Jajan dan belanja di Korea

3 Aug

안녕하세요….. Chingudeul….

Sebenarnya sudah lama mau nge-post tentang hasil hunting beberapa barang yang sempat saya beli selama di Korea. Namun sayangnya tidak semua sempat di foto barangnya..😦 dan lagian kami juga tidak belanja banyak, karena barang disana cukup mahal dan dana kami juga terbatas hehehe, jadinya kami lebih banyak berwisata kuliner menikmati jajanan disana dan beli camilan ini itu dan minumannya, so alhasil seminggu disana berat badan naik 2Kg… huaaa…aa….aaa….aaaa…..aaaaa…….

Bagi yang penasaran dengan barang-barang dan perkiraan harga disana, berikut saya share sedikit barang yang sempat saya beli. Maaf ya saya tidak hunting banyak barang, jadi sedikit saja info yang bisa saya berikan.

Berikut ini adalah gambar uang Korea yang kurs-nya sekitar 1000 won = Rp. 8.400 – 9.000,-
Waktu April 2012 lalu kurs-nya masih 8.4

KOSMETIK 

Ini adalah kutek produk the faceshop yang harganya relatif murah (ada yang 1.000  dan ada juga yang 2.000 won). Warnanya bagus dan soft, sesuai dengan kulit wanita Korea yang putih bersih. Harga kosmetik sebangsa etude, vov, atau faceshop di Korea tidak terlalu mahal. Untuk harga kosmetik Etude disana setara dengan harga kosmetik revlon disini lah. Cuma kalau disini harga etude bisa 2.5 – 3x lipat lebih mahal.


Nah ini adalah masker wajah dan masker mata. Masker wajah harga satuannya 1.000 won (Rp. 8.400) dan masker mata kalau tidak salah 500 Won (Rp. 4.200) saja. Harga masker wajah disini bisa mencapai 25.000 – 30.000 kalau beli di counternya. Oh ya aku juga ada membeli masker mata dari faceshop, sayang tidak ada fotonya. Harganya cukup mahal, 3.300 won / pack.
Selain membeli masker, aku juga ada membeli 7 pcs BB Cream. 3 bb cream etude untuk ole-ole dan 4 bb cream (2 faceshop dan 2 skinfood) untuk kupakai sendiri. Untuk harga bb cream nanti akan dibahas di bawah.
Kalau disini mau mendapatkan harga yang lebih murah mungkin bisa dibeli di online shop, namun aku tidak tahu apakah barang yang mereka jual adalah barang asli atau tidak.

Mascara ini aku beli saat sedang melihat lihat di Nature Republic store yang berada seberang di Jeju Grand Hotel (kalau tidak salah). Karena di depan Hotel banyak terdapat toko-toko kosmetik, maka aku dan suami coba jalan kesana. Pada malam itu aku nekat hanya mengenakan  jaket, bawahan jeans dan sandal jepit saja. Alhasil setelah keluar dari pintu Hotel, jari-jari kaki terasa beku dengan udara dingin dan hembusan angin yang bertiup…. Fiuh,… kukira udara tidak sedingin yang kubayangkan. Karena ga tahan dingin, so kami hanya berjalan-jalan sebentar saja. Oh ya harga mascara ini 11.000 won jika tidak salah.

Blush on ini merupakan titipan temanku. Kebetulan fotonya ada dan ku upload saja deh skalian. Harga-nya sekitar 5.900 won /pcs. Murah ya…. Aku sudah banyak blush on, jadinya aku tidak membelinya. Sebenarnya sih tertarik, cm daripada mubajir, so harus bisa menahan diri…🙂

Peeling cream ini sebenarnya yang mau kubeli adalah yang bentuk tube. Namun dikarenakan aku tidak menemukan produk yang kugunakan sebelumnya, jadi aku ditawarkan produk ini. Oleh penjaga counter, aku ditawarkan cream satu ini. Teksturnya lebih mirip lotion. Saat dioleskan ditanganku dan digosok-gosokan, eh kulit matinya pada copot (entah kulit mati atau daki ehehe).. akhirnya daripada gak ketemu yang diinginkan, aku beli juga deh peeling cream ini. Harganya 13.500 won. Anyway warna cream itu bukan pink, cm efek foto jadi berubah deh..

Skinfood masker ini harganya aku lupa kisaran berapa. Bon juga sudah tak tau kemana, tapi yang jelas dibawah 100.000 lah.

Bb cream ini kubeli untuk pemakaian pribadi. Aku sudah mencoba bb cream yang ginseng and i love it. Harga bb cream skinfood yang mushroom 13 USD, faceshop ginseng 16 USD, Faceshop yang ungu 19 USD dan skinfood yang kecil 7 USD. Sorry ya aku sesuaikan harga dengan yang tertera di counter, aku membayarnya dengan won, tapi aku tidak tahu dihitung berapa jadinya kalau dalam mata uang won, soalnya bon nya sudah pada hilang dan yang aku ingat hanya harga dalam USD.

Bedak tabur di rumah sudah mau habis, lalu kuputuskan untuk membeli produk the faceshop ini. Aku lebih banyak membeli produk the faceshop selama disana. Harga bedak ini 14 USD. Saat ini sih belum aku pakai bedaknya karena bedak yang lama belum habis. Tapi yang jelas aku cukup menyukai produk faceshop.

PERNAK PERNIK

Bagian ini adalah bagian favoritku. Membeli pernak pernik seperti sendok, sumpit, kotak nasi Korea adalah salah satu incaranku sebelum tiba di Korea. Harganya berkisar dari 1.000 won sampai 10.000 won yang aku beli. Untuk mangkuk nasi nya harganya 2.000 won (aku membeli 3 pcs. Tadinya 1 pcs mau aku jadikan ole-ole, tapi karena mau kupakai untuk keluarga di rumah akhirnya ga jadi deh ahhahaha) , sumpit 5 pasang harga 5.000 won, sendok + sumpitnya 1.500 won / pcs.

Oh ya ada kejadian menyebalkan juga, ada 1 pasang sumpit yang kehilangan sebelahnya. Sayangnya aku hanya ada 1 pasang saja dan sebelahnya hilang oleh pembantu di rumah huuuuaaa… padahal baru 3 hari kukeluarkan sehabis pulang dari liburan, masa sudah hilang, mana sumpit itu lebih panjang dibandingkan sumpit lainnya… ahhhhh kesel setengah mati. Andaikan saja disini ada jual yang sama, pasti hati jadi senang lagi. Kenapa ga yang sama aja sih yang hilang… kenapa harus yang hanya 1 itu yang hilang… huaaaa…… nyesel kenapa ga beli banyakan hiiikzzz   Grrr…… kesellllllllllllllllllllllllll……. hehee *curcol deh.. haha

Sendok dan garpu kecil ini sangat lucu, makanya aku tertarik untuk membelinya. Harganya cukup mahal, ada 4 item seharga @ 3,000 won yang kubeli dan 1 pcs yang paling besar seharga 4.000 won/pcs. Untuk sendok yang digunakan hanya untuk pajangan menurutku sudah mahal. Namun karena aku menyukainya, jadi kubeli juga deh. Belum tentu besok-besok aku bisa menemukan sendok selucu ini.

Harga sendok set ini relatif lah. Untuk 1 kotak (isi 2 pasang sumpit + 2 sendok) yang kotak silver, aku beli seharga 5.000 won dan yang kotak gold, sendok khas Jeju Island (bawahnya ada ukiran patung khas Jeju) harganya 10.000 won. Cantik ya sendok Jeju nya… Aku suka banget degh….

Ini adalah perfume doll bottle… Sepasang boneka ini kujadikan pajangan di rumah. Tadinya niat untuk ole-ole, tapi karena cantik, akhirnya dijadikan pajangan saja deh di rumah. Botolnya wangi juga.. (Ya iya namanya juga perfume doll bottle heheheh….). Oh iya harga pajangan ini 4.000 won / set.

Setelah beberapa bulan majang di lemari rumah, akhirnya perfume doll botol ini diminta juga sama yang nitip. Bukan nitip sih, tapi request dibelikan. Ya karena harga ga terlalu mahal, ya sudah buat ole-ole saja. Tau gitu aku beli 2 pcs deh.

Anting-anting yang kubeli di Myeong Dong. Bentuknya cantik cantik dan menarik, dan yang terpenting harganya murah. Berdasarkan info dari tour guide local disana, di Myeong Dong banyak menjual barang made in China. Tapi sih jika tidak salah aku sempat membaca bahwa ada tulisan made in Korea, makanya kubeli deh ini anting-anting untuk ole-ole dengan harga 1.000 won / set … hehe murah juga untuk ole-ole.

Sarung tangan special yang kubeli di Seorak San yang saat itu masih ditutup salju. Udara saat itu sangaaaat dingin. Sebenarnya kami membawa sarung tangan juga, namun karena sulit mengeluarkannya dari koper kami terpaksa membeli sarung tangan yang dijual di pinggir jalan. Harga sarung tangannya 5.000 won, huuuu mahal juga… padahal kalau beli di abang abang harganya 10.000 saja hehehe… kualitas pun tak jauh beda hahaha…

Pouch / dompet kecil ini kubeli karena lucu. Aku membeli 2 warna : merah dan biru. Yang biru kujadikan ole-ole. Harganya 3.000 won untuk 1 pouch. Pouch ini kupakai untuk menaruh bedak dan eye shadow hehe…

Gantungan kunci ini harganya 5.000 won dan isinya 10 pcs. Bentuknya cantik-cantik deh.

Gantungan kunci ini aku beli di Jeju island. Banyak banget bentuknya, harga satuannya 1.000 won. Sayangnya gantungan kunci ini tidak tahan banting, punya Mama ku jatuh dan pecah gantungan kuncinya… sayang deh… huhuhu….

Sebenarnya aku tidak membutuhkan tissue selama disana. Namun karena kecintaanku pada Korea, akhirnya aku iseng saja membeli tisue ini. Harganya jika tidak salah 5.00 – 1.000 won / pack.

Ada banyak barang yang kubeli dan belum sempat di foto, soalnya sudah keburu di distribusikan dulu hehe… br sampe bandara aja uda ada teman yang nagih ole-ole hehhe… Oh ya aku juga ada membeli sebuah kaos berwarna merah dan ada tulisan Korea and lambang bendera nya. Harganya 10.000 won, bahannya adem dipakai.

Selama disana aku tidak hunting baju dikarenakan tubuh wanita Korea langsing – langsing dan badanku rada melar. Aku hanya ada membeli beberapa pcs kaus murah yang harganya 5.000 – 10.000 won. Yang 5.000 won itu made in China, kalau yg 1o.000 won sih buatan Korea. Harga barang Korea relatif mahal-mahal, tapi jika chingudeul ingin membeli barang asli Korea bisa membeli di Dongdaemun di gedung utamanya jika tidak salah. Harga barang disana hanya bisa di tawar 5 – 10% saja, and jika bisa mendapatkan diskon 20% berarti hebat sekali yang nawar (itu info dari local guide setempat). So jangan coba tawar 50% dari harga yang dikasih ya.. ingat Dongdaemun bukan Mangdu heheh…..😛

Jika chingudeul ingin mendapatkan harga barang yang lebih murah, maka coba kunjungi Myeongdong. Disana banyak menjual barang made in China dan harga relatif lebih murah. Cuma ya kalau dipikir-pikir disini juga banyak barang made in China, so jauh jauh ke Korea sayang juga jika tidak membeli produk asli negara setempat. Ya walau hanya mampu membeli 1 pcs tidak apa-apalah, yang penting ada kenangan selama disana.

CAMILAN 

Upss… kecap ikan ga masuk dalam kategori camilan. Siapa juga yang mau nyamil kecap ikan yang amis? hahaha… tapi daripada ga jelas masuk kategori mana, so aku masukan kesini saja deh…

Kecap ikan ini kubeli saat belajar membuat kimchi. Harganya 4.000 won dan di lotte mart kelapa gading ternyata ada dijual juga. Ahhh capeee deh jauh-jauh dibeli disana, berat juga taunya ada dijual disini hahaa…

Kalau sekilas melihat gambarnya, kukira ini adalah biskuit oreo. Eh ternyata dalamnya coklat bertabur seroihan biskuit oreo. Rasanya seperti toblerone putih + oreo.. enak…. Harganya jika tidak salah 1.000 won.

Coklat khas jeju ini aku beli di Jeju, soalnya di Seoul harganya sudah beda. Dan kalau ke jeju jangan lupa membeli coklat rasa buah ini. Coklat ini merupakan salah satu khas Jejudo. Harga 1 pack 10.000 won dan isinya 4 bungkus. Dalam 1 bungkus berisi 8 potongan coklat. Rasanya ya coklat dengan aroma buah…

Juhi adalah makanan yang banyak dijual di Korea. Baik yang bungkusan atau yang baru diolah. Nah yang aku beli adalah yang bungkusan ini. Harganya 1 bungkusnya 7.000 won. Juhi ini kami beli di toko ole-ole sebelum kami ke airport.

Kalau melihat bungkusannya, kukira ini adalah kacang. Eh ternyata ini permen isi kacang. Karena ga ngerti tulisan hangul jadinya banyak salah beli barang deh.. aku bisa sedikit membaca tulisan hangul, namun tidak mengerti hahaa

Coklat Ghana ini dibeli oleh suamiku untuk ole-ole. Aku sendiri ga mencicipi rasa coklat ini. Coklat Ghana ini aku beli di salah satu supermarket di Korea. Oh ya chingudeul jika ke Korea ikut tur jangan lupa ya mampir ke supermarket sebelum pulang ke negeri tercinta untuk membeli ole-ole seperti permen, coklat, atau snack kecil, soalnya jika ikut tur biasanya chingudeul akan diajak ke tempat khusus yang menjual ole-ole dan harganya mahal-mahal. Ya memang barang-barang yang dijual beda dengan yang di supermaket, tapi ya jika mau lebih berhemat mendingan beli barang-barang kecil di supermaket. Jadinya saat tiba di toko ole-ole chingudeul tidak perlu membeli banyak barang lagi dan barang yang dibeli sebelumnya sudah bisa di packing dulu…😛

Tips :

1. Jika ke Korea, usahakan jangan disaat musim panas, karena disini saja sudah panas. Bagusnya ke Korea saat musim semi (april – mei) atau saat gugur (Oktober – november) saja. Saat musim semi dan gugur, Korea akan dipenuhi bunga-bunga yang indah dan udaranya juga dingin, so asik banget deh jadinya. Dan bagi yang gak tahan dingin, jangan coba-coba kesana saat winter. Soalnya musim semi saja udara sudah sangat dingin, apalagi saat winter and seluruh kota dipenuhi salju, ga kena flu aja uda bersyukur banget.

2. Saat berbelanja di duty free jangan lupa membawa dan menunjukan passport saat membayar, supaya barang kita tidak dikenakan pajak. Jadi lumayan kan bisa hemat sedikit.

3. Saat disana, cobalah berbagai makanan dan cemilan khas sana, soalnya kalau uda balik sini kan kita ga bisa nyobain lagi. hehehe

4. Penjaga toko di Korea tidak seramah disini. Aku ada dimarahin sama penjaga toko saat aku sedang memilih baju dan tanpa sengaja bajunya keinjek (padahal baju itu aku mau beli) dan oleh penjaga aku diteriakan “hei…. hei!!!… dengan muka jutek dan baju yang kupegang diambil olehnya. Lalu aku bilang saja ” i’ll buy this” dan entah apa orang itu ngerti atau tidak, akhirnya dia mundur walau mukanya masih jutek. Untuk kali ke dua, saat di myeong dong aku membeli 2 pcs baju dan ditunjuk-tunjuk untuk ambil plastiknya sendiri. Aku tidak mengerti orangnya ngomong apa, karena aku ga ngerti bahasa mereka. Akhirnya aku coba ambil plastiknya dan tanganku ditahan oleh penjaga kasir dengan muka jutek, lalu dia menunjukan tulisan bahwa kita harus membayar 100 won untuk plastiknya. Aku ga liat disana ada tulisan, lah wong pake bahasa Korea, mana aku ngerti. Sebel juga sih digituin, kita kan ga terbiasa membayar plastik , eh bukannya dibantu malah dijutekin… Tapi karena aku cinta banget sama Korea, jadinya ya sudah, aku tidak mau sakit hati hehehe….. *napunno ajumma* hahaha….

5. Sebelum berpergian, catatlah list barang yang mau dibeli dan ole-ole untuk siapa saja yang harus dibeli. Dengan begitu kita tidak akan membeli barang secara berlebih dan mubajir.

6. Siapkan uang won secukupnya, jika menukar uang dengan kurs disana harganya sudah cukup berbeda.

Sekian dulu review tentang tips dan sedikit harga barang di Korea. Siapa tau chingudeul ada rencana mau ke Korea dan kalau belanja kan kadang kita ingin tau harganya dulu, kalau tidak jadi beli tidak enak jika sudah menanyakan harganya hehee.. Jadi dengan sedikit mengetahui kisarannya, jadi saat nanti chingudeul kesana sudah ada persiapan sebelumnya… Oh ya kalau ada yg mau ke Korea mauu titip dunk belikan sendok dan sumpitnya hahaha….

Untuk harga makanan dan camilan lebih detail lagi.. chingudeul bisa melihat di bahasan mengenai kuliner di Korea. Tapi dikarenakan kami mengikuti tur, untuk makanan rata-rata sudah termasuk dalam paket tur nya, jadi saya tidak mengetahui harganya. Tapi untuk beberapa harga camilan bisa di cek disini :
https://shinhyoaeippeo.wordpress.com/2012/04/13/wisata-kuliner-di-korea/

81 Responses to “Jajan dan belanja di Korea”

  1. Choi October 23, 2012 at 10:00 pm #

    Mbak, bawa banyak kosmetik gitu pas di bandara ga di tahan?
    Apa mungkin krn bentuknya bukan cairan?

  2. Shin Hyo Ae October 24, 2012 at 4:11 am #

    @ Choi : aku taruh di bagasi, bukan di kabin, Jadi ga masalah.
    Kalo yg kosmetik, minuman, sendok, garpu. ga blh masuk kabin, jadi harus ke bagasi.

    • Choi October 25, 2012 at 7:33 am #

      jadi walaupun bentuknya ada cairan (kosmetik/kutek/parfum) kalo dimasukin ke bagasi gpp ya?
      oh ya, kalo pake tur dikasih banyak waktu buat belanja gak? hehe

      • Shin Hyo Ae October 25, 2012 at 8:11 am #

        Kemarin ak bawa kosmetik, kutek, toner/pembersih wajah gak apa2 bahkan sabun cair ak juga ada bawa di bagasi. Di Korea ga smua hotel menyediakan sabun, sikat gigi, odol. Ada beberapa Hotel yg menge-charge pemakaian sabun, sikat gigi dan odol. Jadi lebih aman sih bawa sndiri peralatannya.
        Pas aku nginep di Jeju Grand sih smua peralatan mandi di charge tapi saat nginep di standford HOtel perlengkapan mandi free.

        Kalau pakai tur tergantung dimana aja rutenya, tapi biasa akan dikasih waktu belanja. Waktu aku pakai bayu buana aku ada mengunjungi 3-4 tempat perbelanjaan malah. Waktu yang diberikan terbatas, palingan 2 jam maksimal, jadi ga seruh deh untuk belanja sebentar gitu.

  3. iqbal March 12, 2013 at 1:16 am #

    wah jadi pengen juga kesana deh belanja belanja hihihi~
    beneran tuh masa penjaga tokonya galak galak sih -.- atau mungkin budaya orang sana kali yak agak sedikit galak -..-

    oya mau tanya nih budget total kesana brp habisnya? ^^~
    and nice post lho~

    jsyfl1113.blogspot.com

    • Shin Hyo Ae March 12, 2013 at 9:57 am #

      Lebih tepatnya sih mereka krg ramah, atau kebetulan pada hari itu aku nemu penjaga toko yang rada unfriendly jg kali ya ahhahaha😛
      Wah kalo kesana pastinya senang deg belanja2 karena barangnya bagus2 dan kosmetiknya murah dibanding disini… dan banyak dpt sample jg hahaha…..

      Budget seorang untuk travel skitar 1200 – 1600 usd tergantung kamu ambil turnya kemana aja. Kl ga pake jeju island biasa lebih murah.

  4. Ocvitha chevrynna April 27, 2013 at 8:32 am #

    Haloo mba.. Ini beli kosmetiknya di daerah mana yaa? ^^

    • Shin Hyo Ae April 27, 2013 at 8:48 am #

      Hi…
      Kalau untuk kosmetik dalam post ini aku beli pas tahun lalu jalan2 ke Korea.
      Disana banyak banget toko2 kosmetik, jadi kl pas ke Korea pasti akan mudah cari toko kosmetik.
      Tapi di Jakarta juga sudah banyak kok kosmetik Korea yang dijual, spt etude, vov, faceshop, skinfood, dan belakangan nature republic dan tony moly juga sudah mulai masuk di Jakarta.🙂

  5. violinovi June 9, 2013 at 8:44 am #

    Maaf mau tanya, saya kebetulan ada sodara lagi di Korea
    Lalu byk temen” sm sodara mau ttip kosmetik ke dia..
    kira2 kalau ditotal bs 1jt lebih (Rupiah)
    ada masalah ga ya di airportnya ? ga akan ditahan or suruh bayar bea cukai?
    thanks for your help !🙂

    • Shin Hyo Ae June 11, 2013 at 4:35 am #

      Biasanya kosmetik yg masuk ke kabin tidak boleh bentuk cair, jadi yg cair harus masuk ke bagasi. Jadi biar nanti ga ribet, kl bentuknya cair lebih baik sih ditaruh di bagasi saja supaya ga ada masalah juga.

      Di airport sih ga kena biaya lagi pas terakhir aku belanja kosmetik. Dan aku pernah sih titip teman belikan masker aga cair gt pas dia ke Korea dan dia bawa ke kabin,karena ada pemeriksaan jadinya maskernya sampe ke aku sudah dalam kondisi kebuka segelnya. Tp barang yang lain sih tetap aman dalam kondisi segel blm dibuka.

  6. viana December 30, 2013 at 5:18 am #

    Mba, sendok garpu kecil-nya yang tangkai panjang kir-kira kalau di rupiahin harganya nerapa.? terus mba minta jual ga.? hehe

  7. Shin Hyo Ae December 31, 2013 at 3:01 am #

    Sendok garpu yang kecil2nya harga ada yg 3000 and 4.000 won, kurs waktu aku sih di kalikan 8.4 jadi kisaran 25rb an sampe 30rb an per pcs.
    Itu ga dijual hahaha… ak malah kalo ada yg mau ke korea lagi aku pengen titipin beli lagi.

  8. Nayla March 18, 2014 at 3:12 am #

    mbak, aku tgl 2 april besok kan ke sana pake bayu buana jg…enak gk sih mbak?,,,eh trus klo belanja nawarnya pake kalkulator blh gk?hihihi, trus urusan visa gmn?aku deg2an nih soal visa.

    • Shin Hyo Ae March 19, 2014 at 5:39 am #

      Bayu Buana sih bagus pelayanannya dan Hotelnya juga oke kok….
      Disana sih belanja aku ga nawar, soalnya ga bs bahasanya juga kan tp kl beli kosmetik better pas di duty free nya saja n tinggal tunjukan passport jd kita ga akan dikenakan pajak.
      Kalau visa kan diurus sm travel biasa sih kmgknan besar ga masalah hrsnya, soalnya mrk yang jamin kamu ksana unt wisata bkn unt kerja… setau aku sih bgitu ya,. smg membantu infonya

      • Nayla March 20, 2014 at 8:21 am #

        oke,,makasih atas infonya..eh sempet ke namsan tower am hangang river gk?Pengen ksna..hihi..klo stlh balik dr hotel trus acara bebas kn?jd blh kluar sndri gk?hehe…maaf ya aku bnyk nanya,,,

      • Shin Hyo Ae March 21, 2014 at 7:52 am #

        Wkt aku ksana aku ga ada rute ke namsan or hangang sih😦
        Setelah balik Hotel acaranya bebas, cm krn uda cape n ribet bahasa n taksi mahal jdnya abis balik hotel aku cuma jalan2 di skitaran Hotel lihat2 toko2 kosmetik dan supermarket nya aja yg bs dituju dengan jalan kaki. Wkt rombongan aku sih pas malam ada yang ke Dongdaemun, kl ga salah disana buka sampai pagi jadi mau pergi malam2 belanja masih bisa aja.

        Hehe ga apa kok slm infonya bs aku share no prob kok🙂

  9. dwi April 2, 2014 at 1:27 am #

    Mba aku mau tanya..lebih enak pake tour travel atau ngga ya? Rencana sih mau ke korea tanpa tour travel biar lebih leluasa aja jalan2nya..hehe

    • Shin Hyo Ae April 2, 2014 at 10:30 am #

      Kalo mnrt aku sih pakai tur n ga ada kelebihan masing2.

      Kalau pakai tur enaknya :
      * nga ribet nyari hotel n kendaraan bt kemana2 dan ga usa ribet bawa2 koper di transportasi umum saat mau pindah2 Hotel. Pindah Hotel pastinya bakal bawa2 koper.
      * Ga usa pusing tanya jalan, karena orang Korea jarang yang bs berbahasa Inggris.Ada tour guide yang akan membawa kita jalan2, jadi ga akan nyasar and bs hemat waktu bt cari2 jalan.

      Ga enaknya pakai tur :
      * Ga bisa menentukan lokasi yang mau dikunjungi, jadi tempat yang ingin dikunjungi saat disana ga bs kita kunjungin.
      * Biaya lebih mahal pastinya.
      * Jam yang sudah ter-schedule rapih dan jika ada peserta yang terlambat maka 1 team akan ikut terlambat jadwal perjalanannya.

      Kl saran aku sih karena penduduk Korea jarang yg bs berbahasa Inggris, so enaknya sih ikut tour. Tp jika mau tidak menggunakan jasa tur bisa coba membuat perencanaan yang matang dan coba googling aja, banyak juga yg ke Korea tanpa ikut tur kok, tp yg pst harus mengumpulkan banyak informasi dl sblm brangkat.

      • Dwi April 6, 2014 at 7:19 am #

        Makasih mba jawabannya lengkap bgt…hihihi
        Aku mau tanya lagi ya mba
        Rencana aku mau kesana masih lama sih akhir agst-sept..kira2 lebih bagus bawa uang won dari sini atau tukar won di korea?

        Trus aku juga rencana mau belanja sepatu n baju banyak disana *mumpung dikorea* hehehe kira2 kena masalah di cukai ngga ya???

      • Shin Hyo Ae April 7, 2014 at 8:17 am #

        Hehehe senang kl bs membantu wl cm sekedar brupa informasi🙂
        Kalo bdasarkan pengalaman aku sih bagusan tukar dari Indo aja. (Soalnya ak pk tour ya jd ga ada waktu buat ke money changer).
        Pas aku disana sih tour guide ada menawarkan untuk menukar uang melalui mereka tp harganya jadinya jauh lebih mahal ratenya. So better sih km prepare dr Indo aja.

        Kalau untuk mslh bea cukai aku kurang mengerti sih. Tp disana harga baju n spatu cukup mahal jdnya aku ga bs beli banyak, aku lebih banyak beli kosmetik dan ga ada masalah sih disana🙂
        cuma ya kosmetik n blanjaan lainnya dll ga dibawa ke kabin.

      • Dwi April 14, 2014 at 11:11 pm #

        Mba sempet naik subway/bis nya gitu ngga? Brpaan ya ongkosnya?

      • Shin Hyo Ae April 15, 2014 at 3:11 am #

        karena aku ikut tur jd ga bs naik subway and jdnya kami naik bus yg sudah di sdiakan dari tour n travel nya deh.

  10. meiliana April 26, 2014 at 5:46 am #

    saya sangat terbantu dengan adanya post ini, Jadi udah ada bayangan mengenai perkiraan harga sama perilaku orang sono hahahaha. Kosmetik korea cocok ga sih dengan kulit kita yang iklimnya tropis? mumpung murah kan pengen beli agak banyak

    • Shin Hyo Ae April 27, 2014 at 2:22 am #

      Wah senangnya kalau bs membantu hehehe…
      Kl cocok or ga sih tergantung kulit masing2 ya… Tp rata2 kosmetik korea kan banyak dijual di Indonesia, jd harusnya sih cocok2 aja ya.
      Iya kosmetiknya jauh lebih murah dibandingkan yang dijual disini.
      wah seruh deh kl hunting kosmetik…. *jd pengen kesana lg*

  11. meiliana April 26, 2014 at 5:48 am #

    oh ya kalau tas dan sepatu nya bagus-bagus? harga relatif ya? sori ya banyak pertanyaan. abis namanya perempuan pasti merem melek ama yang namanya kosmetik, baju, sepatu, tas, aksesoris, hehehe

    • Shin Hyo Ae April 27, 2014 at 2:29 am #

      Kl produk korea sih pastinya bagus2, apalagi baju2nya… tp sayangnya harga2nya tidak terjangkau😛
      Kl untuk yg murah kalau ga salah ada di Myeong Dong tp rata2 banyakan barang China, ga asli Korea. Yg yg asli katanya sih banyakan di Dongdaemun.
      tahun 2012 Di Myeongdong ak ada beli baju dengan harga 5000 won atau skitar 45.000 saja (dulu kurs msh 9 rupiah). Tp kalau di dongdaemun pernah mau lihat jaket bagus tp sayang harganya sudah 100.000 won keatas ( 1 won sekarang = skitar 12 rupiahan) dan ada teman 1 tur yg mau beli tas simple banget tp harganya sudah 4jutaan kl ga salah hahaha.. jd pd ga jd beli.
      Tp ada juga kok bbrp toko murah yg jual baju harga 10.000 won di dongdaemun. Nah cm asli korea atau ga produknya sih ga tau ya… Hrs rajin muternya sih. Krn km pny waktu terbatas ya jd ga smpat ngunjungin banyak toko deh…

      * Aku senang bs share pengalaman, jd kalau mau ada yg ditanya ya silahkan aja jgn sungkan. slm bs dibantu pst aku bantu*

      • Nayla April 28, 2014 at 5:40 am #

        Mau ikut share aja, saya kemarin habis ke korsel tepatnya tgl 2 april kemarin, kurs rupiah thdp won skrg kan 1 won = 12 rupiah, trus harga2nya sudah pd naik smua mbak shin hyo ae, kemarin sy muter2 myongdong nemu baju plg murah 10.000 won jd klo d kurs in sih 120.000 rupiah, trus kosmetik jg kn hargany usd, sdngkn wktu sy tuker usd msh d kurs 11.860, sy bli BB Cream face shop hargany 17 usd klo d kurs in jd 200.000 rupiah, jd sebenarnya untk tahun ini harga2 brg dn kosmetik d korea jg tdk bs d blg murah…hehe..skian info dr saya…trima ksih.

      • Shin Hyo Ae April 28, 2014 at 10:08 am #

        Thanks banget update nya Mbak Nayla….

        Ak akan update kembali data aku diatas. Soalnya saudara aku ksana tahun lalu msh 9 rupiah sih.
        Kl baju n tas or spatu memang mahal2, jrg ada yg murah. Kl aku kebetulan bisa nemu baju yg harga 5.000 won saat itu.

        Untuk kosmetik knapa ak bilang murah, itu maksudnya jika dibandingkan dengan yang di jual di counter di Indonesia harganya jauh lebih murah.
        Misalnya spt etude bb cream aku beli dengan harga dibawah 150rb tp di counter sini bisa dijual 370rb an.
        Maksudnya murah itu begitu loh hehehe…

        Anyway skl lagi thx ya buat infonya n masukannya.

  12. Nayla April 28, 2014 at 3:48 pm #

    Hehe…iya setuju saya, lebih murah kalo dibandingkan counter aslinya yg ad di Indonesia…tp pake bayu buana puas bgt saya, nginep di seoul dapet Novotel….de el el oke lah meskipun agak dikejar2 sama waktu, lain kali kalau mau ksna lagi kabar2 ya Mbak Shin Hyo Ae..hehe..

    • Shin Hyo Ae April 30, 2014 at 5:16 am #

      Hahaha dalam waktu dekat sih blm ada rencana keluar negeri lagi, apalagi Korea karena budgetnya jauh lebih mahal. Tapi kepengen lagi sih balik ksana lg tanpa ikt tur spy bs mengunjungi tempat2 yg blm pernah dikunjungi… wahhh kapan yaaa bs kesampaian? hahahah

  13. meiliana April 29, 2014 at 12:03 pm #

    ohhhhh, wah kecewa nihhhh, hehehehe. tapi komabsumida onnie atas info nya. jadi kosmetik harganya dollar tapi nanti tetep kita bayar won ya? aduh ribet ya. oh ya kalo bulan depan, bulan mei itu udaranya ga dingin kan? kan biar ga saltum. trus kalo di jeju itu kita ga maen air kan? oh ya satu hal yang penting buat saya, toilet nya bersih ga? bayar ga sih? mudah dicari?

  14. meiliana April 29, 2014 at 12:14 pm #

    trus kenapa kosmetik mereka jualnya dengan usd, bukan won?

  15. Nayla April 30, 2014 at 5:12 am #

    Buat Mbak Meiliana:
    1. Kmrn sy d awal april suhu msh 2-10 derajat C pdhl udh musim semi, tp klo bln Mei harusny sih udh hangat, mngkin 15 derajat C keatas, tapi klo orgny g betah dingin mnding jaga2 aj bawa baju hangat drpd udh jauh2 nyampe korea eh d sna sakit kan gk asik jg,,hehe.. tp jgn yg ad bulu2ny ya…takut saltum jg..hehe..trus kalo d Seoul itu anginnya lbh kenceng jd kerasa lbh dingin
    2. Semua toilet yg prnh saya temui wktu d korea adlh toilet kering, jd bawa tissue basah bagi org Indonesia wajib hukumny, soalny klo cm pake tissue kering kn gmn gitu…hehe, klo toilet sih rata2 mudah d cari.
    3. Harga d duty free, atau d counter asliny smua pake dollar mngkin sasaranny para turis kali ya, tp klo kita gk pny USD bisa d kurskan k won 1 USD=1050 won (semoga kursny tidak brubah pas bln Mei), menurut pengalaman saya lebih baik dr Indonesia skalian bawa won sama USD, tapi pake kartu kredit atau debit yang VISA atau Mastercard jg bisa (klo pake kartu, kurs thdp rupiah jatuhny jd lbh murah..hehe)
    Sekia dari saya…semoga membantu..

    • Shin Hyo Ae April 30, 2014 at 5:20 am #

      Thx mbak Nayla buat infonya… Helpful banget🙂
      sering2 sharing juga ya disini supaya pembaca lainnya jg jdnya bisa dapat banyak update terbaru ttg trip ke Korea.
      wl blog ini aku yg mulai, tp siapa aja boleh sharing pengalamannya kok dengan bebas, sok hayooo silahkan …..

      • Nayla April 30, 2014 at 9:01 am #

        Maaf mbak Shin Hyo Ae, saya kasih info ke mbak meiliana belum ijin dulu sama yg punya rumah…btw trima ksih ats kebijaksanaannya,,,lain kali saya ijin dulu sm empuny…hehe,,,mian hae unnie…:)

      • Shin Hyo Ae May 1, 2014 at 5:07 am #

        Mbak Nayla… gpp kalee sriusan loh…
        Ak malah senang ada yg bs share disini…
        Hmmm…. ga usa ijin kali… bneran hahaha…
        hadooo Ak ga mskd nyindir atau apa loh, cm mengutarakan apa yg ada di pikiran, n itu tulus lohhh…. hahaha *Bneran ga boong, kl boong ak rela di kiss ama Lee Dong Wook* wakakka mupenggg

  16. meiliana April 30, 2014 at 11:32 pm #

    ouwwww kamsahamnida onnie, aku ga sukaaaa dingin, bikin flu. dan soal toilet, gratis ato ada yang kudu bayar? onnie, aku juga pengen bli kosmetik, tapi saking banyaknya merk, searching di internet malah jadi bingung, bantuin donk, aku tipe kulit berminyak, ada noda item di pipi, pori-pori besar di deket idung, tapi ga berjerawat, kira-kira buat aku rekomendasinya bb cream ato cc cream nya ambil produk mana? trus onnie, gmana tuh cewe-cewe sana, kinclong-kinclong? duh jadi minder, takut disana dipelototin hehehe. onnie difoto pake hanbook juga? uhhhhhh aku kebanyakan nanya ya kaya kereta api. biar ya onnie, abis rame sih ngobrol di blog onnie. dan aku sebel banget, semua paket tour di awal dan akhir tidur di pesawat (gigit jari). onnie crita dunkkkk rutenya kemana aja, ntar aku samain sama rute yang bakal aku kunjungin. sarangeyooooo onnie

    • Shin Hyo Ae May 1, 2014 at 5:12 am #

      Mbak Nayla plis share,…
      Aku jg pengen tau dunk rute2nya and andai kl bs share foto lbh seruh hehehe..
      Mbak Nayla bikin dunk thread tentang trip ke Korea nya ….🙂

      • Nayla May 1, 2014 at 9:16 pm #

        Maaf, baru balas….Beneran kok Mbak, sy bener minta maappp bgt..hehe…kalo rute sih sy tanpa jeju, mngkin krn pake bayu buana sbagian besar bs jd sama kyk rute Mbak Shin Hyo Ae Itinerary saya: Nami Island, Mt. Sourak, Shinhungsa Temple, The Great Bronze Statue, Gwongumsung Fortress, Everland Theme Park, Dongdaemun, Myeongdong, Gyeongbok Palace, National Folklore Museum, The Blue House, KIng Sejong & Kim Yu Shin Statue (ini sih sy jalan2 sendiri pas free time) etc. Iya mbak nanti secepatny sy buat,,hehe,,,tp kykny gk se komplit yg d tulis Mbak Shin Hyoa Ae, soalny yg oleh2 pd gk sy fotoin..hehe

      • Shin Hyo Ae May 5, 2014 at 12:59 pm #

        yaa sayang banget mba ga ke jeju..smoga next time kita bisa balik lg kesana ya “ngarep banget” hihihi

  17. meiliana May 1, 2014 at 7:31 am #

    shin hyo ae onnie, minta rekomendasinya ya buat kosmetik hehehe. kamsahamida

    • Shin Hyo Ae May 1, 2014 at 8:32 am #

      Hi Mei…
      Kl untuk kosmetik ak lebih prefer ke etude or faceshop, karena misalnya kl stock habis disini lebih mudah beli lagi. Kbtlan kulit aku lumayan badak, jadi pakai apa aja jarang berjerawat, cm yg problem di mata kering jdnya ak sudah aga jrg make up an skrg. Nah cm kan kembali ke wajah masing2 n cocok2an…

      Sorry kl kosmetik aku krg expert.. ak cm hobby aja, tp blkgan jg jrg make up an krn mataku kering n kl pake make up pasti mata lgsg perih, jdnya lbh banyak tampil natural walau muka aga kucel.
      Oh ya kl untuk kosmetik km coba deh visit http://naomiaria.blogspot.com/ itu website temanku yg khusus bahas ttg kosmetik. Dia banyak skl mereview kosmetik yg bagus. Coba tanya2 deh sama dia hahah soalnya ak suka tanya juga ke dia hehehe…
      * Kl tanya ttg makanan, pasti aku bantu deh hehehe… *

      Cewe korea rata2 emang pada kinclong2 karena disana udara nya bersih n seger, ga panas kaya disini. Jd wajar kalau kulit mrk pada kinclong. Yang terpenting adalah PD aja, jangan perduli mrk mau pelototin kita atau ga, toh bsk2 blm tnt kita ketemu mereka lagi hehehe, jadi cuek aja and ga usa pusing. Kamu lebih putih n mirip org Korea kulitnya (aku intip foto km soalnya hahaha) hrsnya km ga usa pusing sama penampilan, aku aja yang kulitnya sawo matang ga sampe di pelototin kok hehehe…
      Untuk rute coba lihat di https://shinhyoaeippeo.wordpress.com/category/traveling-jalan-jalan-yukkkk/a-yeeeay-seoul-korea-selatan/
      kalau mau lebih detail coba km kasih alamat email kamu nanti aku forward ke kamu dl aku punya schedule, aku masih save data2nya kok

  18. meiliana May 1, 2014 at 11:15 am #

    Anyonghaseo onnie, oh ok nti aku mampir ke alamat tadi. Wew bakal tambah bingung nih. Onnie foto pake hanbook juga? Koq ga ada foto nya? Makanan juga hayu kita ngobrol hehehe,aku juga doyan makan. Aku udah incer tuh pocky hijau ama coklat ama mochi yang isi coklat ya kalo aku ga salah. Trus aku juga incer perfume botol, trus dompet merah itu bentuk fisiknya ga keras ya, tapi lucu bandul tengahnya, korea buangetttt hehehe. Duh onnie jadi laper mata nih. Aku pake fortune travel, lagi ada paket skalian ke jeju. Cuma ya ga ke han river. Rute nya nti aku liat dulu di katalog ya onnie. Oh ya email aku m3isapi@yahoo.com kamsahamida onnie

    • Shin Hyo Ae May 5, 2014 at 1:08 pm #

      ada foto pake hanbook..cuman fotonya jelek..ga tau orangnya yang jelek atau hanbooknya yg jelek hehehehe….

      wah inceran kamu banyak ya…pocky yg hijau itu enak. mochinya juga oke…jangan lupa beli kue ikan yg isinya kacang merah ya..kalo dompet merah itu bentuknya hanya kain biasa,dulu sih kalo ga salah harganya 3000 won belinya di toko oleh2 di dong dae mon…penjualnya bisa bahasa indonesia..hehe

      aku juga ga ke han river kok..btw jangan laper mata..awas kantongnya bolong pas balik indo..hehe..untuk rutenya nanti aku email ya🙂

  19. ninditya putri May 1, 2014 at 5:25 pm #

    Waah makasih bnyk ya mba info nya. Aku ada rencana mei tanggal 11-16 kesana. Menurut mba pakaian yg cocok buat disana kaya gmn ya mba? Soalnya kan katanya udh mulai hangat tapi tetap dingin menurut kita heheh. Terus yg kedua kira2 budget untuk belanja kesana berapa ya mbaa? Hehhee makasiiihh🙂

    • Shin Hyo Ae May 5, 2014 at 1:03 pm #

      tetep harus bawa jaket si..buat jaga-jaga..udaranya sih ga menentu kadang dingin banget kadang dingin biasa tergantung lokasi juga. waktu itu si yang paling dingin ke mt.sorak..oh ya jangan lupa bawa sarung tangan juga ya soalnya kalo beli disana mahal.
      kalo belanja si aku si aku budgetin sekitar kurang lebih Rp.10 jt dan yang pastinya itu buat jaga-jaga..tp ga abis smua sih ^^ karena aku juga ga belanja banyak ( tas, ginseng, sepatu, madu itu semua aku ga beli) beli bajupun hanya yang 5000 – 10.000an won sisanya rata – rata kosmetik dan makanan kecil smua hehe.

  20. meiliana May 6, 2014 at 6:02 am #

    Onnie, mianhamida. Baru buka intet. Inceran banyak, tapi duitnya ga banyak wkwkwk. Oh oke oke, rekomendasi onnie udah nempel di otak kaya perangko, udah hafal ampe warna nya, termasuk si pocky ijo unyu unyu. Ouw kue ikan so pasti onnie. Onnie itu semua expire nya lumayan lama kan? Kaya mochi itu kuat dibawa ke indo? Aku juga udah masuk ke blog naomi, wow penyuka kosmetik ya. Kulitnya putih banget. Kamsahamida onnie

    • Shin Hyo Ae May 11, 2014 at 3:42 am #

      wah ga perhatiin expirednya soalnya cuman berapa hari udah abis dan dibagi2 juga ke kerabat2….heehehe iya naomi emang khusus membahas kosmetik dan terinspirasi dari gaya jepang dan blognya juga menarik kok 🙂

  21. meiliana May 22, 2014 at 11:43 am #

    Anyonghaseo onnie, aku udah brangkat kemaren 9 mei, pulang 15 mei. Puas buanget soalnya dapet barangnya lumayan wkwkwk. Aku dapet tour guide nya han ji on onnie, dia baik, fasih buanget ngomong indo nya, dan dia jelasin dgn teliti sekali, sampe soal plastik harus bayar 100 won juga dijelasin hehehe. Kesan nya wuah bener deh pengen ya kesana lagi. Makanan juga enak, yang ga enak cuma harganya doank wkwkwk

    • Shin Hyo Ae June 7, 2014 at 9:56 am #

      Wahh… asiknya,.. share dong foto2nya🙂
      Iya tour Guide nya bisa bahasa Indo wala aga2 pelo2 gt hehehe.
      Iya makanan enak, yg ga enak cm harga n ga bs komunikasi jd ga seruh hehehe…
      Krn pd mahal2 n cm bs ngeliatin jd mupeng deh hahaha

  22. tifani May 23, 2014 at 7:14 am #

    Sis kalo belanja kosmetik dan oleh2 banyak gitu dari Korea, bermasalah sama bea cukai indo ngga ya? Kan aku rombongan 40 orang, klo dipisah2 kedalem koper2 gt gpp kali ya?

    EH iya sis, nanya lagi nih, kalo bayar misalnya bli kosmetik di THe face shop paka kartu kredit (Visa) ratenya gmn ya? tinggi apa ngga ya?

    • Shin Hyo Ae June 7, 2014 at 10:04 am #

      Hi Tif..
      Unt belanja banyak ak krg tahu deh bermasalah ga dengan bea cukai-nya.
      Kl unt di kabin yg jelas ga blh bawa produk cair, mgkn jika di bagasi boleh kali ya… (MUNGKIN…)..

      Kl aku slm disana kbnykan sih pakai tunai. Tp dari pengalaman teman yg pernah kesana tahun 2011 lalu sih menggunakan visa ternyata rate lbh rendah. Tapi itu kondisi bbrp tahun yg lalu ya, kl skrg aku juga engga tahu,
      Sorry ga bs bantu banyak ya😦

  23. Ciara May 29, 2014 at 2:32 am #

    Nggak salah 1 won = Rp. 8.400 – 9.000? Mungkin maksudnya 8,4 – 9 rupiah ya sis?

