Jjajangmyun

28 Feb

JJAJANGMYUN (Mie Hitam)

안녕하세요 Chingudeul….

Kali ini saya akan membahas mengenai Jjajangmyun atau Mie hitam… bagi yang suka nonton K-drama pasti sering liat orang Korea makan mie Hitam (Jjajangmyun). Dan kalo liat mereka makan, bisa bikin ngiler…. Apakah chingudeul sudah mencicipi rasa masakan ini? Saya sih sudah, tapi rasa yang saya coba lebih cenderung kurang asin atau kurang manis. Beberapa kuliner yang aku coba selama di Korea cenderung rasanya sedikit kurang asin atau kurang manis, tapi rasanya tetap enak…🙂

Cara pembuatan jjajangmyun tidak begitu sulit, cukup simple. Rasanya lebih ke sedikit manis saja. Dalam uji coba kali ini, sayang saya tidak menggunakan mie yang biasa mereka gunakan untuk membuat jjajangmyun, saya menggunakan mie spagethy karena di Mu Gung Hwa tidak menjual mie jjajangmyun dan yang dijual hanya mie instant jjajangmyun. Dan dari mie instant yang saya coba, rasa jjajangmyun nya agak hambar, sedikit manis, tapi aroma bean nya cukup terasa. Kalo menurut saya sih agak tidak berasa, tapi cukup beraroma. Saran saya karena cari mie yang biasa digunakan untuk jjajangmyun itu ga tau bisa beli dimana, so mendingan pake mie cap 3 ayam ketimbang pakai mie spaghety. Karena bumbunya ini lebih meresap pakai mie biasa ketimbang pake mie spagethy kali ya.. itu berdasarkan pemikiran saya loh hehee…. but it’s come back to selera masing-masing…

Jjajangmyun Part 2

Sabtu lalu saya baru mencoba membuat Jjajangmyun kembali. Sayangnya saya tidak mempersiapkan bahan-bahan sebelumnya, jadi saya memadupadankan dengan apa yang ada di dapur saja. dalam resep Jjajangmyun yang saya punya, masakan membutuhkan lobak, zucchini, namun saya tidak menggunakan kedua bahan tersebut. Saya hanya menggunakan kentang, wortel dan bombay. Saya menggunakan wortel sebagai penganti lobak😛 hehe agak ngak nyambung sih, tapi ya cuek aja…

Kali ini saya memasak porsi 4 orang saja, tidak terlalu banyak. Saya menggunakan kentang, wortel, bombay dan daging ayam dicampur dengan daging B2 dalam masakan kali ini. Daging bisa diganti dengan daging sapi juga. Namun karena saya tidak menyukai sapi, jadi saya menggunakan bahan yang ada saja.

Black bean paste ini merupakan bumbu wajib yang harus dimiliki untuk memasak Jjajangmyun. Selain di Supermarket Korea, sekarang bumbu masakan Korea dapat ditemukan di supermaket Hero. Waktu lalu saya melihatnya di Hero Ciputra Mall.

Berikut cara memasak Jjajangmyun :

1. Tumis daging ayam / b2 dengan menggunakan minyak jaitun. Tumis daging sampai berwarna kecoklatan dan setelah itu buang minyaknya, ganti dengan minyak yang baru.

2. Masukan kentang dan wortel, tumis sampai layu. Masukan bombay dan tumis kembali sebentar.

3. Berikan air 1 mangkuk dan didihkan. Sementara itu, maka chingudeul dapat mempersiapkan black bean nya.

4. Panaskan 1 sdm minyak goreng dan masukan 1 – 2 sdm black bean paste. Aduk aduk sampai black bean paste menjadi lembut dan bisa diaduk dengan mudah. Setelah itu angkat dan buang minyaknya.

5. Masukan black bean paste ke dalam masakan yang sedang dididihkan, beri gula secukupnya, sampai rasa manisnya pas dilidah masing masing.
Tips buat semua, black bean paste ini jangan dimasak duluan, tapi harus dimasak di pertengahan proses memasak, karena jika sudah dingin dia akan menggumpal kembali.

6. Sambil menunggu kentang dan wortel menjadi lembut, so chingudeul bisa mempersiapkan mie nya. Untuk kali ini saya menggunakan mie cap 3 ayam dan mie cap 2 ikan (mie tebal).

