Bolu Pandan

27 Aug

Wow… bolu pandan…. kalau uda liat kue bolu, rasanya langsung ngiler deh.. kebetulan diantara kue lainnya, bolu merupakan favorit-ku. Dibanding dengan cheese cake dan brownies, aku lebih memilih bolu. Aku suka bolu pandan dan bolu coklat. Awalnya aku ingin mencoba menggunakan resep bolu pandan dari Mama-ku yang menggunakan daun suji, tapi kata Mama jika menggunakan daun suji agak resiko kue bakalan bantet kalau buat coba-coba. Soalnya untuk mendapatkan warna hijau yang cantik, harus menggunakan cukup banyak air daun suji-nya. Jadi karena aku masih amatir, so mendingan cari amannya aja deh, yaitu dengan menggunakan pasta pandan aja.

Untuk resep kali ini aku menggunakan resep dari blog-nya Mbak Ricke. Namun sayangnya cake ku pinggirannya kurang mulus dan banyak bopeng sana sini hehehe… Tapi rasanya… enak kok hehehe…

Bahan:
8 butir putih telur
11 kuning telur
200 gram gula pasir (menurut aku kurang sedikit manis, next time mungkin aku akan membuat 210 atau 220 Gr gulanya)
1 sdm pengembang kue
1/4 sdt garam
25 gram tepung Maizena
200 gram terigu protein sedang/all purpose
15 gram susu bubuk full cream
1/2 sdt baking powder
150 gram blue band, lelehkan
1 sdm pasta pandan (aku pakai cap Koepoe koepoe)

Cara membuat:
1. Kocok telur, gula, emulsifier dan garam hingga mengembang dan kaku. Aku menggunakan standing mizer selama 20 – 25 menitan. Jika menggunakan standing mixer sering kali pengembang kue-nya masih menggumpal, jadi sesekali, ratakan pinggiran dengan spatula supaya semua adonan tercampur rata.

2. Campur terigu, maizena, susu bubuk dan baking powder, aduk rata, lalu masukan sedikit sedikit sambil diayak ke adonan telur. Aduk balik menggunakan spatula atau sendok sayur ukuran besar.

3. Masukkan blue band yang sudah dicairkan dan tambahkan pasta pandan. Aduk balik dengan menggunakan spatula kembali. Pastikan semua adonan tercampur rata sempurna.

4. Tuangkan adonan ke loyang tulban diameter 20 cm yang dioles dengan mentega dan ditabur terigu sedikit. Sisa adonannya aku taruh di 1 loyang bulat ukuran 15 cm dan 2 loyang ukuran kecil 10 cm hehehe banyak juga ya. Jika tidak mau terlalu banyak, buat 1/2 resep saja untuk 1 loyang tulban 20 cm. Jangan lupa ya oles mentega dan kertas minyak di loyang bulatnya. Taruh adonan dalam loyang juga jangan terlalu penuh ya karena adonan akan mengembang dan meluber keluar jika ditaruh kepenuhan, seperti pada contoh cake pandan buatanku ini hehehe….

5. Panggang di oven panas dengan suhu 170-180’C hingga matang kecoklatan. Test tusuk dan test sentuh untuk mengecek kematangan.

6. Angkat dari oven, keluarkan dari loyang dan siap disajikan deh bolu pandan-nya.

Warna bolu pandan buatanku kurang hijau ya, aku tidak menggunakan tambahan pewarna, jadinya agak pucat. But i love it… cukup cantik kok warnanya menurutku. Senang sekali bisa membuat cake pandan ini, walau permukaannya tidak terlalu cantik dan tengahnya masih banyak bolong-bolong, tapi senang deh kalau rasanya ternyata enak dan lembut cake-nya. Next time aku mau buat versi daun suji ah, tapi sayangnya aku tidak memiliki daun suji di depan rumah, jadi nanti mau minta pembantu carikan di rumah tetangga aja deh daun sujinya hehehe…

Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk membuat bolu pandan ini?

Selamat Mencoba !!
Aja Aja Fighting !!!
God Love you all……

2 Responses to “Bolu Pandan”

  1. fitri April 1, 2016 at 3:50 am #

    mba,,sp nya yg di pakai merk apa yaa,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: