TTEOKBOKI (Rice Cake)

28 Feb

TTAEOKBOKKI

Berikut adalah gambar garetteok (rice cake). Bahan dasar untuk tteokbokki ini bisa didapatkan di supermaket Korea, terutama Mu Gung Hwa. Kalau cara membuat rice cake ini jujur saja saya belum mendapatkan resepnya, jika ada yang punya boleh share dunk…

Tteokbokki dan fish cake

Tteokboki adalah salah satu makanan khas Korea yang banyak dijual di pinggiran jalan atau di kedai2 makanan (maksudnya pinggir jalan atau kedai di Korea loh, bukan di Jakarta).
Bagi chingudeul yang hobbi nonton K-drama pasti pernah deh liat masakan ini.

Kalo berdasarkan lidah orang Indonesia, banyak dari teman saya yang kurang menyukai Tteokbokki. Masakan tteokbokki diatas saya menggunakan campuran resep maangchi dan dipadukan dengan aeriskitchen punya resep. Detail bisa kalian search di youtube. Btw ngomongin youtube,… youtube itu membantu banget, karena saya banyak belajar masak dari hanya menonton video di youtube,.. thanks youtube…🙂

Bahan utama Tteokbokki : rice cake, fish cake (pelengkap), anchovy, red pepper paste, red pepper powder, dll. Smua bahan bisa kalian dapatkan di Mu Gung Hwa.

Kalo foto dibawah ini merupakan uji coba tteokboki yang ke dua kalinya. 

 Proses memasak tteokboki ternyata sangat mudah. Asalkan punya gochujang dan gula sudah bisa bikin tteokboki dan yang pasti harus punya rice cake nya dulu (yang seperti mpek-mpek itu loh).
Berhubung saya sudah pernah mencoba rasa tteokboki yang asli, jadi dalam uji coba yang kedua ini masakan saya bisa tergolong berhasil. Rasa kurang lebih mirip yang saya coba..😛 senangnya.

Tteokboki ke dua ini agak kebanyakan kuah. mubajir deh… hehehe…. Oh ya untuk rice cake bisa didapatkan di Mu Gung Hwa supermarket. Liat kuahnya yang merah bikin selera makan jadi naik deh… Tapi ya semua kembali ke selera masing-masing, tidak semua orang suka dengan tteokboki soalnya. Suami ku sih tidak suka, dia lebih suka makan mpek-mpek. Kalo aku karena suka banget dengan KOREA, so i like it deh… hehehe…

Bagi teman-teman yang mau mencoba masakan ini, aku bisa bagikan resepnya, comment saja di post ini.

안녕 …. :)

16 Responses to “TTEOKBOKI (Rice Cake)”

  1. putri April 7, 2012 at 11:34 am #

    Mau tanya dong.. Beli hor bean paste dmana ya?? Sya cari di hypermart tapi tdk ketemu..

    • Shin Hyo Ae April 12, 2012 at 8:26 am #

      Kalo untuk produk Korea sekarang sudah banyak dijual di Carrefour atau Hero supermarket, kalau mau yang lebih lengkap kamu coba cari di Mu Gung Hwa (MGH).
      MGH ada di kawasan senayan, Kelapa gading dan cikarang untuk detail bisa coba browsing aja alamat lengkapnya.

      Oh Ya Gochujang (hot pepper paste) ada juga dijual di Lotte Mart loh. Sekarang barang-barang itu uda cukup banyak dijual di supermarket seperti carrefour and Hero. Coba aja deh liat. Di Carrefour central park dan hero citraland sih ada.

  2. Novelia3424 June 22, 2012 at 9:01 am #

    harganya mahal ga ya kalo beli di Lotte Mart?

    • Shin Hyo Ae June 26, 2012 at 11:55 am #

      Biasa sih seporsi tteokboki sekitar 30rb yang dijual di Mu GungHwa. tapi kalo di lotte mart sih ga tau ya berapa.
      Kalo yang mentah (garetteok)nya sih sekilo-nya 30rb, proses masaknya juga gampang asalkan punya gochujang dan bubuk cabe Korea nya.

  3. mira November 28, 2012 at 8:37 am #

    Mau tanya boleh ya,, supaya kuah tteokbokki mengental it pake ap ya ? Saia coba tp jdny mlh kaya oseng,,

    • Shin Hyo Ae November 28, 2012 at 8:43 am #

      Aku cuma pake air, gula, sdkt garem doang kok… ga ada bumbu rahasia selain gochujang. Pas airnya uda aga kental lgsg aku matikan.
      Mbak Mira airnya kurang kali ya?
      aku sih pas buat airnya aku lebihkan, nah pas uda pas rasanya dan kuah uda aga kental ya langsung ak angkat sieh.

