Jap Chae

24 Apr

안녕하세요 Chingudeul….

Kali ini aku mau share mengenai masakan khas Korea yang bernama Jap Chae, sebenarnya masakan ini lebih menyerupai Soun Goreng, namun cara memasaknya saja yang sedikit berbeda. Rasanya ya juga beda sih, tapi tetap enak kok… hehe

Gambar diatas merupakan merk kecap yang aku gunakan. Kecap tersebut aku beli di K-Mart Dharmawangsa, sebelah Chung Gi Wa Restaurant. Kalau cari di supermarket Korea lainnya juga pasti ada menjual kecap ini atau merk lainnya. So coba saja cari hehee… (dari pertama kali membeli kecap ini, aku belum mencoba membedakan rasa kecap ini dengan kecap yang biasa aku gunakan).

Soun yang kugunakan adalah seperti gambar diatas. Harga 1 bungkus kecil kira-kira 40.000 dan yang bungkus besarnya harganya 70.000 an. Sounnya lebih tebal dari soun yang biasa saya gunakan dan rasanya lebih kenyal dan cenderung aga sedikit keras. Tapi biasanya Soun ini yang digunakan untuk memasak Jap Chae.

Bahan utama yang digunakan dalam masakan ini adalah kecap asin, minyak wijen dan gula. Bahan lainnya : bawang putih, wortel, jamur shitake dan bayam, daging. Jika Chingudeul suka bisa ditambahkan dengan yang lainnya.

Cara memasak :
1. Rebus Soun ke dalam air mendidih kurang lebih 3-4 menit saja. Tiriskan, beri kecap asin dan minyak wijen, aduk-aduk. Diperkirakan saja banyaknya, sampai soun rata tercampur dengan kecap.

2. Sisa air rebusan bihun bisa digunakan untuk merebus bayam. Setelah bayam matang, cuci dengan air dingin sebanyak 2-3x dan lalu diperas sampai airnya kering dan di potong-potong kecil. beri kecap asin dan minyak wijen, campur dalam soun.

3. Tumis wortel menggunakan minyak wijen sampai wortel matang. Campur dalam Soun.

4. Tumis bawang putih, daging dan shitake. Berikan kecap asin, gula 1 sendok teh. Campur dalam Soun.

5. Aduk semua bahan, berikan kecap asin, gula dan minyak wijen kembali ke dalam soun. Aduk rata dengan tangan. Coba rasa masakan apakah sudah memiliki rasa asin dan manis yang pas. Rasa masakan ini lebih cenderung ke manis. Jadi berikan gula sesuai dengan selera masing-masing. Setelah dirasa pas masakannya, maka dapat disajikan.

6. Sajikan dalam piring dan dimakan selagi hangat.

Hmm… enak…. walaupun kurang manis sedikit, tapi rasanya cukup enak. hehehe, ada yang mau coba???😛

Tambahan : chingudeul bisa menggunakan daging sapi, ayam ataupun B2 untuk memasak Jap Chae. Tanpa daging juga bisa. Jika Chingudeul menyukai daun bawang, maka juga dapat menambahkan daun bawang. Caranya tinggal menumis daun bawang dengan minyak wijen dan setelah matang dapat di campurkan ke dalam Soun.

Mudah kan memasak Jap Chae? Selain enak, jap chae ini juga sehat karena dimasak dengan menggunakan sayuran yang cukup banyak. Namun jangan menggunakan terlalu banyak minyak wijen ya…. Untuk menumis lebih baik menggunakan panci anti lengket supaya dapat menghindari penggunaan minyak yang berlebih.

Sekian review tentang masakan kali ini. lain kali aku akan share kembali pengalaman memasak yang lainnya. Sebenarnya kemarin aku juga memasak Jjajangmyun, aku juga pernah men-share tentang jjajangmyun, nanti akan aku update kembali.

안녕

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: