Klappertaart

6 Jul

안녕하세요…..

Minggu lalu saat sedang bertamu ke rumah saudara, aku disuguhkan kue klappertaart. Jujur saja ini pertama kalinya aku mencicipi kue tersebut. Nama klappertaart sendiri sudah cukup lama kudengar, namun aku tidak menduga kalau rasanya sangat enak. Kukira klappertaart itu kue yang terbuat dari santan gitu atau semacam kue wingko babat, eh ternyata beda hehehe

Setelah browsing dari berbagai resep dan mendapat resep dari saudaraku, aku memadupadankan beberapa resep dan akhirnya dengan susah payah mencari bahan-bahannya, aku berhasil juga membuat klappertaart… horeeeeee…..

Bahan yang diperlukan :
* 1 liter susu cair
* Susu Kental Manis secukupnya
* Gula 230 Gr
* 50 Gr terigu
* 50 Gr Maizena
* 50 Gr Custard
* 6 Kuning Telur
* Kelapa muda secukupnya, potong potong.
* Kayu manis bubuk
* Vanila secukupnya
* 100 Gr mentega
* Kismis, rendam air panas,
* Rhum
* Kenari cincang (aku tidak menggunakannya, karena ga punya bahannya).

Berikut cara membuatnya.

1. Campurkan sebagian susu cair dengan tepung terigu, peung maizena dan tepung custard. Aduk sampai rata. (gambar kanan). sisihkan.

2. Masak sisa susu cair dengan gula di api sedang.

3. Setelah mendidih masukan mentega, sedikit vanili, rhum.

4. Masukan larutan tepung yang telah dibuat.

5. Masukan kelapa yang telah di potong dan kismis.

6. Masukan kocokan kuning telur ke dalam adonan.

8. Masak sampai adonan mengental.

9. Masukan adonan ke wadah untuk di panggang. Jangan terlalu penuh, sisakan sedikit untuk topping.

10. Panggang adonan selama 20 menit.

11. Kocok putih telur 6 pcs, gula secukupnya dan terigu 2 sdm. Aduk sampai adonan kaku. Masukan adonan ke plastik segitiga dan semprot ke adonan yang telah di panggang.

12. Taburi kayu manis bubuk dan beri mesis diatasnya.

13. Panggang kembali bagian atas adonan sampai matang dan ebrwarna kecoklatan.

14. Adonan siap disajikan untuk keluarga tercinta. Hasilnya aku dapat sekitar 16 – 17 cup…

Jadi sudah klappertaart ku… senangnya aku bisa mencicipi kue yang lezat ini…. rasanya mau nambah dan nambah, semoga bukan berat badan yang nambah.. Aku suka dengan aroma rhum dan potongan kelapa yang nikmat… Lapisan dalam yang lembut, manisnya pas dan… wah saat ini kue ini cukup menjadi favorit ku deh….

Bagi chingudeul yang mau mencoba resep diatas, silahkan saja… Atau bagi yang punya resep versi lain, boleh juga di share ke aku…

안녕

Leave a Reply