      • fxalvin December 17, 2013 at 4:09 pm #

        biar dia agak kental, gula pasir diganti sm glucose

  4. puji November 30, 2012 at 3:03 pm #

    minta resepnya tteokbokki dong🙂

    • Shin Hyo Ae December 3, 2012 at 12:18 pm #

      Kalo resep ala aku sih bahannya aku pake garaetteok (rice cake), bombay, wortel, daun bawang, hot papper paste, untuk dried anchovy (Ada juga yang bubuk dijual di supermaket korea, cuma baunya ga gt enak, jd cara amannya ya aku pake kaldu ayam aja deh hahaha…. itu versi aku)

      Caranya :
      1. didihkan air, aku ga pake takaran, secukupnya aja tergantung banyak garaetteok nya.
      2. Masukan 2 sdt hot paper paste , 1 sdt gula (lebih tergantung selera, aku tambah sdkkkkkt garem dan kasih kaldu bubuk
      3. Masukan bombay, wortel
      4. Masukan garaetteoknya dan daun bawang, dan masak sampe air berkurang sesuai kekentalan yang diinginkan.

      Nb :
      *untuk rasa aku sih aku coba dl apakah rasa sudah sesuai dengan yg aku mau. Gulanya disesuaikan aja manisnya sesuai dengan yang kita mau.
      * Aku tambain hot paper flakes lagi (Cabe bubuk) biar terasa pedesnya.

      Itu resep disesuaikan dengan slera pribadi aja ya… atau kl mau lebih detail lihat saja di http://www.maangchi.com resep aslinya

  5. lena March 11, 2013 at 7:08 am #

    boleh minta dong resepnya yang gampang gampang aja ya cin . Sebelum nya thanks ya cinnnnn………………….

    • Shin Hyo Ae March 11, 2013 at 12:35 pm #

      Kalo resep ala aku sih bahannya aku pake garaetteok (rice cake), bombay, wortel, daun bawang, hot papper paste, untuk dried anchovy (Ada juga yang bubuk dijual di supermaket korea, cuma baunya ga gt enak, jd cara amannya ya aku pake kaldu ayam aja deh hahaha…. itu versi aku)

      Caranya :
      1. didihkan air, aku ga pake takaran, secukupnya aja tergantung banyak garaetteok nya.
      2. Masukan 2 sdt hot paper paste , 1 sdt gula (lebih tergantung selera, aku tambah sdkkkkkt garem dan kasih kaldu bubuk
      3. Masukan bombay, wortel
      4. Masukan garaetteoknya dan daun bawang, dan masak sampe air berkurang sesuai kekentalan yang diinginkan.
      5. Cicipi apakah rasa sudah pas. Rasa lebih ke manis dan pedas harusnya.

      Nb :
      *untuk rasa aku sih aku coba dl apakah rasa sudah sesuai dengan yg aku mau. Gulanya disesuaikan aja manisnya sesuai dengan yang kita mau.
      * Aku tambain hot paper flakes lagi (Cabe bubuk) biar terasa pedesnya.

      Itu resep disesuaikan dengan slera pribadi aja ya… atau kl mau lebih detail lihat saja di http://www.maangchi.com resep aslinya

  6. fxalvin December 17, 2013 at 4:07 pm #

    versi singkatnya ada bikin si tteoknya ada…

    pk tepung beras sama dicamur air, tapi jgn sampe kalis, asal masir ajah, terus dikukus 20menit
    ud mateng diuleni ajah sendiri, nanti dia jd kok😉

    • Shin Hyo Ae December 19, 2013 at 6:37 am #

      Masa sesimple itu kah? oke nanti aku coba deh… anyway thx buat infonya ya…

      • fxalvin January 9, 2014 at 3:22 pm #

        Iah,saya udh sering bikin pk cara otu dan rasanya sama kok🙂 sama2🙂

      • fxalvin January 9, 2014 at 3:23 pm #

        Oh!! Lupa nambahin,si tepibg berasnya itu 1cup untuk krg lbh pemasakan 20menit

  7. Shin Hyo Ae January 10, 2014 at 3:41 am #

    Tepung berasnya apakah pakai merk rose brand? soalnya saya banyak googling and rata2 yang buat dengan rose brand tidak berhasil (permukaannya kasar0. Once again thx 4 d info

Leave a Reply

