Cheddar cheese cake

31 Aug

Cheddar cheese cake (CCC)  ini merupakan versi lain japanese cheese cake (JCC) tanpa cheese cream, jadi kejunya bisa diganti dengan cheddar cheese dari kraft atau merk lainnya. Modalnya juga lebih murah dibandingkan membuat JCC. Rasa CCC ini sangat ngejuuuu banget, bagi yang suka keju sih pasti demen deh sama CCC ini. Cuma kalau aku sih lebih suka JCC dibandingkan CCC. Tapi saat kemarin aku buat untuk keluarga besarku, OOm, kaka dan iparku suka dengan CCC ini.


Untuk resep CCC ini aku dapatkan dari blog cakefever. Berikut aku share ya resepnya :

Bahan yang digunakan :

Bahan I:
130 gram susu cair (Aku pakai susu Ultra UHT)
40 gram unsalted butter (aku pakai blue band, salted butter)
125 gram cheddar cheese

Bahan II:
20 gram tepung terigu protein sedang
15 gram tepung maizena
2 kuning telur
1 sdt air jeruk lemon (aku pakai cream

Bahan III:
3 putih telur
80 gram gula pasir
¼ sdt  cream of tar-tar

CARA MEMBUAT : 

1. Siapkan loyang, olesi mentega, lapisi dengan kertas roti dan olesi sekali lagi dengan mentega hingga rata. Aku pakai 1 loyang 15 cm dan sisanya 4 loyang ukuran diameter 10 cm.

    • Isi adonan dalam loyang jangan terlalu penuh ya, karena adonan akan mengembang nantinya. Jadi sisahkan sedikit jarak agar adonan tidak tumpah keluar. Contoh adonan yang aku masukan dalam loyang dan siap di bakar.

2. Campur mentega, susu cair, dan keju cheddar yang sudah diparut (Bahan I) ke dalam panci kecil.  Panaskan bahan tersebut di atas api sambil diaduk-aduk hingga semua bahan meleleh. Jangan sampai gosong ya. Jika kuatir bahan menjadi gosong, maka saat susu dll sudah agak panas, maka api bisa dimatikan dan tetap aduk bahan tersebut sampai semua larut / menyisakan sedikit saja gumpalan.

3. Saat bahan masih hangat, campur dan ayak terigu dan maizena (Bahan II) ke dalamnya bahan I. Aduk hingga rata semua bahan.
Masukkan kuning telur yang telah di kocok kedalamnya. Masukkan perasan air jeruk. Pastikan semua bahan menyatu sempurna.

5. Kocok putih telur, gula pasir dan cream of tar tar hingga mengembang “soft peak”. Masukkan 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan sebelumnya, aduk balik.  Masukan sisa putih telur ke sisa adonan, aduk balik sampai merata sempurna.

6. Rebus air panas untuk au bain marie, atau gunakan air panas dari dispenser dan taruh dalam loyang lebih besar. Air panasnya 1/4 tinggi loyang saja, gak usa terlalu banyak air panasnya.  Untuk adonan, masukan adonan ke dalam loyang yang ukurannya lebih kecil dari loyang berisi air panas. Taruh loyang adonan kue ke dalam loyang berisi air panas atau istilahnya di timpa gitu deh… hhheeh

7. Panggang selama 30 – 40 menit dengan suhu 160 celcius. Disesuaikan ya dengan ukuran loyang. Tes dengan tusukan sate apakah cake sudah matang atau belum. Jika masih belum matang juga, panggang kembali selama 5-10 menit.

8. Dinginkan cake sebentar dan tusuk bagian pinggir cake dengan pisau supaya permukaan kue tidak menempel di loyang. Keluarkan kue dari loyangnya. Cheese cake ini sangat lembut dan rapuh, jadi berhati-hatilah saat membaliknya supaya cake tidak rusak.

9. Kue siap disajikan untuk keluarga.

Ini hasil cheese cake kecil yang sudah kubuat… Ummmm yummy…. matangnya sempurna… senang deh

Senang deh saat melihat keluargaku menyukai cheese cake ini. Bahkan Koko ku mengatakan bahwa kue ini enak dan dia menyukainya, begitu juga dengan Oom ku juga doyan… wah ga sia-sia deh aku buat kue ini. Thanks for the recepi…..

Happy baking ya
God bless ya
Aja aja fighting !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: