Cake (nyoba bikin bolu untuk rainbow cake)

27 Jun

안녕하세요….. Chingudeul….

Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Juli. Bulan Juli merupakan bulan yang penuh dengan acara, soalnya Cici ipar, Papa & Mama mertua dan Mama-ku tercinta berulang tahun di bulan Juli semuanya.. Nah dikarenakan Papa mertua akan berulang tahun tanggal 7 Juli nanti, aku berencana untuk membuat rainbow cake untuk beliau. Diantara semua yang berulang tahun, aku hanya meng-khususkan membuat kue hanya untuk Papa Mertua, kenapa begitu? Soalnya hanya beliau yang berulang tahun di hari Sabtu hehehe (special day untuk aku masak-masak). Dikarenakan harus bekerja dan sampai rumah sudah cuape, aku hanya bisa memasak di hari Sabtu saja untuk bereksperimen dengan masakan yang ingin kucoba masak sendiri.

Karena sudah lama banget ga pernah bikin cake, aku kepingin nyoba bikin cake untuk rainbow cake nya supaya pas hari H dibuat bisa berhasil dan enak (soalnya kalo keras dan rasanya *unik* kan ga lucu dan memalukan untuk dihidangkan buat keluarga…😛 so it’s will be better kalo kita nyoba bikin cakenya dulu. Berhubung ini untuk coba-coba, aku tidak menggunakan pewarna, soalnya ga mau terlalu banyak kimia masuk ke dalam tubuh… Tapi kalau untuk rainbow cake ya mau tak mau harus pake dunk,… kalo ga pake pewarna nanti bukan rainbow cake deh jadinya hehehe….😛

Oh ya kemarin aku cari-cari timbangan untuk bikin kue. Uda lama sieh pengen beli timbangan, tapi ya belum nemu yang cocok. Ada sih yang bikin naksir tapi harganya masih mahal, jadi sementara karena belum ahli aku beli yang simple saja dulu. Namanya juga masih chef amatir, so disesuaikan dulu deh antara bakat dan barang-barang yang digunakan, yang penting hasilnya…

Timbangannya aku beli seharga Rp. 100.000,- di toko Ingredient Muara Karang.

Oh ya untuk bahan bahan yang digunakan dalam pembuatan cake belum aku share… hehehe

BAHAN – BAHAN yang Digunakan :
(Untuk 1 lapis cake, jika ingin membuat 6 lapis maka dikalikan 6 saja bahannya)

* 60 Gr gula pasir (Sesuaikan dengan selera). Jika tidak terlalu suka manis kurangi gula.
* 50 Gr mentega, lelehkan
* 1/5 sdt vanilli
* 62 gr terigu (aku pakai segitiga biru).
* 2 telur utuh
* 3/4 Sdt backing powder
* 1/8 Sdt garam
* 60 Gr susu UHT (ditimbang)
* Pewarna makanan (kali ini aku tidak menggunakannya, tapi nanti saat pembuatan rainbow cake, pasti akan menggunakan pewarna dan pastinya aku ga akan lupa membahas kembali resep dan cara-caranya…)

Bahan Tambahan untuk cake ala Hyo Ae:

* Keju parut
* Mentega putih untuk olesan

CARA MEMBUAT :

1. Campurkan tepung terigu, backing powder dan vanili dalam satu wadah. Aduk-aduk sebentar. Sisihkan

2. Kocok telur dalam wadah terpisah sampai kaku, sisihkan

3. Kocok mentega yang telah dilelehkan dan campurkan dengan gula. Kocok sampai lembut dan tambahkan telur yang telah di kocok.

4. Masukan campuran tepung & susu UHT ke dalam adonan, lakukan sedikit demi sedikit secara bergantian sambil terus dikocok.

5. Panaskan oven sebelum adonan di panggang. Panaskan selama 5 – 10 menit.

6. Setelah adonan tercampur sempurna, masukan adonan ke dalam loyang. (aku menggunakan loyang ukuran 18 x 18  x 4 cm).

7. Panggang adonan didalam oven dengan suhu 180 – 200 derajat celcius selama 20 – 25 menit. Aku menggunakan panas 200 DC dan sebelum diangkat aku menyalakan api atas supaya warna cake sedikit kecoklatan.

8. Tusuk cake yang telah dibakar dengan tusuk sate, cek apakah cake sudah matang sempurna atau belum. Pegang ujung tusuk sate yang dimasukan dalam cake.

9. Oleskan cake yang telah dingin dengan mentega putih yang telah di kocok. Taburkan dengan keju parut.
(aku melakukan kesalahan dalam hal ini. Karena gak sabaran, cake masih panas dan aku oleskan mentega putih, alhasil mentega putihnya jadi menyerap ke dalam cake). Jangan ditiru ya chinggudeul …😛

10. Angkat dan sajikan untuk keluarga tercinta.

Sedikit review mengenai cake yang sudah dibuat :

*Dari segi rasa menurut saya agak kemanisan (saya tidak terlalu suka yang manis, saya lebih suka yang manisnya sedang-sedang saja). Sepertinya kemarin saya buat gulanya jadi 70 gr. Soalnya timbangannya rada susah diperkirakan takarannya. Harusnya sih saya buat dengan takaran yang pas dan pastinya hasil akan lebih baik…
* Dari segi kelembutan cake nya : cake masih agak sedikit bantet, mungkin hal itu disebabkan oleh telur dan susu yang saya pakai baru dikeluarkan dari kulkas. Harusnya telur dan susu menggunakan suhu ruangan (tidak dari kulkas). Tapi sih cakenya masih enak seperti bolu, tidak terlalu keras banget kok. *pembelaan*
* Agak sedikit berminyak karena mentega putih menyerap dalam cake. Jangan ditiru ya kesalahan saya. Cake masih panas TIDAK boleh dioles mentega putih😛 dan harus tunggu sampai dingin dulu baru boleh di oles…

Hmm sekian pelajaran membuat cake hari ini.
Ya walaupun belum sempurna, tapi jika ada kemauan pasti perlahan-lahan pelajaran masak- memasak akan dapat dikuasai.
Jika ada saran atau masukan mengenai cake ini boleh diinfokan ke saya…

Selamat Mencoba … !!!

안녕

Leave a Reply

