Roti (belajar bikin roti)

26 Jun

안녕하세요….. Chingudeul….

Kali ini pelajaran memasak kita adalah mengenai membuat Roti. Jika melihat tutorial di youtube sih kelihatannya gampang sekali, tapi ternyata setelah dicoba 2x tapi masih aja belum bisa menghasilkan roti yang belum mencapai proses kelembutan yang maksimal. Tips yang saya dapat dalam pembuatan roti adalah proses mengulen yang cukup dan proses pengembangan kue yang sempurna sampai adonan mengembang menjadi 2x lebih besar dari ukuran adonan.

Berikut saya bagikan sedikit pengalaman saya dalam membuat roti (Mohon maaf ya kalau masih belum sempurna, namanya juga masih dalam proses pembelajaran)…

BAHAN BAHAN YANG DIPERLUKAN :

* Terigu cakra kembar 450 GR
* Gula 2 Sdm – 3 sdm
* Garam 1/2 Sdt
* Margarine 1 – 2 Sdm
* Ragi instant ( 6 GR)
* Telur kuning 1 Pcs, kocok.
* Susu cair / air putih 250 Ml (secukupnya)

CARA MEMBUAT :

1. Ayak dan taruh tepung di mangkok besar.

2. Masukan ragi instant, gula, garam dalam mangkuk. Campurkan dengan tepung (aduk rata semua bahan).

3. cairkan mentega (jangan sampai mendidih), cukup meleleh saja. Dinginkan.

4. Kocok telur kuning dan campurkan dengan mentega cair yang telah dingin. Aduk dan masukan ke adonan tepung.

5. Masukan susu dalam adonan sambil terus diaduk-aduk dengan spatula / sendok.

6. Mulailah uleni adonan, jika adonan terlalu lengket tambahkan kembali tepung terigu secukupnya. Uleni adonan 15-20 menit.

7. Simpan adonan dalam wadah tertutup dan diamkan selama 1 jam – 1.5 jam sampai kira-kira adonan membesar 2x dari ukuran semula. Wadah dapat juga ditutup dengan servet bersih atau plastic wrap.

8. Setelah adonan mengembang, uleni kembali adonan selama 3 menitan.

9. Mulai bentuk adonan dan beri isi sesuai dengan selera (Mesis, keju, abon, sosis, kismis, dll). Jika ingin membuat roti manis, oleskan telur kuning diatas roti dan taburkan mesis atau keju parut atau gula halus.

Adonan sebelah kiri hanya dioles mentega, sebelah kanan dioles telur kuning.

10. Taruh adonan roti yang telah di bentuk ke loyang yang telah dioles dengan minyak / margarine. Diamkan kembali selama 15 menit – 30 menit. Jarak masing-masing adonan jangan terlalu dekat, karena saat dipanggang roti bisa membesar kembali.

11. Panggang roti di suhu 180 derajat celcius selama 20 – 25 menit.

12. Panggang sampai roti matang dan bagian atas menjadi coklat.

Roti yang saya buat terlalu coklat (terlalu lama memanggang). Maklum dikerjakan saat malam hari, jadi ga begitu jelas.. *ada aja alasannya hehehe… Roti ini hanya menggunakan olesan mentega.

Roti diatas menggunakan olesan kuning telur. Hasilnya lebih cantik ya warnanya… ada sebagian roti yang terlihat agak gosong, tapi untungnya tidak pahit. Namun warnanya jadi lenih mengkilat.

Hmm…..

Sebenarnya ini adalah kali kedua saya membuat roti, namun hasil belum maksimal. Saya masih terus mencoba dan mencoba membuat roti yang empuk dan enak. Resep ini merupakan resep yang saya padukan dari berbagai sumber yang saya dapat (youtube) dan juga dari Mama saya tercinta😛
Dari sumber – sumber yang saya peroleh, jika ingin mendapatkan hasil adonan yang sempurna dan lembut seperti breadtalk, ada tepung khusus yang harus digunakan atau jika tidak , maka bisa juga menggunakan pengembang merk khusus. (Saya lupa merk pengembangnya jika tidak salah namanya ….. bonus).
Kalau saya sih belum berminat mencoba menggunakan pengembang tersebut, karena roti ini saya buat untuk di konsumsi bersama keluarga tercinta.

Sekian dulu pengalaman membuat roti periode bulan ini, next time jika bisa mendapatkan hasil dan tips and trick yang lebih baik akan saya share kembali….

안녕

Leave a Reply

