Kue kue yang gagal *hikzz

31 Aug

Ya walaupun dibilang gagal, tapi ya namanya juga belajar pasti ga semua bisa berhasil dengan baik. Aku bukannya mau pamer loh kalo kue gagal ini kok di publish segala, tapi yang aku ingin share adalah supaya teman-teman mengetahui letak kesalahanku, supaya kalau kalian yang baru pertama kali membuat egg tart ini juga jadi ada gambaran dan tidak melakukan kesalahan yang sama denganku.
Gagal nya kue ini bukan dikarenakan rasanya yang tidak enak, tapi lebih ke bentuknya yang ga keruan atau pemanggangan yang gak sempurna dan menyebabkan kue keras atau tidak matang.

Untuk pertama aku ingin membahas tentang portuguese egg tart yang gagal ini. Aku mendapatkan resep dari http://ningnong.multiply.com untuk resep egg tart ini. Namun bentuk kue yang kubuat jauh dari yang diharapkan hehe…

Berantakan banget deh egg tart buatanku, bentuknya ancurrr…

Oh ya menurutku, gula yang dipakai dalam resep ini sangat manissss… Aku sih tidak terlalu suka yang terlalu manis, makanya aku bilang resep ini sangat manis, so buat yang ga terlalu suka manis seperti aku, bisa mengurangi jumlah gulanya supaya rasanya bisa lebih pas. Berikut resep yang aku dapatkan:

Bahan yang digunakan : (resep ini oke untuk digunakan, cuma kalau aku lebih suka jika gulanya dikurangi).
bahan Kulit: gunakan puff pastry yang siap pakai

Isi:
22 gram terigu
300 ml susu (aku pakai susu Ultra UHT)
3 kuning telor
1 telor utuh
150 – 160 gram gula pasir –> kalau menurut saya mungkin 120 – 130 gr sudah cukup manisnya.
1 batang vanila pod, dibelah dan keluarkan isinya (aku pakai vanilla essence saja)
sedikit garam

Petunjuk :

* Bulatkan adonan puff pastry dengan besar disesuaikan dengan loyang muffin yang akan digunakan. Masukan bulatan adonan ke dalam loyang muffin, tekan-tekan sampai memenuhi permukaan muffin (bentuk memenuhi permukaan muffin).

Kesalahanku kemarin adalah : aku memasukan adonan pastry ke dalam loyang dengan cara memotong adonan bentuk bulat dan memasukannya ke loyang muffin. Ternyata adonan pastry yang baru dikeluarkan dari kulkas susah sekali dibentuk dan mudah sobek. Setelah kue jadi baru aku mendapatkan teknik diatas. Aku coba cari videonya tapi belum ketemu, nanti saat sudah kutemukan akan aku update kembali dan akan aku buat portuguese egg tart yang lebih baik. Ini adalah tantangan untuk diriku sendiri…

Nah bisa kebayangkan berantakannya pastry yang aku buat ini hahaha….

ini adalah bentuk pastry yang masuk ke loyang bergerigi. kebetulan aku tidak ada loyang bulat biasa.
Tampilan sebelum diberikan isi di tengahnya.

Resep custard:
* Campur gula & tepung, aduk rata, sisihkan
* Kocok telur
* Rebus susu & vanilla mendidih dan essence vanila tidak menggumpal. Tuang setengah bagian ke campuran gula & tepung, aduk sampai gula larut, kemudian masukkan kembali ke panci sisa susu.
* Tuang beberapa sendok adonan susu ke telur, aduk rata, tuang semuanya ke adonan susu tadi, bubuhkan garam, aduk rata & sisihkan.

Finishing :
* Panaskan oven di suhu paling tinggi, tuang custard ke kulit puff pastry sampai hampir penuh, panggang 10-15 menit  atau sampai pinggiran kulit berwarna kecoklatan. Keluarkan dari oven, biarkan dingin sedikit baru dilepas dari cetakan. ternyata melepaskan kue dari cetakan juga tidaklah mudah, soalnya aku pakai loyang yang bergerigi gitu, jadinya susah nyongkelnya deh hehehe… huhuhu….

dalam proses pemanggangannya sih aku lebih dari 15 menit, soalnya ada beberapa kulit pastry yang tidak mau matang. Jadi lama pemanggangan disesuaikan dengan oven masing-masing ya, jangan dipatokin dengan resepnya.

