Pork Woku & Chicken Woku

16 Jun

PORK WOKU

Hi Chingudeul, kali ini saya akan membagikan resep Pork Woku😛

sorry fotonya tidak terlalu lengkap, dikarenakan banyaknya masakan yang aku buat hari ini, makanya banyak banget foto yang ke skip. Tapi nanti kalau aku memasak Pork Woku ini lagi, aku akan foto bahan2nya secara lengkap.
Aku lupa aku dapat resep ini dari mana, so silahkan diuji coba masing masing ya…

Berikut bahan-bahan yang diperlukan dalam memasak Woku ini:

* Daging Babi 500Gr / Ayam 1 ekor.
* 1 Sdt jeruk nipis
* 6-8 Lbr Daun Jeruk
* 3 lembar daun pandan
* 3 Batang serai, ambil putihnya saja. Memarkan dan iris halus.
* 30 – 50 Gr Daun Kemangi.
* 2 – 3 Batang daun bawang.
* 1 buah tomat, kupas kulit dan potang kotak kecil – kecil.
* Air secukupnya.

BUMBU HALUS :

* 8 – 10 pcs bawang merah
* 6 cabe besar merah / rawit merah bagi pecinta pedas.
* 4 Cm kunyit, bakar
* 1/2 Sdt Gula
* 2 Cm jahe.
* 7- 10 pcs kemiri di sangrai.
* 1 Sdm garam

Aku menggunakan daging babi. Sebelum dimasak, aku merendam daging babi ini dengan 1/4 buah perasan air jeruk nipis. Aku diamkan selama kurang lebih 30 menitan.

Tumis sebentar bumbu yang telah dihaluskan sampai wangi, kemudian berikan air. Biarkan sampai mendidih.

Masukan bahan-bahan lainnya seperti daun jeruk, daun pandan, daun bawang, daun kemangi, serai, tomat. (jika chingudeul tidak mau menggunakan minyak, maka pengunaan minyak dapat juga di skip. Bumbu yang telah dihaluskan dapat langsung di rebus bersama bahan- bahan lainnya).

Masukan daging babi yang telah dipotong-potong. Aduk-aduk sampai kuah mengering (tidak kering total loh). Jika daging belum terlalu empuk dan kuah sudah kering, tambahkan air dan masak kembali daging sesuai dengan tingkat keempukan yang diinginkan. Sesekali cicipi rasa kuah apakah sudah cukup keasaman, manis dan asinnya. Jika sudah pas, maka masakan dapat diangkat dan disajikan.

CHICKEN WOKU

Selain menggunakan B2, woku juga dapat disajikan dengan daging yang lainnya seperti ayam, atau mungkin juga sapi… Saya sih ga doyan daging sapi, jadi saya tidak pernah mencoba membuat nya..

Bumbu yang digunakan untuk Pork woku ataupun  chicken woku adalah sama, beda di dagingnya saja.

Sebelum dihaluskan, aku meng-sangrai kemiri dan kunyit sebentar saja. Jika berdasarkan resep, kunyit harusnya dibakar, tapi kusangrai saja.

Ayam di rendam dulu dengan air jeruk nipis ya. Bumbu sebelum dihaluskan, diiris dulu biar gampang di blender. Supaya hasilnya maksimal, aku tambahkan sedikit minyak atau air di bumbu yang akan dihaluskan. Terserah mau pakai yang mana.

Setelah bumbu sudah halus, tinggal dimasak, tambahkan air dan sisa bahan lainnya. Tambahkan garam, gula dan penyedap. Simple saja sih sebenarnya proses pembuatan woku ini. Kalau mau lebih wangi pakai daun kemangi ya..

Kalau bisa daun pandan dan serai diiris setipis mungkin biar tidak kasar. Di fotoku terlalu kasar kupotongnya. Ya namanya juga uji coba hehehe…

Selamat Mencoba…
Aja Aja fighting

4 Responses to “Pork Woku & Chicken Woku”

  1. traumerdreamer July 3, 2012 at 5:30 pm #

    ah,… pork woku mah sering dimasak oma atau mamaku kalo pas lagi ada acara haha. soalnya kan “woku” itu dari Manado (tempat tinggal saya) haha

    • Shin Hyo Ae July 5, 2012 at 2:41 am #

      Ya berhubung saya bukan orang Menado dan ini adalah pertama kali saya mencoba masak pork woku yang resepnya saya dapat juga dari bloger lainnya… so ga ada salahnya di share lagi kan?🙂

  2. traumerdreamer July 5, 2012 at 2:44 am #

    hehe bener banget😀 . im waiting for some new unique recipes from u!

    • Shin Hyo Ae July 5, 2012 at 2:49 am #

      I’m not an expert… i just love cooking. an amateur chef hahaa… lol…
      kalau punya resep boleh di share dunk, terutama masakan menado… I quite liked Manado dishes… especialy sate B2 and sayur daun pepayanya…. Yummy….

Leave a Reply

