Sujebi (수제비)

21 Jul

안녕하세요….. Chingudeul….

Siang tadi saya membuat Sujebi (Hand Torn Noodle Soup). Sewaktu kemarin-kemarin nonton episode family outing dengan bintang tamu Rain Bi dan disana Rain masak Sujebi untuk anggota keluarga family outing lainnya, so tertarik juga pengen coba bikin deh…. Nah berikut resepnya setelah saya sesuaikan dengan rasa dan selera :

BAHAN BAHAN YANG DIPERLUKAN :

* Air disesuaikan
* Kimchi secukupnya, skitar 2 sdm
* Sup Kimchi 1 sdm
* Kaldu Bubuk (Seharusnya menggunakan 5 dried anchovy)
* Daun Bawang
* Wortel 1/2 pcs
* Kentang 1 pcs
* Bombay 1/2 pcs
* Gochujang 1 sdm
* Bawang Putih 2 sdm
* 1/2 Pcs wortel.
* Fish SAuce (optional). Aku tidak pakai, karena sudah ada kecap ikan di kimchi.
* Garam secukupnya (sesuai selera)
* Kecap asin 1 sdm

CARA MEMBUAT :

1. Buat adonan Sujebi

Cara : Campur tepung 1 cup , 1/4 Sdt garam, 1 sdm olive oil dan air secukupnya (Disesuaikan). Uleni adonan sampai jadi kalis (sekitar 15 menit). Bungkus dengan platic wrap dan simpan di kulkas selama 30 menit. Adonan sujaebi yang saya buat bisa dilihat di foto.

2. Rebus air, kimchi dan sup kimchi dan tambahkan kaldu bubuk (saya pakai rasa ayam).

3. Potong kentang dan wortel, masukan ke dalam sup.

4. Potong bawang bombay dan masukan ke sup. Masukan gochujang, aduk rata. Tutup panci selama 10 menit.

5. Keluarkan adonan yang telah dibuat dan ditarik-tarik sampai menjadi tipis. (adonan yang saya buat kurang sedikit tipis).

6. Masukan adonan ke dalam sup dan matangkan 5 – 10 menit. Tambahkan kecap asin dan garam. Sesuaikan rasanya dengan selera masing-masing. Jika suka manis bisa ditambahkan gula, tapi saya lebih suka asin. Oh ya saya juga menambahkan 1 sdt paper flakes supaya sup lebih terasa pedas.

7. Nah inilah hasilnya sujaebi yang telah saya buat.. setelah saya campur dan coba2 akhirnya saya mendapatkan rasa yang sesuai dengan selera saya :P  heheh… oh ya sebelum diangkat saya menambahkan sedikit sesame oil agar wangi kuahnya…

Jadi deh sujebi kimchi -nya….. Bagi yang gak biasa makan masakan Korea, mungkin ga akan doyan.. kalau saya sih karena K-Holic jadi didoyan2in aja deh ehhehe…. (maksudnya mau membiasakan diri dengan masakan Korea). Kalau suami sih kurang suka dengan masakan seperti ini, yang dia suka hanya bulgogi yang pake gochujang and dimakan dengan daun selada / perilla leave (ada dijual di Mu Gung Hwa).
Bagi pecinta masakan Korea dan mau mendapatkan resep2nya juga bisa ngintip ke http://www.maangchi.com ya

Selamat mencoba

안녕

2 Responses to “Sujebi (수제비)”

  1. yuni~ August 12, 2012 at 12:16 pm #

    annyeonghaseyo eonni! ^^ aku suka bgt sm blog nya eonni, soalnya ak jg suka korea kekeke xD salam kenal yahh ^^

    • Shin Hyo Ae August 14, 2012 at 2:37 am #

      안녕하세요….. wah senangnya blog ini ada yg suka blog simple ini.. thx ya uda mampir ke blog ku… Salam kenal Yuni….. 🙂

Leave a Reply