Nah ini hasil akhir dari egg tart berantakan yang kubuat. Rasanya sih enak jika tidak kemanisan (padahal gula sudah aku kurangin juga loh). Kalau didinginkan juga enak. Sayangnya bentuknya rada tidak keruan nieh.

Semoga post ini bisa membantu teman-teman supaya tidak membuat egg tart gagal sepertiku ya.
Walau gagal jangan menyerah, besok besok pasti kita bisa membuat kue lebih baik.

GREEN TEA MUFFIN 

Green tea ini merupakan kue yang gagal kubuat juga. Resep muffin ini menggunakan mentega yang dikocok sampai lembut kemudian ditambahkan terigu dan beberapa bahan lainnya. Aku lupa mendapatkan resepnya dari blog mana, cuma yang pasti kue ini entah kenapa susah sekali matang bagian tengahnya ya…? Aku sudah melakukan tes tusuk berkali-kali tetapi tetap saja hasilnya tidak maksimal… uh…..

ini adonan yang telah kubuat dan sebelum ditaruh ke cetakan muffinnya.

Lihatlah kue yang sebelah kanan bawah, ada beberapa bekas luka tusukan untuk mengecek kematangan kue ini hahaha…  Bagian atas muffin sudah matang tapi saat dibelah kok tengahnya tidak matang ya? selain itu muffin ini juga tidak mengembang.. Ahhh… capcay dehhhhh….

Karena kurang matang bagian tengahnya, maka aku melepaskan semua muffin dari paper cupcake nya dan aku taruh dalam loyang bulat dan ku kukus muffin ini selama 5-10 menit.  Ya jadinya gini deh muffinnya, tidak secantik yang kuharapkan… Rasa green tea muffin ini cukup enak loh padahal, soalnya walaupun gagal tapi si Hubby doyan aja nyomot ini muffin hehehe….

Besok besok aku mau coba lagi ah bikin green tea muffin dan aku pastikan bahwa hasilnya akan lebih baik deh… Amin.

OREO CHEESE CAKE

Kue ini cukup memakan biaya, karena bahan yang digunakan cukup mahal Cheese cream, yogurt, dan oreo. Aku membuat 1/2 resep saja untungnya.  Cukup menyakitkan hati saat melihat kue ini harus berakhir di tong sampah, alias ga ada yang mau makan… Hikkkzzz…. Huaaa,……. Grr……rr…rrr…….
tapi yang namanya usaha harus dicoba lah….

Resepnya aku dapat dari http://cintacakery.wordpress.com/tag/resep-cheese-cake/ dan aku belum bisa membuat sesuai dengan resep yang di share dari blog cintacakery… Padahal lihat kue buatan cintacakery sangat menggiurkan. Tapi dasar aku nya aja neh pasti ada salah step neh… Tapi apa ya, kue ini sudah sbulanan yang lalu kubuat dan aku uda agak amnesia neh untuk bisa mengingat kembali prosesnya hahaha….

Kue yang kubuat sangat lembek jadinya dan rasanya asam dari yogurt cukup berasa ditambah kejunya berasa banget. Gagal total neh.


Ini sisa kue yang kutaruh di rumah, kusimpan selama beberapa minggu tapi tidak ada yang mau menyentuh. Lihat bentuknya saja sudah gak keruan, jadinya pada ga mau mencoba kue ini deh…. huuuuuu sediiih deh…. Modal untuk membuat kue ini saja sudah diatas 55rb an, terbuang sia sia deh semuanya, walau hanya 1/2 resep tapi kan lumayan juga bisa buat beli makan hehehe…

So buat temen-temen yang lagi hobby baking… don’t ever give up ya!! Proses membuat segala sesuatu menuju kesempurnaan. Happy baking and keep on trying ya….

Aku mau share ayat yang bagus banget buat orang-orang yang lagi galau dalam pengharapan :
Ayat ini cukup menguatkan iman disaat sedang lemah, aku soalnya mengalaminya.. so smga ayat diatas bisa menambah pengharapan buat teman teman sekalian ya….
Mat 21 : 22 —.>Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya. Amin…

God bless you
Aja aja fighting 

Leave a Reply

