Green Onion Jeon

8 Sep

Di Korea, pancake biasanya yang dikenal dengan sebutan Jeon, misalnya pancake sayuran = yachae jeon, atau pancake kentang = potato jeon, dll. Biasanya pancake ini bisa dibuat dengan berbagai macam sayur tapi menggunakan adonan yang sama, yang membedakan hanya isinya saja. Proses pembuatan jeon ini sangatlah mudah, mirip dengan membuat bakwan sayur, yang membedakan proses penggorengannya. Kalau bakwan menggunakan deep fried, tapi jeon ini hanya menggunakan sedikit minyak. Rasanya juga tak kalah dengan bakwan dan lebih sehat karena tidak memakan banyak minyak.

Untuk resep bisa juga dilihat di link berikut ini :

http://www.maangchi.com/recipe/ya-chae-jeon  untuk vegetable pancake.

http://aeriskitchen.com/2008/05/korean-garlic-chive-pancakes-buchu-jeon/ untuk garlic chive pancake.

Pagi ini aku membuat green onion jeon. Pas bangun perut lapar tapi gak ada makanan di rumah, jadi untuk mengganjal perut yang sedang lapar ya aku buat saja masakan simple, tidak makan waktu dan tidak merepotkan hehehe.. berikut resep pancake yang aku buat:

Resep dibawah ini menggunakan resep dari  Aeri kitchen

  • 8 oz Garlic Chives (Aku menggunakan green onion saja, jumlah pakai kira-kira saja, jika mau banyak sayuran bisa ditambah isinya)
  • 1 Onion (aku skip)
  • 1 Hot Pepper (aku skip)
  • 3 Cups Korean Pancake (Jeon) Flour. (Aku pakai segitiga biru)
  • 3 Cups Water
  • 1 tsp Salt
  • Aku tambahkan sedikit gula dan penyedap rasa sedikit.

Berikut cara membuatnya :

1. Siapkan beberapa helai green onion / daun bawang, cuci bersih dan tiriskan. Aku pakai daun bawang yang kecil saja. Potong sekitar panjang 4 – 5 cm. Banyak jumlah sayur, disesuaikan dengan selera. Jika suka sayur lebih banyak, dibanyakin saja jumlah sayurnya.

2. Siapkan adonan tepung : Terigu, air, garam, gula, penyedap rasa. Untuk ukuran terigu dan air aku pakai kira-kira saja. Pertama aku taruh sejumlah terigu dalam mangkuk (Sekitar 4 sdm – 5 sdm), lalu aku tuangkan air sedikit demi sedikit sampai mencapai kekentalan yang pas (lihat pada foto). Adonan tidak terlalu cair, tapi juga tidak terlalu kental. Lalu setelah itu aku tambahkan garam, sedikit gula dan  penyedap rasa secukupnya (aku pakai knoor). Resep asli tidak pakai gula dan penyedap rasa.

Sebelum adonan aku tambahkan green onion, aku mencicipi rasa adonan ini terlebih dahulu, apakah rasa asinnya sudah pas dan manisnya apakah sudah pas. Setelah dicicip, jangan lupa berkumur ya, soalnya kan adonannya masih mentah.

3. Masukan green onion ke dalam adonan.

4. Aduk rata sampai seluruh green onion dibalut dengan adonan.

5. Siapkan pan anti lengket. Tuang sedikit minyak saja, sekitar 1.5 sdm. Panaskan sebentar. Setelah panas, masukan adonan ke dalam pan. Ratakan dengan sendok / garpu supaya tidak terlalu tebal.

6. Balik adonan sesekali untuk mendapatkan warna yang indah untuk pancake ini.

7. Pancake ku warnanya sudah cukup indah, agak kecoklatan. Tapi aku mau mematangkannya sedikit lagi, biar ada sedikit aroma gosong dan lebih renyah dan yang pastinya biar lebih matang lagi.

8. Woooaahh akhirnya pancake ini siap disajikan. Potong – potong pancake nya dan siap disajikan.

9. Ketebalan pancake nya kurang lebih seperti ini. Warna pancake nya ada sebagian yang coklat dan ada yang masih putih, tapi yang pasti sudah matang lah. Green onionnya matangnya juga pas.

Rasa pancake ini lebih ke asin dan tidak terlalu manis. Mirip dengan rasa bakwan. Jika chingudeul mau membuat jeon menggunakan bahan dasar bakwan sayur juga bisa kok. Gorengnya jangan deep fried, cukup dengan sedikit minyak saja.

Untuk bagian luar pancake ini renyah dan pada bagian dalamnya lembut dan sedikit kenyal. Daun bawangnya wanginya sedap saat sudah matang. Aku sebenarnya tidak terlalu menyukai daun bawang jika dimasak dalam nasi goreng atau kwetiau. Tapi saat dijadikan jeon, rasanya enak juga. Aku menghabiskan 1 green onion jeon ini sendiri.

Biasa jeon ini dimakan dengan cocolan kecap. Tapi tadi aku makan begitu saja, tanpa ada cocolan. Perut sudah keroncongan soalnya, jadi ya kumakan begitu saja. Untuk resep yang lebih detail bisa dilihat pada link yang sudah aku share diatas.

Happy cooking
God love you
Aja aja fighting

2 Responses to “Green Onion Jeon”

  1. tascantikunik December 25, 2013 at 11:31 am #

    resepny sederhana bgt ya ternyata.. ini berarti isianny cm green onion ya?? atau isinya bs ditambah yg lain??

    • Shin Hyo Ae December 26, 2013 at 11:08 am #

      Isinya sih bisa ditambah juga dengan yang lain. Biasa aku suka pakai kucay n wortel yang di parut. Kl pakai green onion lebih baik pilih yang kecil supaya lebih enak.

Leave a Reply

