Chocochip Cookie

24 Aug

Setelah mencoba chocochip cookie buatan Hubby yang enak, aku tertarik membuat cookie ini dengan tanganku sendiri, hasilnya tadaaaa…. lebih enak dari buatan si Hubby,… Yeaaaaayyyyy…… Cara membuat cookie ini juga tidaklah sulit, cuma memang membutuhkan proses yang lama dalam pemanggangan karena cookie ini akan melebar saat dipanggang dan harus diberikan jarak yang cukup jauh satu sama lain supaya cookie tidak menempel. 1 loyang palingan bisa berisi 12 – 16 cookie ukuran sedang. Tapi kalau si Hubby bikin sih 1 loyang untuk 4 cookie ukuran jumbo. Oh ya resep ini aku dapat dari joy of baking.

Bahan yang diperlukan :

* 225 grams mentega tawar, suhu ruangan
* 150 gram gula bubuk (aku kurangi gula agar tidak terlalu manis)
* 160 gram light brown sugar (aku kurangi gula agar tidak terlalu manis)
* 2 telur utuh ukuran besar
*
1 1/2 sdt vanilla essence
*
295 grams terigu
*
1 sdt backing soda
*
1/2 sdt garam
* 270 gram chocolate chip, aku pakai 200 gr saja
* 100 grams kenari (optional). Aku tidak pakai

Tampilan adonan yang sudah kubuat.

Cara Membuat :

1. Panaskan oven 200 C

2. Siapkan loyang, oles mentega dan berikan kertas minyak. Buat double ya kertasnya dan oles mentega lagi.

3. Kocok mentega sampai halus dan lembut.

4. Tambahkan gula bubuk dan brown sugar. Kocok kembali sebentar.

5. Masukan telur 1 per 1 dan kocok kembali.

6. Masukan vanilla essence dan kocok rata. Bersihkan pinggir wadah dengan spatula supaya semua bahan tercampur sempurna.

7. Campur terigu, garam, backing soda, masukan ke adonan dan tambahkan chocochip. Aduk rata. Jika adonan terlalu cair, maka bisa disimpan ke kulkas dulu selama 30 menit – 2 jam. Tutup wadah dengan plastic wrap. Jika adonan sudah pas, bisa langsung di panggang.

8. Sendokan adonan dan taruh kedalam loyang. Beri jarak satu sama lain karena adonan akan melebar.

9. Panggang selama 15 – 20 menit atau sampai matang (sesuaikan dengan oven masing-masing).

10. Angkat saat cookie sudah kecoklatan.

saat dipanggang bentuk adonan bulat dan saat proses pematangan,adonan akan melebar.
Cookie nya agak kecoklatan neh hehehe…..
cookie ini aku susun dalam toples plastik untuk salah satu teman baikku. Senangnya temanku menyukainya.

1 love chocochip cookieeeeeeee

Jadi sudah deh cookie buatanku ini… Saat makan cookie ini jadi susah berhenti, aroma brown sugarnya mantap dan chocochip nya krenyes krenyes nikmat, manis, nyoklat, enak deh pokoknya…. aku suka juga dengan cookie ini. Ada yang bilang cookie ini rasanya mirip good time. Aku senang sekali dengan hasil cookie buatanku dan nanti aku akan membuatnya lagi ah untuk sajian Christmas dan imlek…

Update tanggal 14 February 2013.

(Update blog sambil menunggu Suami tercinta pulang….😦 huhuhuu…. )

Chocochip cookie ini aku buat beberapa hari sebelum sincia 10 February 2013 lalu. Cookie ini merupakan salah satu favoritku dan si Hubby, jadinya pas sincia kali ini aku membuat cookie ini deh.


IMG_4183Makan chocochip ini cukup membuatku ketagihan. Manis dan kres kres chocochipnya menambah selera nyemil…😛

IMG_4182Gambar aslinya kue ini ukurannya hanya diameter 4 – 5 cm saja. Kali ini aku membuat versi lebih kecil saja. Kalo kegedean jadi kurang bagus tampilannya.

IMG_4184Tampilan cookie setelah disusun dalam toples kaca kecil.

Ini adalah comment dari adik sepupuku yang ada mencicipi cookie buatanku😛 hehe…. Oh ya tulisan dibawahnya aku tutup soalnya lagi ngomongin produk CMP hehehe….

Untitled-1

Selamat Mencoba !!
Aja Aja Fighting !!!
God Love you all……

Leave a Reply

