Green Tea-ramisu (green tea tiramisu)

31 Jul
안녕하세요….. Chingudeul….
Pada hari sabtu lalu, saya mencoba membuat tiramisu, setelah menengok ke website http://www.bogasari.com/zona-konsumen/baca-resep-bogasari.aspx?t=tiramisu-green-tea dan dipadukan dengan beberapa resep lainnya, saya tertarik untuk mencoba kue ini. Karena tertarik, akhirnya saya mencoba membuatnya. Walaupun prosesnya tergolong ribet buat saya, tapi tak ada salahnya dicoba.. Berikut ini sedikit bahasan mengenai cake yang enak ini…

Bahan-Bahan Yang Diperlukan : 

Sponge cake green tea :
Cara pembuatan sponge ini lebih menyerupai adonan japanese cheese cake yang putih telur + gula-nya saya kocok dulu sampai kaku dan lembut, setelah itu baru dicampurkan dengan adonan + green tea dan dipanggang dengan cara au bain marie. Saya bagi adonannya menjadi 2x panggang, masing2 di panggang selama 20 menit dengan suhu 160 celcius (disesuaikan oven masing-masing ya…)

Berikut bahan – bahan untuk cake :
* Terigu kunci biru 130 Gr
* Maizena 20 Gr
* 25 gr Green tea powder 15 – 20 Gr (larutkan dengan sedikit air panas dan dinginkan).
* 6 kuning telur dan 1 putih telur
* 100 – 110 gr Gula Kastor (tergantung selera manisnya)
* Seujung jari garam
*1 Sdm Emulsifier
* Margarin 75 Gr
* Butter 75 Gr (saya pakai anchor)
* Susu cair 50 – 60 Ml.

 CREAM TIRAMISU :

*50g  Gula pasir dihaluskan
* 5 pcs  Kuning telur
* 250 Gr mascarpone cheese (saya pakai merk Yummy yang harganya hampir mencapai 50.000 / 250gr) Mahaaaalllll…..
* Anchore whip cream 1 bungkus (seperti gambar diatas)
* 2 Sdm tepung whipcream pondan.
* 1/2 – 3/4 Sdt gelatin powder, dicairkan dengan air panas sampai leleh dan kental.
* Tiramisu pasta beberapa tetes.

Green Tea Sirup :

* 1 sachet teh hijau (saya pakai tong Ji)
* 2 Sdt gula pasir
* 1/2 cangkir air panas
→ seduh teh hijau dan tambahkan gula. Kocok sampai gula larut. Dinginkan.

CARA MEMBUAT CREAM TIRAMISU : 

1. Kocok anchor whipcream pondan + anchor sampai kaku, sisihkan

2. Kocok mascarpon cheese sampai lembut (saya kocok dengan whisk dengan cepat)

3. Kocok kuning telur dan gula sampai kaku dengan menggunakan mixer dan setelah itu lanjutkan kocok diatas air panas sambil terus diaduk menggunakan whisk. Sesekali diangkat supaya tidak menggumpal telurnya (cara ini saya dapat dari blog ordinary kitchen). Lalu dinginkan dengan cara direndam diatas baskom berisi air dingin.

4. Campurkan mascarpone cheese, whipcream yang telah di kocok dan campuran kuning telur. Aduk-aduk sampai rata. Berikan tiramisu pasta beberapa tetes dan masukan gelatin yang tel;ah dicairkan. Kocok rata. Cream ini siap digunakan.

 FINISHING :

1. Siapkan 1 lembar cake yang telah dingin dan dioles dengan green tea sirup. Oleskan dengan cream tiramisu yang telah dibuat. kemudian tumpuk kembali dengan cake dan terakhir oles cream tiramisu kembali. Hias bagian atas dengan sisa cream yang dimasukan dalam plastik segitiga. Bentuk sesuai selera..

2. Tabur bagian atas dengan green tea. Gunakan ayakan supaya green tea powder rapih. (punya saya hiasan dan green tea nya agak berantakan heheehe…. pertama-nya saya tabur begitu saja, belakangan baru menggunakan ayakan. Makanya kacau deh…


3. Simpan kue dalam kulkas, sampai cream menjadi padat / agak keras (5 – 8 jam). Karena tidak sabaran, tiramisu yang menggoda ini sudah saya potong setelah 3 jam di kulkas. Alhasil bagian tengahnya belum begitu keras, namun rasanya enak dan pas banget manisnya.

4. Tampilannya rada berantakan ya? tapi yang penting rasanya enak… hehehe… Untuk cake-nya warnanya kurang hijau, harusnya diberikan 1 – 2 tetes pewarna hijau pasti lebih sempurna warnanya..

Nah inilah potongan green tea tiramisu yang sudah saya buat. Senangnya suami dan keluarga suka dengan kue ini. Aku juga suka, makanya badanku semakin melar karena makan kue terus…😛

Ya begitulah hasil dari proses membuat green tea cake kali ini. Walau tampilannya gak sempurna, tapi rasanya mantap… Ya gimana ga mantap modal untuk membuat kue ini saja sudah mahal. Untuk cream tiramisu-nya saja uda menghabiskan lebih dari 100rb… Mascarpone + whipcream sudah 70rb an dan habis terpakai, untuk gelatin dan pasta tiramisu harganya saya beli 36rb, tapi masih banyak sisanya dan bisa dipakai kembali besok-besok.

Ya next time saya akan meng-upgrade kembali kue ini supaya lebih enak terlihat..

안녕

Leave a Reply

