Bolu coklat…

20 Sep

Kue kue dan kue lagi…… I love baking…. and i keep trying to improve my baking skill.

Sebenarnya bolu coklat ini uda kubuat dari 2 minggu yang lalu. Minggu pagi, sebelum ke gereja, aku bangun pagi-pagi untuk membuat adonan bolu. Resep sama seperti yang pernah aku share sebelumnya, cuma resep ini aku bagi 2. Yang 1 resep aku beri pasta pandan dan yang 1 lagi aku beri pasta coklat + coklat bubuk. Aku buat cake ini buat Pho-Pho (nenek) yang sedang berkunjung dari Bangka ke Jakarta. Jadi intinya sih pengen si Pho-Pho bisa ngicip kue buatan cucunya getooo…

Hasil tampilan kue buatanku rada ga menarik mata ya? Tapi kata Mama mertua ku sieh enak rasanya, entah dia menghibur atau jujur🙂
Tapi sih mertuaku makan 2 potong saat dia buru-buru ingin ke Bandara. Jadi pagi pagi aku buat kue ini, eh kue nya bisa buat Mama mertua sarapan juga.

Kata Mama mertua ku sieh, kuenya enak, lembut dan tidak pahit. Biasa kalau pake coklat bubuk kebanyakan hasil kuenya bisa pahit. Wah karena aku masih amatir, aku main asal taruh dan gak pakai takaran. Untungnya kue-nya gak pahit ya… Praise God deh..
Kue ini kalau ditambah topping dan dijadikan black forest bisa juga sieh. Tapi karena buat makan sendiri, jadi gak usah deh pake cream biar ga nambahin lemak di tubuh.

Selain bolu coklat diatas, aku juga iseng bikin bolu pandan lagi. Ya adonannya sih sama, cuma beda isi dan warnanya aja. Tapi aku lebih suka bolu pandan dibandingkan yang coklat.

Bolu pandan ini bagian atasnya agak sedikit kurang matang. Namun ribetnya bikin bolu itu kalau ada bagian yang tidak matang dan jika sudah dikeluarkan agak lama dari oven, maka akan sulit banget buat mematangkan bolu ini. Saat aku masukan kembali ke oven, yang ada bolunya gak matang, tapi yang ada malah jadi kering deh boluku.. padahal kan enakan yang sedikit agak basah, jadi ga seretttt amat kalo dimakan.
Tipsnya nih buat temen temen :  saat bolu dikeluarkan dari oven, pastikan kembali bahwa semua sisi sudah matang. Saat ini sih aku masih menggunakan teknis tusuk sana sini hahaha… jadinya banyak lubangnya deh dimana-mana.

Hasil tampilan bolu yang kubuat belum mencapai hasil yang sempurna. Masih banyak bopak sana sini kulitnya. Aku berharap bisa membuat bolu yang cantik. Tapi kalau dari segi rasa dan kelembutannya sih sudah oke kok.. Aku hanya tinggal perlu belajar teknik pematangannya supaya bisa menghasilkan bolu yang tidak kurang matang dan juga gak over baked. So, i need more time to learn and learn… Semoga ke depannya aku bisa membuat kemajuan yang lebih pesat di dunia per-baking-an ini… “bukan banking loh heheheh… “

So buat temen-temen yang mau coba membuat bolu, jangan ragu2 ya,.. emang awalnya mungkin ada yang gagal, tapi kan dari proses pembelajaran, lama-lama juga akan bisa dikuasai kalau kita punya niat untuk bisa menaklukan tantangan baking ini… and for your information… Baking is fun…. love it… !!

Happy baking
God bless yaaa
Aja Aja Fighting !!

Leave a Reply

