Mie Ayam Pangsit + Bakso

7 Aug

안녕하세요….. Chingudeul….

Pada hari sabtu kemarin, aku mencoba membuat mie ayam. Minggu lalu hampir tiap hari aku makan mie dan karena emang dasarnya doyan makan mie, so aku iseng buat mie ayam deh di rumah + pangsit dan baksonya lengkap.

Resep aku dapatkan dari hasil googling ya dan aku ubah sedikit sesuai dengan seleraku.
Berikut resepnya yang ku dapat dari http://resepmasakanindonesia.idcc.info/resep-mie-ayam.htm

Bahan yang diperlukan :

* 500 Gr mie ayam / soun (aku menggunakan soun juga), ternyata soun enak juga dimakan dengan bumbu mie ayam.
* 100 ml Minyak ayam (aku skip bahan ini karena aku menggunakan ayam kampung, jadinya minyaknya cm dapat beberapa tetes saja, sebagai gantinya aku menggunakan minyak + bawang putih di goreng sampai kecoklatan dan wangi)
* 100 ml Kecap asin
* 300 gr Daging ayam direbus dan dipotong kotak
* 3 sdm Kecap manis
* 2 sdm Kecap Ingris
* 2 batang Daun bawang dirajang
* Caisin, toge, penyedap dan bawang goreng secukupnya.

Bumbu halus untuk mie ayam:

3 siung Bawang putih
5 buah Bawang merah
1 sdt Ketumbar
3 cm Kunyit (aku skip)
3 cm Jahe
4 butir Kemiri (aku menggunakan lada bubuk)

Bahan Kaldu:

2 liter Air
1/2 kg Tulang ayam
1 sdt Garam (Sesuaikan selera masing-masing)
1/2 sdt Lada bubuk
Penyedap rasa secukupnya

CARA MEMBUAT : 

1. Kaldu ayam : rebus air sampai mendidih, masukan tulang ayam. Masak dengan api sedang dan biarkan sampai keluar aroma dan masukan garam, lada dan penyedap rasa secukupnya. Jika ingin mendapatkan kaldu yang enak, rebuslah tulang ayam di air yang banyak dan didihkan sampai agak lama sampai sari-sari dari tulang keluar.

2. Tumisan ayam : Blender bumbu halus dan tumis dengan sedikit minyak. Tumis sampai bumbu matang dan wangi. Masukan ayam yang telah dipotong kotak. Tumis sampai bumbu meresap ke dalam ayam. Beri penyedap rasa /mecin, beri kecap manis, kecap asin dan kecap inggris sesuai dengan selera masing-masing. Beri air secukupnya dan masak sampai menyisahkan sedikit kuahnya. (aku tidak mengikuti resep secara detail). Cicipi apakah rasa sudah sesuai dengan selera.
jika ingin menggunakan resep dari http://resepmasakanindonesia.idcc.info/resep-mie-ayam.htm juga boleh, soalnya aku ga 100% ikutin resep tersebut.

3. Minyak Ayam / bawang : Untuk menggantikan minyak ayam, aku menggunakan minyak bawang. Caranya cincang 4 pcs bawang putih dan goreng dengan minyak secukupnya (sekitar 6 – 7 sdm). Goreng sampai bawang putih harum dan coklat.

4. Pangsit : Cincang daging ayam, campurkan dengan garam, kecap asin sedikit, lada bubuk, penyedap rasa.
tips : pilih kulit pangsit yang tidak mengandung terlalu banyak tepung, sebab jika dimasak suka masih ada gumpalan tepung. Pangsit yang kugunakan sisa untuk membuat siomay minggu sebelumnya, tepungnya sangat banyak.

5. Bakso : Giling atau cincang daging ayam. Beri sedikit bawang putih goreng yang di tumbuk, garam, lada, penyedap. Ulen daging ayam dengan  es batu dan sagu. Sagu ditentukan untuk seberapa tingkat kekenyalan yang diinginkan.

6. Sambal : blender cabe merah keriting dan rawit + 2 pcs bawang putih. Jumlah cabe merah keriting harus lebih banyak dibanding rawit. Jika suka pedas, maka banyakan di jumlah rawitnya. Beri air matang + Sedikit garam. (karena cabe merah keriting habis, aku menggunakan cabe keriting hijau jadinya).

Finishing :

1. Siapkan mangkuk, beri 1-2 sdm minyak bawang / minyak ayam , beri sedikit kecap asin / manis ( 1 – 1.5 Sdm sesuai selera). Tambahkan mecin 1/2 sdt. (kemarin aku tidak menggunakan mecin, karena tidak ada stock mecin di rumah).

2. Rebus mie / soun sampai matang

3. Rebus pangsit sampai matang.

4. Rebus bakso dan celupkan ke dalam air kaldu, didihkan lagi air kaldu sebentar.

5. Rebus sawi dan tauge sampai matang.

6. Masukan mie / soun (aku menggunakan perpaduan antara keduanya) , pangsit, bakso, sawi dan tauge yang telah di rebus ke dalam mangkuk yang sudah diberi kecap, mecin dan minyak. Aduk rata semua bahan. Tambahkan tumisan ayam dan sedikit kuahnya, beri sambal secukupnya.

7. Beri kuah kaldu ayam. Aduk-aduk mie ayam, tambahkan kecap asin, manis, saus sambal, dll sesuai selera masing-masing.
Mie ayam pangsit + bakso siap disantap selagi hangat.

8. Selamat menikmati……

안녕
Have a blessed day everyone…… God love you !!!

Leave a Reply

