Cookies gagal … Huuuufff…….

27 Aug

Waah, post kali ini kok judulnya cake gagal? hehee… tenang aja, aku bukannya mau bagi resep kue gagal kok, aku hanya ingin berbagi pengalaman supaya next time jika ada teman-teman yang mau mencoba membuat cookie seperti buatanku jadinya sudah ada bayangan deh dan persiapan tentunya… Smoga post ini bisa membantu ya…

Ternyata baking tidaklah semudah yang dibayangkan. Kalau bikin cake, yang bikin pusing saat adonan uda mulai gosong dan tengahnya masih belum matang, atau saat adonan menjadi bantet, wah bisa stress deh melihat calon kue yang tidak sempurna. Untuk saat ini aku sudah cukup menguasai teknik supaya adonan tidak bantet, cuma yang susah ya kalau adonan bagian tengah tidak matang, pengen nangis rasanya liat atasnya uda coklat tapi uda tusuk kue sana sini dan ga mateng-mateng juga hehhee…

Untuk cookie, buat cookie juga susah susah gampang. Ada saatnya cookie menjadi enak sampe bikin ketagihan, ada juga saat cookie tidak mau matang bagian tengahnya dan untuk proses pematangan yang terlalu lama menyebabkan cookie menjadi keras kayak batu and bikin gigi putus buat mengunyahnya hehhee… * lebay.com*

Nah pada percobaan membuat tiramisu dan green tea cookie kali ini aku ternyata gagal, padahal aku sudah mengikuti resepnya dengan sesuai takaran yang ada. Menurutku terigu nya dibanding mentega tidak seimbang untuk resep tiramisu cookie ini, tapi ya karena sudah keburu dicoba setengah jalan, akhirnya harus kuselesaikan supaya rasa penasaranku bisa terpenuhi.

125 gram Krim keju (aku pakai Yummy cheese cream, sayang deh kebuang sia-sia)
– 150 gram Mentega
– 125 gram Gula halus
– 1 butir Kuning telur
– 325 gram Tepung terigu
– 1 sdt baking powder

Untuk tiramisu cookie, resepnya meminta agar adonan dimasukan dalam plastik segitiga, tapi melihat adonan yang padat tidak mungkin banget hal itu terjadi, tapi aku tetap mencobanya supaya ga penasaran,… dan benar aja, adonan malah jadi bentuknya melingker-linker. Akhirnya aku ambil inisiatif lain yaitu dengan cara membentuk adonan sendiri. Adonan tersebut aku bulatkan dan gepengkan, setelah itu baru di panggang.

Adonan sih cukup cantik, tapi spertinya terlalu banyak terigunya. Dari awal sudah kebayang cookie ini bakalan gagal, dan ternyata memang benar-benar diluar yang diharapkan… Uh sedih deh rasanya… hiiikzzz… Saat dipanggang tengahnya tidak matang, dan sudah berkali-kali dimatangkan sampe cookie jadi coklat banget baru bisa matang dan tapinya kueraaaas jadinya.

Karena sayang membuaangnya, aku menambahkan cookie ini dengan selai coklat dari ceres sebagai isian tengahnya, yaa enak sih kalau dimakan, cuma ya kerasnya itu ga nahan. Kalau mertua yang makan bisa-bisa aku dipecat jadi mantu karena bikin gigi mertua putus hehehe… Jadi supaya ketahuan bahwa cookie itu gagal, aku menaruh cookie tersebut dalam wadah plastik yang ada seal nya dan aku beri tulisan “kue untuk Riri…” heheh… penasaran mau tau siapa Riri itu? hehehe Riri itu anjing tetangga-ku yang biasanya tiap pagi hari suka dilepas, dia merupakan customer paling setia hehehe… dia yang biasa membantu menghabiskan cake gagal buatanku hahhaa.. Untungnya Riri suka dengan cookie ini, ya mungkin karena ada selai coklatnya hahaa

Karena gagal membuat tiramisu cookie, akhirnya aku mencoba membuat cookie lain. Yang ijo kecoklatan ini tadinya mau kubuat green tea white cookie. Resepnya aku dapat dari NCC. Aku sudah menimbang setiap bahan dengan seksama, sesuai dengan takarannya. Dan setelah adonan jadi, aku membulatkannya dengan ditimbang @ 8 gram supaya bulat sama dan matangnya juga merata, tapi alhasil cookie bagian tengahnya juga tidak mau matang. Huaaa…aa…a…… ada apa, kenapa cookie nya tidak mau matang-matang, dari warna hijau sampe coklat juga masih belum matang-matang juga…. Ahhhh gagal lagi deh cookie kali ini… Grr…. sedih…

Jika dibuat sesuai gambar, hasil cookie yang dibuat seharusnya seperti pada contoh ini, lihat di website nya langsung ya :http://ncc-indonesia.com/detail.php?aid= cuma sayangnya aku belum berhasil membuatnya. Kesalahan tentunya bukan dari resep NCC, tapi mungkin dari aku yang masih amatir. Seharusnya jangan dibuat bulat, lebih baik di gepengkan saja cookienya supaya matang sempurna. Soalnya buat pemula sepertiku, mungkin masih belum mengetahui berbagai teknik pematangan supaya hasilnya sempurna. Semoga info ini bisa bermanfaat ya buat para pemula sepertiku. Aku banyak membuang bahan-bahan untuk bisa menghasilkan cookie and cake yang enak, salah satu yang sempat gagal adalah saat membuat macaroon, karena gagal, aku buang semua adonannya karena kesal adonannya menjadi cair dan dan pas dipanggang lumerrrrrrrrrrrrrr…..

Lagi-lagi cookie ini akhirnya menjadi camilan buat si Riri hehe… Daripada dibuang sia-sia, mendingan aku kasih Riri aja deh. Karena cookie ini sudah gagal, jadinya aku tidak jadi menambahkan white chocolate. Sebenarnya rasa cookie ini enak, manisnya pas dan wangi aroma green tea. Next time jika aku mau menggunakan resep yang sama, aku akan membuat bentuknya menjadi gepeng aja ketimbang bulat.

Untuk ide lain green tea white cookie, bisa juga didapat dari blog berikut :

http://justonecookbook.com/blog/recipes/green-tea-white-chocolate-cookies/

Aku baru menemukan blognya dan belum ada kesempatan untuk mencobanya. Next time jika aku sudah jadi membuat cookie ini, pasti akan ku post kan hasilnya.. hehhee….

Buat yang punya tips and saran mengenai hal diatas bisa share pengalamannya dunk ke saya…
Thank u so much

Jangan pernah berhenti mencoba, tanpa kegagalan tidak akan ada keberhasilan.
Keep on trying… Aja aja fighting !!!!
God bless u all…

Leave a Reply

