Galau : Sulitnya menjadi seorang wanita

6 Sep

Judulnya pasti bikin penasaran tuh hehhee…
Uda dua hari ini aku diminta istirahat oleh Suami, kalau dokter sih suru istirahat 3 hari, tapi karena ada kerjaan jadi besok aku rencananya mau ngantor aja daripada galau terus karena tidur sepanjang hari.

Pagi ini karena uda ga bisa tidur lagi, aku kepikiran untuk membuat kategori baru di blog ini. Yaitu tentang “Curhat” hehehe… Disini teman-teman juga bisa saling mengutarakan isi hati kok, walau kita ga saling kenal ga ada salahnya kita saling bertukar cerita dan menguatkan satu sama lain..🙂
Selain itu aku juga berharap curhatan ini menjadi sesuatu yang bisa membantu / menguatkan teman-teman lain yang mungkin sedang galau juga. I hope you will be blessed with this story..

Story hari ini adalah tentang galau : sulitnya menjadi seorang wanita.

Hmm…. maybe i’m not alone.
Aku banyak membaca para netter lainnya juga mengalami hal yang sama, menantikan momongan yang tidak kunjung tiba, pastinya hal itu bikin galau sepanjang masa, setiap mau datang haid pasti bakalan harap-harap cemas gak keruan. Beli testpack and hasilnya ga seperti yang diharapkan.
Ces’t la vie : itulah hidup…

Uda semingguan ini aku galau banget, dari mulai hari jumat lalu aku merasakan sedikit mual-mual, dan pada hari sabtu aku merasakan mual lagi sehabis makan, beberapa jam kemudian hilang. Dan setelah makan siang mual lagi dan beberapa jam kemudian hilang dan begitu terus. Pada hari minggu aku juga merasakan mual, makan roti juga mual. Dan pada minggu malam aku sakit kepala dan mual. Mirip dengan gejala kehamilan kedua ku. Oh ya aku sudah 2x mengalami keguguran, yang usianya tidak mencapai 1 bulan. Aku menikah sejak 13 November 2010. Memang masih belum mencapai usia 2 tahun pernikahan aku dan suami, tapi ya kehadiran si kecil pastinya menjadi dambaan kami.

523259_10150695667511516_1037491696_n
ini foto pernikahan kami. Saat dimana aku masih cukup langsing hehee…
oh ya sambil nge blog aku mau bilang : I love u my beloved Hubby. yeonwonhi Oppa Saranghae….

Lanjut lagi ya…
Dari jumat-minggu aku mual-mual, tidak enak badan juga. Pada hari senin, ada sedikit nyeri di perut tapi tidak parah. Pada hari selasa nyeri nya semakin terasa (tidak terlalu sakit sih, tapi jika SEANDAINYA aku hamil, sakit perut pastinya akan menjadi petanda tidak baik). Karena kami tidak mengerti apa-apa, ya Suami minta aku bedrest dari kemarin. Ya sudah rabu kemarin aku seharian bedrest dan bangun dari tempat tidur hanya untuk makan, mandi, buang air kecil, selebihnya badan ini selalu nempel pada ranjang dan bantal.

Pada Rabu malam kemarin, kami putuskan untuk mengunjungi Dokter, Tapi kami ke dokter umum saja, soalnya sebelumnya aku pernah sudah telat 3 hari (padahal jadwal mens aku cukup lancar) dan aku mengunjungi dokter kandungan di daerah Jakut tapi dokter itu (initial R.I) malah tidak menyatakan aku hamil atau enggak. Dia bilang baru terlambat 3 hari tidak perlu mengunjungi dokter, dia minta aku kembali 10 hari lagi kemudian. Aku sudah mengatakan bahwa siklus mens ku biasanya lancar dan aku sudah menunjukan 4 hasil testpack yang semuanya menunjukkan 2 garis (alias +). Dokter R.I mengatakan aku boleh beraktivitas normal walau aku sudah mengatakan bahwa aku pernah keguguran sebelumnya dan jika aku hamil, aku mau ambil tindakan preventif dengan cara bedrest. Oh ya beliau juga yang menangani kehamilan pertamaku dan keguguran pertamaku. Aku mengatakan bahwa ada sedikit flek saat aku dari rumah, Dokter itu bilang flek wajar terjadi sampai usia 3 bulan kehamilan. Tapi ya sudah lah sia-sia saja kami ke dokter. Aku hanya diberi obat penguat janin dan folavit. Walau dokter belum yakin, dia tetap memberikanku penguat janin.

Ya karena Dokter bilang aku boleh aktivitas normal, pada hari itu aku dan suami mengunjungi carrefour untuk membeli biskuit dan susu untuk persiapan kehamilan. Aku yakin aku sudah hamil soalnya. Waktu itu sekitar akhir april – mei 2012. Kami hanya menghabiskan 30 menit untuk berbelanja. Aku cukup antusias dengan kehamilan kedua-ku dan hati bahagia tapi juga ada keraguan “apakah benar aku sudah hamil?” tapi karena testpack menunjukan + dan tanda-tanda yang aku lihat pada kehamilan sudah terlihat, ya aku berusaha berpikir + saja.

Saat tiba dirumah, aku berganti pakaian dan aku melihat ada bercak darah (Flek). Seketika itu hati langsung ga keruan alias kacauuu… Nano nano rasanya. Dalam otakku jadi berpikir “Kenapa mens baru muncul setelah aku pulang dari RS, uda bikin GR malah ga ada hasil, ngabisin uang aja, taunya hanya terlambat mens”. Selain itu aku juga berpikir “jika mens kenapa testpack 4 buah kok + smua?” wahhh hancur sudah impian untuk bisa memiliki baby yang lucu.

Karena kami bingung, ya aku putuskan untuk bedrest saja. Darah terus keluar dan pada siangnya perutku terasa sakit, seperti sakit menstruasi. Biasa jika mens aku sakit perut di hari pertama saja, kadang juga sakitnya hanya biasa saja. Aku jarang minum painkiller saat haid.
Mamaku tetap yakin bahwa aku hamil, padahal setelah flek keluar aku dan suami sudah pasrah dan menduga hanya telat mens. Mertuaku juga menduga aku hanya telat mens saja. Ya aku pun berpikir mungkin hanya mens, dan saat buang air kecil ada gumpalan darah juga seperti mens yang keluar. Ya pupus sudah harapanku.

Sampai hari senin, perutku masih sakit juga. Tidak biasanya jika mens sakitnya sampai 3 hari. Suami memutuskan untuk mengunjungi Dokter. Tapi aku tidak mau lagi mengunjungi RS bersalin daerah Jakut tersebut. Kami memutuskan mengunjungi RS Bunda, Menteng dengan Dokter Joso Prawiro. Berdasarkan rekomendasi teman, Dokter tersebut sudah pengalaman. Pada senin sorenya kami mengunjungi RS Bunda. Dan saat bertemu dengan Dr. Joso, aku menceritakan kisah kehamilanku dan menunjukan foto hasil testpack. Beliau memeriksa perutku dan mengatakan bahwa kemungkinan aku hamil. Tapi untuk lebih pastinya, beliau bilang aku akan di USG dalam. Saat mendengar kata hamil, aku sempat senang juga dan masih berharap janin masih baik-baik saja walau ada flek yang sudah keluar dari sabtu lalu.
Berikut ini adalah gambar hasil USG kehamilan ke 2 ku. Gambarnya agak ga jelas soalnya aku foto pake HP.

Saat melakukan pemeriksaan USG dalam, Dr. Joso menunjukan kantung cincin yang kosong (janin sudah keluar). Usia kandunganku diperkirakan antara 2 minggu menuju ke 3 minggu. Saat mendengarkan penjelasan Dokter, hati lumayan kacau dan tidak begitu konsentrasi. Ahhh kesal banget rasanya… aku sangat kecewa dengan dokter RI yang mengatakan bahwa dia belum bisa memastikan aku hamil atau tidak dan mengatakan aku bisa aktivitas normal. Andaikan aku mengikuti intuisi wanitaku dan langsung bedrest, mungkin hasilnya akan berbeda. Runtuh duniaku seketika.

Dokter Joso lalu memberikan aku obat untuk membuang sisa darah, untungnya aku tidak di kuret. Pada kehamilan pertama, aku di kuret dan cukup banyak makan biaya untuk tindakan kuretase. Aku diminta untuk cek darah dari virus dan suami cek sperma dan aku juga diminta cek rahim apakah sudah bersih dari sisa darah di minggu berikutnya.