7. Setelah masakan matang, beri sedikit air sagu supaya kuah Jjajangmyun menjadi kental. Aduk rata sebentar dan angkat.

Kuah Jjajangmyun sudah siap di sajikan.

8. Siram kuah Jjajangmyun keatas mie dan diaduk rata, kemudian JJajangmyun siap disantap.

(Maaf ya fotonya aga sedikit berantakan nieh… saat diaduk jadi belepetan kemana-mana kuahnya😛 hehehe…. )

Rasa masakan Jjajangmyun ini sedikit manis saja. Oh ya tips lagi buat chingudeul, Jjajangmyun ini lebih baik dimakan selagi hangat. Soalnya kemarin aku memasak Jjajangmyun di pagi hari dan saat sore hari kuahnya sudah menjadi sangat kental. Mungkin harus dihangatkan kembali jika ingin memakannya. So biar gak terlalu repot lebih baik dimakan langsung hehehehe….

Kalo ada teman teman yang mau coba masak masakan khas Korea, so kalian  bisa coba buka resepnya di http://www.maangchi.com disitu diajarkan cara memasak masakan khas Korea.

Ini adalah jjajangmyun instant yang saya beli di Mu Gung Hwa (MGH). saya ada membeli beberapa merek Mie instant Korea. Keliatannya seperti indomie ya?  Di Indonesia yang paling dikenal kayaknya sih yang produksi Nongshim deh. Mie nya kenyal dan lebih enak dari mie indomie, tapi kalo soal rasa indomie tetap megang hehehe…. soalnya lidahnya uda biasa dengan indomie sieh… (maksudnya jika dibandingkan dengan mie jjajangmyun instant loh).

2 Responses to “Jjajangmyun”

  1. wida May 23, 2013 at 9:15 am #

    hai sis.. sebenernya penasaran banget sih sama mie hitam ini, dan aq sudah beberapa kali nyoba menu masakan korea sederhana kaya ddeokbokki, kimchi, atau shin ramyun.. rasanya emang hambar, beda sama masakan indonesia yang full rempah+garam+gula😀

    kira2 si jjajangmyun ini rasanya juga datar gt ya? soalnya kata si maangchi Black bean paste nya sudah asin makanya dy klo masak gak ditambahi sama garam lagi. Aku pengen beli Black bean paste nya tapi gak tahu dimana, dan penasaran bgt sama rasanya tapi takut gak doyan kaya yg udah2…

    • Shin Hyo Ae May 23, 2013 at 9:26 am #

      Hi Sist…
      Kimchi rasanya ga hambar deh, agak asam, asin gitu. Kl shin ramyun coba deh masaknya jangan kebanyakan kuahnya, dijamin maknyos hehhee. Ak wkt pertama mkn shin ramyun krn bumbunya banyak ak ksh kuah yg melimpah and alhasil krg maknyooos. hiihih🙂

      Kl Jjajangmyin yang pernah ak makan sebelumnya cenderung sih ke hambar hambar pisang (Eh itu mah ampar-ampar pisang wkakaka…).
      Mengenai black bean paste rasanya sdh ada asinnya memang, trus bisa dibeli di Mu Gung Hwa (aku ada bahas mengenai Mu Gung Hwa dalam salah satu postingan aku).
      Jujur aja sih ya, setelah aku mencoba membuat jjajangmyun sendiri, rasanya lebih enak dibanding yang aku beli dl hehehe… Tp kata org Korea nya sih enak, dan pas aku coba kok rada hambar. Nah pas aku coba buat sendiri mengikuti resepnya maangchi, ternyata rasanya lebih better. Ya tp dibandingkan sama mie tek2 ak tetep milih mie tek2 jhahaha… TP supaya ga penasaran dengan rasa dari jjajangmyun ini sebaiknya coba aja dibuat dl sendiri di rumah, trus untuk rasanya setelah mengikuti resep maangchi tinggal kamu tambain bumbu2 lainnya yang sesuai dengan selera org indonesia. Ak jg wkt itu buat ga 100% ikutin cara Maangchi kok, jadinya jjajangmyun yang aku buat bisa dinikmati jg sama suami yg suka milih2 makanan. heheheh😛
      smg infonya berguna yaaa

Leave a Reply

