🙂

3. Tuang adonan ke dalam loyang loaf / loyang lain yang sudah dioles mentega dan dialas dengan kertas roti.

4, Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang).

5. Taburi irisan kenari. Panggang kembali sampai matang.
Berdasarkan resep dari cakefever.com so aku menabur kacang sebelum dipanggang, jadinya tidak usah 2x proses.

6. Proses memanggang memakan waktu 30 menit sampai kue matang.

Hasil ontbijtkoek di loyang kecil sangat cantik dan bagus, tapi yang di loyang oval malah agak berantakan. Saat cake masih panas, aku sudah mencoba mengeluarkan cake ini… walah yang ada malah jadi berantakannnnn… Grrrr…… karena gak sabaran hasilnya ga maksimal deh… Saat kue dipotong, walah susah banget.. seret banget jadinya, makin berantakan euyyy. Masih enakan motong chiffon deh hehehe….

hihihi masih ada sisa kertas minyak tertinggal dan belum disobek… heheheh… onbijtkoek ku kacau seperti kapal pecah neih.. sayang banget deh. Untuk rasa sih aku cukup menyukainya, tapi sayang agak kering saja.

Lihatlah permukaan kue yang kubuat.. berantakan dan banyak banget rongganya dan rapuh banget. Tapi sih untungnya cake ini tetap terasa lembut dan tidak bantet.. ah senangnya. Ya namanya percobaan pertama, jadi kalau masih gagal ya maklum ya lahhhhh… Oh ya pada topping aku gunakan kacang almond. Tapi menurutku lebih enak tanpa kacang almond sih, aku kurang menyukai rasa kacangnya. Lebih enak dimakan tanpa kacang, menurutku lohhh….

Ke depannya aku ingin mencoba membuat ontbijtkoek kembali, namun mungkin jika diberi sedikit mentega atau minyak goreng hasilnya akan lebih sempurna. Tidak perlu banyak mentega, asalkan tidak terlalu kering saja sih sudah cukup.

Happy Baking..
Aja aja fighting
God love you

Leave a Reply