    • Shin Hyo Ae June 7, 2014 at 9:57 am #

      Mksdnya 1000 won dl setara dengan 8400. kalau skrg sudah diatas Rp. 10.000an per 1000 won nya

  24. Explorer Guidebook June 3, 2014 at 12:37 am #

    Ke Korea emang wajib deh belanja😀, terutama kosmetiknya :)). Tapi sendok garpu dan sumpitnya juga lucu2 terutama yang Jeju punya. Oke banget mbak postnya, dan lengkap banget belanjaannya, heheh

    • Shin Hyo Ae June 7, 2014 at 10:01 am #

      Iya tp sayang krn dana terbatas ga bs belanja puas hahaha bnykan liat2 brg-nya aja tp ga bs beli hahaha😦
      Sendok emang lucu2 sih, ak memang kepengen koleksi sendok Korea.. cm krn berat ga bs beli banyak2 deh…
      Thx

  25. nenengyulianty June 11, 2014 at 1:33 am #

    Agustus nanti saya ke Korea Selatan, info ini lumayan bantu saya yg belum apa-apa dah di todongin oleh-oleh. thanks

    • Shin Hyo Ae June 20, 2014 at 10:58 pm #

      Ke Korea pas Summer sayang dong ga bs menikmati udara dingin disana.
      Kl ole2 pilih kayak gantungan kunci atau gantungan HP aja biar budget ga bengkak🙂

      *Tips : next time kl mau berpergian ga usa info ke teman2 spy ga di todong hehehe… Aku wkt ke Sing ga info ke temen2 juga jd ga di titip atau todong ole2 hehehe… Jd cm bli ole2 bt family aja deh

  26. fitri October 9, 2014 at 5:16 am #

    oenni..makasih infonya membantu sekali..Insha allah tgl 20 oktober nanti aku ke korea🙂 baca2 review para blogger ada yg namanya toko korea indonesia di dotta mall lantai 5..katanya termasuk murah2..oenni tau kah tempat itu? kalau mau beli sumpit unyu2 itu dimana y oenni? senang baca blogger oenni..terima kasih..maaf kalau banyak tanya🙂

    • fitri October 9, 2014 at 5:20 am #

      maaf maksudnya senang baca blog oenni hehehe

      • Shin Hyo Ae October 9, 2014 at 6:07 am #

        Hi fitri.. thx da mampir ke blog aku ya…
        Wah asik deh yang mau ke Korea…
        Memang ada toko souvenir sih di Doeta tp ak ga ingat percisnya dkt mana, nah penjaga tokonya itu bs bahasa Indonesia yg pstnya.
        Harga sendok sumpit ada yg mahal n murah, dl pas jaman aku sepasang sendok standard bgt ada yg 1000 won saja and yg aga bagusan harga 1500 won and ada juga sendok yg 1 set isi 2 harga 10.000 won, dll. Ada juga toko lain yg jual sendok n garpu kecil harga 3000 smp 4000 won yg aku beli, lucu2 deh pokoknya kl uda liat pst pengen beli smua hihihi🙂 kbtulan pas jalan aku liat ada sendok kecil di pajang and lggs beli deh beberapa biji buat koleksi.

        Smg membantu ya infonya

  27. fitri October 10, 2014 at 3:11 am #

    makasih udah di jawab oenni…oenni belanja2 itu di dongdaemun apa yang namdaemun? ngiler banget lihat sumpit sama sendok yg unyu2 ada smilenya🙂 aih g sabar pingin kesana ><..oenni aku baca blog makananny ayam yg ada gingsengnya bikin penasaran kmrin mampir kemana y oenni?
    kira2 perlu bawa jaket tebal g ya oenni buat si kecil coz kan lagi autumn

    kamsahamnida oenni

    • Shin Hyo Ae October 10, 2014 at 3:31 am #

      Kl kosmetik dan sendok sih ak blanja di dongdaemun.
      Smg bisa ktm sendok kecil yg ada mr. smile nya ya soalnya ak jg kbtlan bgt ngeliat n lgsg naksir n beli deh..
      Kl tempat krn ak ikt tour jdnya ak ga ngerti daerah mana, udah lupa juga soalnya da 2 tahunan yg lalu. Btw ayam ginsengnya rasanya biasa aja kok spt sup ayam cm dalamnya ada nasi hehehe, cm ya bedanya lbh sehat aja sih krn ada ginsengnya tp aga pahit jd ga aku makan ginsengnya…
      * untk jaket sebaiknya sih di bawa ya soalnya musim gugur kan sudah cukup dingin, apalagi buat anak2 kl sampe sakit (pilek or demam) kan jadinya jalan2nya ga seruh & ga maksimal. Jgn lupa bawa obat juga bt persiapan/jaga2. Bawa botol minum yg kosong jg biar bs hemat ga usa beli air tp tinggal isi aja dr kran air yg bs di minum hehehe (eh lengkap amat kl da crita ya hehehe yg ga ditanya jd di bahas jg wkakaka)

  28. Rafly Yong Hwa November 17, 2014 at 11:51 am #

    kakak , barang ini di jual yah

  29. Rafly Yong Hwa November 17, 2014 at 11:52 am #

    kalau di jual aku pengen beli

    • Shin Hyo Ae November 22, 2014 at 7:17 am #

      Sorry ga di jual🙂 soalnya buat koleksi pribadi

  30. Aurelia Mitha May 5, 2015 at 9:14 am #

    ijin share y say..

  31. Odie May 11, 2015 at 2:22 am #

    sis,kalau ada online shop jual etude dengan harga lebih dari stengah kali nya dari yang di counter mall , kira” barangnya emang ori ambil dari korea atau barang KW gt ya? jd kalo di counter jualnya 448rb , nah ini di online cuma 175rb, gmn ya kira”, ? kalau tau online shop produk etude share dong :3 thankyou

  32. theresia^eCha May 20, 2015 at 3:19 pm #

    Hi Shin Hyo Ae,

    Thank you for sharing belanjaan kmu (:
    Btw kl Juni suhu di Korsel msh sejuk ga yahh. Mnurut kmu??
    Soalnya awal Juni sy mw plesir ke sana.

  33. realonyu June 7, 2015 at 5:30 am #

    g sengaja nemu, blognya keren eonnie^^
    bener banget eon, harga di sana jauuuh lebih murah dari di sini TT

    ” nyesel kenapa ga beli banyakan hiiikzzz Grrr…… kesellllllllllllllllllllllllll……” <—- RT garis keras eon. nyesel banget dulu ngga beli oleh-oleh banyak TTwTT

    • Shin Hyo Ae June 8, 2015 at 4:54 am #

      Thanks ya…
      Iya, kl aku nyesal ga beli pernak perniknya banyakan.. Sendok2 n sumpit, and yg paling kesel ga keinget unt cari sendok kayunya😦
      Kapan ya bs kesana lagi? hahahha….

  34. mira diantari January 8, 2016 at 3:59 am #

    mb shin hyo ae permisi sy mau numpang nanya, untuk akomodasi ke korea pake tour apa pada saat itu? dan tour guidenya org lokal dari indo apa orang korea yang bs berbahasa indo/english? thanks ^^

    • Shin Hyo Ae January 8, 2016 at 5:13 am #

      ak pk bayu buana, pelayanannya bagus n hotel jg oke. Tour guide ada yg lokal n ada jg yg org korea bs berbahasa indo. Jd ga pusing deh soal bahasa.

  35. Homestay Dieng November 15, 2016 at 3:53 am #

    asyik nih,, oleh olehnya bagi dong kak heehe

    • Shin Hyo Ae November 15, 2016 at 6:20 am #

      itu sudah tahun kapan perginya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: