Lapis Kukus

3 Jul

안녕하세요….. Chingudeul….

Pelajaran di dapur amatir hari ini adalah membuat lapis kukus. Semalam aku mencoba membuat lapis kukus ini yang resepnya aku dapat dari seorang sahabat baik (Surianah Lauw atau Anna ) dan menurut Anna resep ini dia dapat dari buku resep yang dia lihat di Gramedia dan di foto deh resepnya hehehe… Jadi ga usa beli bukunya, cukup di foto aja… Kadang di Gramed aku sering juga lihat orang2 pada foto2 buku resepnya hehee…

Tanpa basa basi panjang, yuk kita intip bahan-bahannya apa aja:

BAHAN I :

* 12 butir telur
* 5 Kuning telur
* 500 gr gula pasir
* 1/4 Sdt garam
* 20 Gr pengembang kue (aku pakai SP cap Koepoe Koepoe)
* 1/2 Sdt Vanili Bubuk

BAHAN II :

* 285 Gr terigu (aku pakai segitiga biru)
* 60 Gr susu Bubuk Full cream (aku pakai Dancow)
* 1 Sdt Backing Powder

BAHAN III :
(Kocok semua bahan sampai mengembang)

* 175 Gr mentega (Blue Band)
* 200 Gr Margarine (aku ganti dengan mentega putih karena ga punya margarine).
* 3 Sdm Susu kental manis (aku pakai susu bendera 1 sachet)
* Sedikit pewarna telur

BAHAN IV :

* 15 Gr coklat bubuk (aku pakai Van Houten)
* 1 Sdt Spekuk (aku skip bahan ini)

CARA MEMBUAT LAPIS KUKUS :

1. campur dan kocok bahan 1 dalam sebuah wadah dan kocok sampai mengembang dan mengental. (Aku membuat kue ini saat menginap di Pondok Gede untuk menemani Papa tercinta, dikarenakan Mama sedang holiday ke HK bersama saudara yang lainnya. Untungnya ada standing mixer disana, jadinya pekerjaan menjadi lebih mudah deh ….😛

2. Pindahkan adonan yang telah di kocok kaku dalam wadah besar.

3. Campur dan ayak terigu, tambahkan susu bubuk dan backing powder. Masukan ke dalam adonan yang telah di kocok.

4. Kocok mentega, margarine,  susu kental manis dan pewarna telur dalam wadah bersih. Kocok sampai mentega mengembang.

5. Masukan dalam adonan yang telah dicampur terigu. Aduk-aduk dengan spatula atau sendok besar. Aduk sampai semua bahan tercampur rata sempurna.

6. Siapkan loyang bersih, oleskan mentega dan alasi dengan kertas roti. Masukan 2 sendok sayur adonan dan ratakan. Masukan taburan bubuk coklat keatas adonan dalam loyang. Kukus selama 5 – 10 menit. Lakukan sampai adonan habis. Untuk lapisan paling akhir aku mencampur adonan dengan bubuk coklat (coklat tidak ditabur, tapi dicampur dalam adonan).

7. Setelah semua bahan habis dan sudah matang, angkat kue dan siap disajikan. Tampilan kue bagian bawah (kiri) dan bagian atas (kanan). Lapisan kanan coklatnya cantik, namun kurang rata sedikit..😛

8. Potong bagian pinggir sisi kue supaya rapih.

Lapis kukus siap disajikan untuk keluarga tercinta. Lumayan cantik kan lapis kukusnya heheh walau jaraknya agak kejauhan (tebal), tapi untuk lapis perdana sieh oke lah….😛

Oh ya untuk margarine karena aku tidak punya bahannya di rumah, so aku pakai mentega putih saja. Untung hasilnya enak, hehee. Lapisnya agak sedikit kering. Aku tidak menggunakan full resep, aku mengurangi sedikit kuning telurnya untuk menghindari kolestrol dan supaya yang makan juga ga nambah kolestrolnya. Bayangkan uda ada mentega dan kuning telur ditambah susu full cream pula, gimana badan ga semakin melar??? hehehe

Demikianlah pelajaran membuat lapis kukusnya. Prosesnya cukup mudah, cuma memang membutuhkan banyak waktu untuk mengukus. Tapi saat melihat lapis kukusnya jadi dan keluarga suka, ilang sudah capeknya deh.

안녕

Leave a Reply

