Manggo Chiffon

1 Oct

 안녕하세요 chingudeul…

Setelah lumayan sukses bereksperimen dengan Banana Chiffon, kali ini aku mencoba membuat manggo chiffon. Aku menggunakan resep yang sama dengan banana chiffon, perbedaannya hanya pada penggunaan buahnya. Untuk 1 resep chiffon tersebut aku menggunakan 1/2 mangga (kalo ga salah nama mangganya mangga harum manis hehehe… aku kurang mengetahui jenisnya, tapi kalo musim mangga biasa mangga itu yang dijual di jalan-jalan). Oh ya jangan lupa cicipi mangganya, pilih yang manis ya. Mangga-nya ku blender dulu dan beri sedikit air/ skitar 25 – 30 ml. Selebihnya, prosesnya sama dengan pembuatan banana chiffon ya..

Aku tidak share resepnya dikarenakan chiffon ini masih belum memberikan hasil yang maksimal seperti yang kuinginkan.

Chiffonnya sih jadinya lembut, tapi dikarenakan penggunaan mangga yang berlebih, jadinya cake menjadi basah, kelihatan seperti kurang matang. Tapi sebenarnya sih cakenya matang kok, hanya agak basah saja.

Cake diatas agak kurang mengembang. Dikarenakan banyaknya adonan yang kubuat, jadinya loyang chiffonku tidak cukup menampung seluruh adonan, dan terpaksa kubagi menjadi 2x panggang, alhasil loyang kedua di panggangan kurang mengembang. Agak mandek sedikit saja.

Ini beberapa bagian yang tidak sempurna. Dikarenakan masih terlalu basah, aku potong chiffon-nya dan kupanggang kembali selama 15 menitan. Tapi cake tetap terlihat berbeda di beberapa bagian. Permukaannya sih lebih kering, tapi jadinya malah garing cakenya setelah dikeluarkan dari oven. Setelah kelamaan sieh garingnya hilang, tapi cake tidak selembut banana chiffon yang kubuat. Tapi saat dimakan, tidak ada kesan cake tidak matang. Ya iya lah uda over cooked cakenya hehehe😛

Saat manggo chiffon dan banana chiffon kubawa saat pulang ke rumah orang tuaku, Mama ku lebih menyukai manggo chiffon, tapi aku sendiri lebih suka banana chiffon, rasanya lebih enak dan berasa pisangnya. Mayoritas menyukai banana chiffon, hanya Mama saja yang lebih menyukai manggo chiffon hehhee… Baguslah jadinya kue nya tidak mubajir deh…

Ternyata bereksperimen dengan rasa buah yang lain memang tidak semudah yang kita sangka. Lain kali aku ingin mencoba kembali membuat manggo chiffon dengan hasil yang lebih baik. Bagaimana dengan chiffon semangka? hehehe… apa jadinya isi semangkanya air semua hahaha…  Tapi penasaran sih ingin mencoba resep dengan buah-buahan lainnya…

Happy Baking..
Aja aja fighting
God love you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: