Yang Nyeom Tomdak

28 Feb

Seasoned Fried Chicken (Yang Nyeom Tomdak)

Jenis masakan : masakan Korea

Berikut bahan- bahan dan proses memasak :

1/2 ekor daging ayam, di potong-potong dan asinkan dengan 1/2 sdt garam dan lada hitam. Diamkan selama 30 menit sampai bumbu meresap.

Siapkan bumbu untuk ayam : 1 sdm cuka apel, 1/3 cup madu, 1/3 cup saus tomat dan 1/4 cup hot pepper flakes (boleh lebih).
Aduk semua bahan sampai rata, colek sedikit bumbunya dan diicip dulu apakah rasa manis dan asem sudah pas. Jika kamu suka manis tambahkan madu, tapi jika suka asam tambahkan saus tomatnya.

Pecahkan 1 butir telur dan kocok rata. Celupkan ayam yang telah didiamkan 30 menit, masukan ke dalam telur

Setelah dibasahi telur, gulingkan ayam dalam tepung. Aku menggunakan tepung terigu dan sedikit maizena + sedikit gula halus. Harusnya sih menggunakan sweet rice fluor, tapi ya karena aku tidak punya bahannya, aku pakai terigu dan sedikit maizena saja.

Goreng ayam dalam minyak panas sampai berwarna kuning kecoklatan atau kurang lebih 15-20 menit.

Nah ini ayam setelah digoreng,… renyah sih, tapi dagingnya tidak selembut daging KFC..

Saatnya memasak….

Cincang 4 butir bawang putih dan tumis. Setelah kuning masukan bumbu yang telah dibuat, aduk aduk sebentar dan masukan ayam yang telah di goreng. Aduk sampai merata.  Dan inilah hasil masakan aku kali ini… penuh dengan bumbu…🙂

Setelah diangkat, boleh ditambahkan biji wijen jika suka. Atau tanpa biji wijen pun sudah enak… Disesuaikan selera Chinggudeul aja deh…

Masakan ini merupakan salah satu favorit aku, karena rasanya asam manis. Suami juga suka masakan ini. Diantara masakan Korea yang pernah aku coba, ini merupakan yang paling favorit. Cara memasak cukup mudah, cuma rumit di proses penggorengan aja (karena aku agak ngeri dengan percikan minyak panas yang suka meletup-letup saat memasak) ditambah lagi pernah ada kejadian oven meleduk saat lagi manggang kue, wah trauma deh sampe aku harus dibawa ke RS karena kaki ku terkena semburan hawa panas dari api. Ya untungnya aku masih baik-baik aja sampai saat ini, walau ada sedikit trauma, tapi aku tetap suka memasak.

Untuk bahan yang digunakan juga ga terlalu sulit untuk di dapatkan. Cuma seharusnya ada sweet rice fluor, cuma karena aku ga ada bahan itu jadinya aku ganti jadi tepung terigu + Maizena dicampur dengan sedikit gula halus. :P…

Untuk detail resep ini bisa dilihat di http://www.maangchi.com

Leave a Reply