Satu kecemasan lagi muncul di benakku. Gak habis-habisnya rasa galau menghantui hidupku. Hidupku rasanya bagai dipermainkan, tapi ya Tuhan pastinya punya rencana yang lebih indah. Aku ketakutan menghadapi test darah, karena aku memang ada pobia darah juga, selain itu aku sangat takut jika ternyata ditemukan ada virus dalam darahku. Benar-benar gak tau harus bagaimana, benar-benar gelap rasanya hidupku. Akhirnya kami mengecek darah kami + cek kolestrol dan gula darah sekalian. Total biaya aku dan suami habis 4.7jutaan. Biaya yang gak sedikit untuk perjuangan. Belum lagi biaya untuk cek ke Rs bunda sudah habis hampir 1.5juta dan rs di jakut habis 300rb an. Untungnya setengah biaya bisa dibantu oleh kantor, jadinya beban cukup berkurang.

Setelah hasil test darah, aku dinyatakan darahku bebas dari virus. Wah lega juga rasanya hatiku. Walau kemarin mengahadapi posisi sulit, tapi hasil test darah menyatakan hasil yang baik. Dan saatnya tiba untuk mengecek apakah rahimku sudah bersih dari sisa darah kehamilan kemarin, ternyata rahimku sudah bersih jadinya aku tidak perlu di kuret. Ya puji Tuhan. Aku cukup tenang. Dokter memberi ku obat penyubur, suami juga diberikan obat penyubur. Jika dalam 3 bulan aku belum hamil, aku diminta untuk kontrol kembali. Namun karena masih trauma, aku memutuskan untuk menjaga kehamilan sampai habis lebaran kemarin. Aku takut menghadapi keguguran berulang. Aku takut jika hamil kembali dan janin tidak bertahan lama. Aku belum siap menghadapi hal tersebut. Sakit secara fisik sih bisa kutahan, namun sakit secara jiwani itu agak sulit untuk dipulihkan, needed a long process to restore..😦

Dari keguguran kedua, aku jadi cukup stress juga menghadapinya. Aku sempat mengalami susah tidur, jika terbangun dari tidur tengah malam, aku tidak bisa tidur lagi. Aku juga banyak menangis karena sedih dan takut menghadapi masa depan, apakah nanti aku akan bisa memiliki anak atau tidak? Aku merasa bersalah dengan mertua-ku yang begitu menginginkan cucu. 2x mereka diberikan kabar bahagia dan 2x juga mereka harus menghela nafas karena kecewa. Aku berharap bisa membahagiakan mereka.

Lepas dari cerita sebelumnya, aku mau balik cerita tentang saat ini.

Setelah kemarin aku mengunjungi dokter umum, beliau menanyakan keluhanku dan setelah aku ceritakan. Beliau mendiagnosa jika aku belum hamil, melainkan lambungku bermasalah. Dia menanyakan apakah aku setiap makan harus ada sambal, aku jawab tidak selalu dan apakah aku ngopi dan aku jawab belakangan sudah aku jarang minum kopi. Dan dengan jawaban tersebut beliau mengatakan lambungku bermasalah.

Memang sedikit aneh sih. Saat jumat sampai rabu sore kemarin aku rasakan mual, tapi bukan mual seperti nyeri lambung. Namun entah kenapa pada rabu malam kemarin sebelum ke dokter, perutku nyeri seperti ingin BAB dan pada tengah malam lambungku memang perih, lalu jam 4 subuh aku bangun untuk membuat oatmeal supaya perutku tidak sakit lagi. Dan pada pagi jam 6.40 an aku bangun perutku sudah perih lagi dan aku minum susu saja untuk mengurangi rasa perih.

Kemarin aku sempat menduga dan berharap bahwa aku akan mendapatkan kehamilan dan aku sudah ambil tindakan preventif dengan membawa mobil ke kantor, mengurangi aktivitas, dll. Namun hidupku bagai sekali lagi dipermainkan. Kenapa rasa mual ini harus muncul disaat aku baru saja merencanakan kehamilan. Kenapa hidup rasanya tidak berpihak padaku. Sedih rasanya hatiku melihat teman-temanku sudah menggendong anak dan aku masih struggle dengan hal ini. Ada yang tidak ingin memiliki anak, namun Tuhan memberikannya kepada mereka yang TIDAK menginginkannya. Ada yang berharap dan begitu rindu diberikan keturunan, namun harus berjuang terus menghadapi kegalauan.. Rasanya hidup tidak adil dan susah sekali untukku bisa mengucap syukur.

Namun bagaimanapun aku percaya suatu hari aku akan hamil dan kehamilan nanti akan bertahan sampai bayinya dilahirkan. Ya walau aku tidak bisa melihatnya dengan mata jasmaniku, tapi aku mau belajar melihat dengan mata iman. Walau hati sedih, galau dan banyak menguras air mata, namun aku masih berharap adanya mujuzat. Aku percaya Tuhan tidak akan mencobai anak-anakNya lebih dari kekuatan mereka. Biarlah Tuhan boleh melihat perjuangan yang kulakukan, air mata yang sudah terkuras. Aku masih menantikan keajaiban Tuhan dalam hidupku dan keluarga kecilku. Melewati semua itu dan setelah aku merenungkan akan kehidupanku,… i just can say.. I’m happy of my life, i’m happy that i have a lovely family and friends around me. Aku bisa kuat karena ada Tuhan dalam hidupku dan aku bisa bertahan menjalani semua karena kasih karunia Tuhan atasku. Semoga aku bisa menjadi lebih sabar menjalani kehidupan ini dan menjadi lebih baik lagi sebagai istri, anak dan menantu. The best is yet to come.

Semoga kisah hidupku bisa membantu teman-teman yang mungkin menghadapi permasalahan yang mirip denganku. Jangan pernah berhenti berharap walau hidup ini terkadang sulit dijalani. Hal ini juga akan kucoba terapkan untuk diriku sendiri. Disaat aku nanti aku down, aku akan mengingat kembali apa yang kutuliskan hari ini untuk mengingatkan aku bahwa hidupku berharga dan Tuhan sangat sayang padaku.

Bagi yang mau share kisah hidup juga bisa membagikannya di blog simple ini. Ceritaku agak panjang, semoga kalian tidak bosan membacanya hehehe… Senang juga rasanya bisa mengutarakan apa yang ada dihatiku, lumayan lega jadinya.

Have a blessed day everyone
God bless you
Aja aja fighting..

12 Responses to “Galau : Sulitnya menjadi seorang wanita”

  1. Naomi September 9, 2012 at 7:29 am #

    sabar aja tin, nti jg hamil😉 .
    yg penting lu jgn terlalu stres mikirin terus, santai aja, rilaks. trus byk2in mkn yg sehat2🙂 .

  2. Shin Hyo Ae September 9, 2012 at 12:30 pm #

    Iya banyak berharap dan sebelnya harus mual abis masa masa barumau program hamil lagi. Jadinya kan harap harap cemas. Awalnya mualnya ga ada sakit perut ama skali, di hari ke 5 baru mulai sakit perutnya and ketauan lambung nyeri… huuuuh…. Ya tapi sudahlah… Nanti mencoba lagi

  3. Dina February 26, 2013 at 6:52 am #

    Hai sis salam kenal ya…saya tergolong pasangan baru..ya kami baru aja genap 3 bulan menikah pas tgl 10 kemarin, cuma waktu memang berasa lama sekali ya disaat menanti momongan, apalagi saya tergolong yang periode menstruasinya acak2an. Disaat teman saya sudah mendapat 2x periode haid, saya malah baru 1x periode…hal itulah yang terkadang membuat saya putus asa untuk bisa hamil..Apalagi ditambah mendengar teman ataupun sodara yang meritnya belakangan dari saya tapi sudah positif hamil..rasanya irii banget sama mereka yang mudah untuk bisa hamil. Tetep semangat ya sis.. GBU

    • Shin Hyo Ae February 26, 2013 at 10:33 am #

      Hi Dina… salam kenal.
      Wah masih pengantin baru ya🙂
      Hmmm… susah ya kalo haid suka telat. Aku juga skrg haid sk telat gara2 minum obat kesuburan. Biasa haidnya lancar. tapi 5 bulan belakangan jadi berantakan jadwalnya.
      Aku sudah nikah 2 tahunan dan dari keguguran ke 2x sampe skrg belum hamil lagi😦
      Hmm… sekarang aku malah uda coba resign neh. Da mggu ke 3 nieh aku ga kerja dan belum ada tanda apa2 sieh padahal bbrp bulan ini sudah mencoba makan makanan yang mengandung vitamin e..

      Teman2ku sekarang lagi pada hamil anak ke 2 dan ke 3 dan aku masih gini aja😦 hikzzz sedih banget. Saat org2 ga mau anak malah hamil dan yang mau malah beluman.

  4. manik_lie March 2, 2013 at 2:51 pm #

    Salam kenal sblmnya :)….
    Cerita qt hampir mirip, hanya saja klo mb keguguran, aq malah hamil di luar rahim. Setelah 11 bulan menikah rasanya seneng bgt ketika telat mens hampir 1 bln dan hasil test pack nya positif.Kata dokter aq hamil 7 minggu, senang bgt rasanya…. Namun baru 2 hari setelah test n periksa tiba2 perutku sakit luar biasa sampai kaki kram. Saat dibawa ke rs aq didiagnosa apendik (usus buntu), jd dilakukan operasi apendik oleh dr bedah. Ternyata ketika dibedah, baru ketahuan klo ternyata aq mengalami kehamilan di luar rahim dan harus diangkat janinnya. Dengan persetujuan suami, akhirnya janin diangkat oleh dr obgyn yang diminta operasi mendadak (saat itu aq msh terbius di ruang operasi). Sedih rasanya ketika sadar ternyata aq diberitau suami sdh tdk hamil lg. rasanya seperti mimpi buruk, baru 4 hr yakin dlm keadaan hamil, tiba2 tersadar sdh tdk hamil lg. lebih sakit lg aq hrs merasakan mual muntah krn efek samping operasi dan nyeri akibat operasi apendik dan laparotomi. Kadang msh ada trauma tiap kali mo program hamil lg, takut akan terulang, dan trauma operasi kembali.
    Tp aq ttp percaya, Tuhan punya rencana yg indah utk setiap ujian yg qt terima. Utk mb Shin Hyo ae ttp semangat ya! optimis Tuhan pasti buka jalan🙂

    God bless you

    • Shin Hyo Ae March 3, 2013 at 4:25 pm #

      Hi Manik, salam kenal. Thanks sdh mampir ya ke blog aku..
      Btw aku pernah dengar mengenai hamil diluar rahim, kalo ga salah jalan keluar baby harus di jahit deh supaya janin tidak keluar dan nanti jika sudah mendekati masa2 mau lahiran baru jaitannya di buka. Kemarin juga ada teman yang begitu, tapi karena telat penanganan keburu kluar deh janinnya. Tapi siapa tau nanti kehamilan kamu berikutnya bisa lebih baik. Ya kamu sempat merasakan kehamilan sampe hampir 2 bulan, kalau aku cm sampe 2 mggu dan 4 mggu saja pas 2x hamil yg lalu..😦 hikkkzz sedih banget, baru tau eh bsk2nya da dapat kabar buruk aja.

      anyway senang deh ada teman yg bs share pengalamannya disini. JAdinya kita bs tukar informasi yg berguna and smoga aja ya tahun ini kita yg berharap mendapatkan baby bisa mendapatkannya di tahun ini, Amin.
      Aku sudah sbulan resign dari kerjaanku dan harus merelakan gaji dan kerjaan yg uda nyaman banget demi bs mendapatkan baby, tp kalo belum Tuhan ijinkan juga… Yaaa😦 berserah saja deh… smg aja Tuhan jawab doa kita smua ya… amin. GBU

      The best is yet to come

  5. novilovedramakorea July 10, 2013 at 10:14 am #

    anyeong sin..
    ak jg dua tahun menikah
    sedih rasanya kalau belum hamil…
    lihat yang lain ad rasa iru juga…
    ak sampe sedih mau pulang ke solo(mertua) atau jogja(ortu)…yg paling ga enaknya tuh kalau ditanyai sdh hamil belum…miris hati ini…
    kalau sempat mengalami keguguran kemungkinan hamil pasti ad sis…
    sementara saya….tanda2 hamil belum pernah….
    saya sekarang tiap malam doa sepakat dg suami…mohon karunia Tuhan…
    baru mulai juni kemarin…
    pengalamanku jg banyak
    periksa dokter kandungan berulang kali
    hasil tes sperma suami jelek…sampai harus operasi varicocelle(suamiku)
    aku jg di minta HSG…sudah kujalani…sakiiiiit skli..
    bulan ini sperma suami jg akan di cek u lihat hasil post operasi…

    Tuhan rencanaMu indah….saat ini…aku cm bs pasrah n berdoa aj sis…mau periksa lg..rasanya dah ga kuat…biayanya banyak…

    pengalaman jg…tiap tahu aku mens…rasanya kerja jd ga smgt….tiap malam menangis …tiap bulan kalo mens ujungnya cm bs nangis…
    test pake one med yg murah aj deh..karena percuma beli yg mahal jg blm positif…

    yah…ak jg akhirnya kembali pd kuasaNya ak percaya mukjizat Tuhan aj…

    • Shin Hyo Ae July 12, 2013 at 2:17 pm #

      Hi Sist Novi…

      Thanks sudah share ya di blog aku…🙂
      iya nih penantian panjang ya.. Aku jg sdh banyak menghabiskan biaya untuk kehamilan yang malah berujung di kuret atau keguguran, tp mungkin itu bagian dari proses pembentukan hidupku. Walau ga menyenangkan tp ya harus tetap dihadapi.

      Kadang sedih sih liat org2 yg dikasih kepercayaan malah di sia2kan dan buat yg belum mendapat and berharap di kasih baby malah dikasih ujian yang ga diinginkan.
      Tapi yang pasti sih rencana Tuhan pasti yang terbaik. Kl saat ini kita belum dipercayakan, pastinya Tuhan punya rencana yg lebih indah, tapi ga gampang untuk tau rencana Tuhan bt hidup kita makanya kita gampang down n kecewa. Tp ya tetep harus beriman saja & banyak berdoa.

      The best is yet to come…. amin

  6. dameria March 7, 2014 at 8:51 am #

    salam kenal sis, saat ini aku sudah menikah 1 tahun 8 bulan, sama seperti sis, aku juga belom di beri kesempatan untuk memiliki momongan, merasakan hamilpun belum, perasaanku sangat berkecamuk semakin dipikirkan rasanya hamil kog semakin jauh aja. dengan aktivitasku yang padat ( guru swasta ) kerjanya dari pagi sampai sore terkadang membuatku melupakan kehamilan. Suatu hari aku dan suami cek ke dokter spesialis kandungan, betapa kagetnya aku karena pas di USG terdapat kista sebesar 5 x 4 di ovariumku sebelah kanan. Oh..Tuhan inilah yang membuat ak susah hamil pikirku. Namun dokter mengatakan aku masih punya kemungkinan hamil, karena rahimku ada dan ovarium sebelah kiri aman2 saja. Dokter menyarankan untuk program kehamilan dan memberi obat kesuburan PROFERTIL yang kukonsumsi selama 2 minggu, diminta cek setelah 10 hari haid, namun setelah 10 hari ak kembali cek,dokter mengatakan bahwa sel telurku tidak matang. pupus sudah harapanku, masalah kedua datang, kista bertambah besar 0,5.Aku sering menangs sendiri. Dalam kondisi yang sangat down, aku kembali berseru kepada Tuhan. Aku pasrah dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan sambil berusaha. Ak percaya bahwa tak ada yang mustahil bagi Tuhan. Dia mampu lakukan sesuatu di luar pikiran kita sebagai manusia. Untuk sist yang lain kita sama-sama berdoa supaya rencana yang indah itu nyata dalam hidup kita ya sist!amin

    • Shin Hyo Ae October 24, 2014 at 11:59 pm #

      Hi Sist Dameria,
      sorry ak baru ngeh kalau ada comment di postingan ini. Maaf.. maaf.. banget ya sudah kelamaan br di reply😦 huhu.
      Ternyata banyak jg ya yang mengalami kegalauan dalam hal kepingin mendapatkan momongan.. (aja aja fighting, the best is yet to come).

      Btw setahu aku profertil cm boleh di minum selama 5 butir slm 5 hr dalam sebulan dan itu boleh di ulang kembali selama 3 bulan. Jd total mengkonsumsi obat itu hanya 15 butir dalam 3 bulan. Dan kalau ga salah ingat itu di minum setelah selesai menstruasi slama 5 hr. Dan ga boleh terlalu sering di konsumsi krn bisa menyebabkan kista.
      Nah km kan sdh ada kista, ada baiknya sih jgn di konsumsi krn bisa memperbesar resiko kista. Temanku jg ada yg terkena kista krn mengkonsumsi obat penyubur dan banyak mengkonsumsi vitamin E.
      Oh ya saudara aku ada yg terkena kista juga, tp anaknya sudah 2. Dan ada juga sahabatku yg terkena miom, yg sudah di prediksi Dokter kl hamil pasti akan keguguran krn miom nya, tapi nyatanya skrg sahabat aku juga sudah memiliki 2 anak. Jd ga ada yang mustahil. Vonis Dokter bukan berarti juga akhir dr sgalanya, karena nyatanya DIA yang pegang kendali.

      Oh ya unt memperbagus sel telur & sperma, coba deh km minum air rebusan daun kemangi. (praise God saat ini aku sedang hamil, finally God answered my prays after almost 4 years).
      Cb km googling deh manfaat daun kemangi. Sebelum hamil, aku rajin mengkonsumsi air rebusan daun kemangi. Aku sudah malas ke Dokter atau Sinse, krn slain biaya mahal & hasilnya juga blm nampak, so aku memilih cara yang alami saja. Dan tp hari buat suami, aku rajin meracik 3 tomat yang aku blender dengan susu cair, aku tambah sedikit madu dan extra virgin olive oil. Nah tiap hari itu yang di konsumsi suami (jus tomat pagi & sore air rebusan kemangi) dan aku sendiri minum air rebusan kemangi saja. Dan aku juga sempat mencoba membeli madu kesuburan secara online, aku lihat iklannya di facebook. Tdk sampai sebulan aku minum madu itu & tdk rutin juga. Ya kl aku sih merasa kalau air rebusan kemangi & jus tomat itu yg lebih membantu krn kami rajin mengkonsumsinya stiap hr. Paling hanya sebulan secara rutin dan mungkin juga sudah waktuNYA aku di kasih anugerah untuk hamil, makanya ga sia2 deh usaha yang aku lakukan. Tp yang terpenting adalah usaha yang sudah kita lakukan, Tuhan pasti akan lihat usaha kita & menjadikannya tidak sia2. So don’t stop trying ya…

      Coba deh km sering googling mengenai makanan yg bagus untuk kesuburan & pakai cara alami saja. Siapa tahu saja berhasil ( dan kl seandainya saat ini km sdh hamil, praise God, aku ikut happy jg).
      Semoga sharing ini membantu dan dapat memberi kekuatan buat smua para readers blog ini… GBU

  7. susni July 31, 2015 at 8:51 am #

    Salam kenal semua,
    Saya juga mengalami hal yg sama. 3mgg lalu saya mengalami Abortus spontan tanpa kuret pada UK 6mgg. Rasanya sgt sedih sekali karena kehamilan ini sangat di nantikan oleh saya dan suami saya. Namun saya mencoba kuat dan sabar saja menghadapi cobaan Tuhan ini. Smoga saja saya dan suami saya mendapatkan penggantinya segere. Ini lg nunggu mens pertama pasca keguguran setelah itu mo lsg promil lagi. Smoga aku segera menyusul bumil2 yg lain amin.. minta doaanya ya mba.. udah melahirkan dong ya skrg mba? Sehat selalu ya..

    • Shin Hyo Ae August 3, 2015 at 5:08 am #

      Hi Sis Susni.. turut sedih ya atas kehilangannya,.. ak jg pernah ngerasain 2x kehilangan calon baby jd ak tau rasanya..
      Tetap smngat & banyak doa, kalau sudah waktuNya pasti Dia akan berikan yg terbaik. yg pntg jangan menyerah n ttp berusaha.. Indah pada waktuNya..
      Baby aku skrg da mau usia 8 bln. Thx

      Ayo aja aja fighting !!! Jiayoooo Sis Susni…

Leave a Reply

