Yang Nyum Tongdak (Seasoned Fried Chicken)

28 Aug

Wah masakan ini sebenarnya uda laaamaaaaaa banget aku buat, tapi aku belum sempat mengepos tentang masakan ini. So walaupun sudah telat, ga ada salahnya di pos sekarang ya.. Ayam asam, manis, pedas and ditabur biji wijen,… uhmmm,…. nyam nyam yummy rasanya. Aku suka masakan yang berbumbu seperti ini, rasanya menggugah selera makan. Cuma maaf ya tampilan / sajian masakanku kurang bagus warna dan penataannya dan malah jadi berantakan dan tidak menggugah selera, tapi kalo nyobain pasti suka deh sama rasa masakan ini hehhee… PD abis..

Berikut aku share resepnya aslinya yang aku dapat dari blog Maangchi dan telah aku terjemahkan dengan bahasa versi  aku.

Yangnyeom tongdak

Bahan :
* 3 pounds (about 1.5 kg) of chicken chunks (aku pakai ayam 1 ekor, semua bagian yang berdaging aku pakai deh semuanya…)
* salt (Garam)
* ground black pepper (lada hitam)
* Potato starch powder (aku pakai tepung maizena)
* flour (aku pakai terigu segitiga biru, atau bisa juga pakai tepung untuk masak kentucky yang tanpa rasa)
* Sweet rice flour (kalo ga salah ini tepung beras deh, tapi aku skip bagian ini)
* egg (Telur ayam)
* baking soda (Backing soda)
* Canola oil (aku pakai Bimoli saja)
* garlic (bawang Putih)
* ketchup (saus tomat)
* Hot pepper paste (gochujang)
* Rice syrup (aku ganti dengan madu)
* Apple vinegar (cuka apel)

CARA MEMBUAT :

  1. Bersihkan ayam dengan air dan tiriskan/ keringkan.
    Rinse chunks of chicken in cold water. Drain.
  2. Tambahkan 1 sdt lada hitam dan 1 sdt garam.
    Add 1 ts ground black pepper and 1 ts kosher salt.
  3. Tambahkan ½ cup tepung maizena, ¼ cup tepung terigu, ¼ cup tepung beras (aku skip), 1 sdt backing soda, dan 1 telur ayam.
    Add ½ cup potato starch powder, ¼ cup all-purpose flour, ¼ cup sweet rice flour, 1 ts baking soda, and 1 egg.
  4. Aduk rata semua bahan dengan tangan dan pastikan tepung menutupi ayam dengan sempurna.
    Mix well by hand and completely coat the chicken.
  5. Siapkan panci penggorengan yang diisi 6 – 7 cup minyak dan panaskan.
    Put 6-7 cups of canola oil in a wok or frying pan and heat it up.
  6. panaskan minyak sekitar 7 – 8 menit, coba tes apakah minyak sudah siap digunakan untuk menggoreng. Masukan 1 bagian ayam ke minyak untuk mengetesnya, jika minyak sudah mengeluarkan gelembung (mendidih), maka minyak sudah dapat digunakan untuk menggoreng.
    After it’s heated for about 7-8 minutes, test if the oil is ready by dipping a sample chunk of chicken into the oil. If the oil bubbles, it’s the right temperature to start frying.

Goreng menggunakan teknik dua kali penggorengan :
(aku tidak menggunakan teknik 2x penggorengan, jadi aku hanya menggoreng ayam sampai berwarna kecoklatan).
Fry them using the double-frying method:

  1. Goreng ayam selama 10 menit dengan api besar.
    Fry the chicken chunks for 10 minutes over high heat.
  2. Angkat ayam, goyang-goyangkan ayam dalam penyaring untuk mengeluarkan minyaknya. Diamkan selama beberapa menit.
    Take them out of the oil and shake them off in a strainer. Let them sit for a few minutes.
  3. Goreng ayam kembali selama 10 menit sampai berwarna kecoklatan dan garing.
    Fry them again for another 10 minutes until all pieces look golden brown and are crunchy outside.Sementara ayam digoreng, maka kita dapat menyiapkan sausnya :
    While you are frying, you can make the sauce:

    1. Masukan 1 sdm minyak untuk menggoreng dan masukan 4 buah bawang putih cincang ke pan yang telah dipanaskan.
      Put 1 tbs canola oil and 4 cloves of minced garlic into a heated pan.
    2. Tambahkan 1/3 cup saus tomat, 1/3 cup madu, 1/4 cup gochujang, 1 Sdm cuka apel, dan didihkan campuran bahan tersebut selama kurang lebih 7 menit.
      Add 1/3 cup tomato ketchup, 1/3 cup rice syrup, ¼ cup hot pepper paste, 1 tbs apple vinegar and simmer the mixture for about about 7 minutes. Keep your heat low and be sure not to burn the sauce.
    3. Matikan api dan tunggu sampai proses penggorengan ayam selesai.
      Turn off the heat and wait until the chicken is done.Finishing / penyelesaian :
      1. Panaskan kembali saus yang sudah dibuat.
      Reheat the sauce.2. Taruh ayam yang baru digoreng ke dalam saus dan aduk perlahan dengan sendok kayu.
      Put the freshly fried chicken into the sauce and gently mix it up with a wooden spoon.3. Taburkan biji wijen yang telah dipanggang sebelumnya. Sajikan selagi panas atau hangat.
      Sprinkle some roasted sesame seeds over top and serve hot or warm.Untuk resep versi lain bisa dilihat di :
      http://myyearwithchris.wordpress.com/2011/01/25/korean-fried-chicken-yang-nyum-tong-dak-2/Selamat mencoba
      God love you
      Aja Aja Fighting !!!

Leave a Reply

