Gamjatang

28 Feb

Gamjatang (Pork Bone Soup)

Bahan :

Tulang B2 (sorry ga halal)😛 tapi bisa diganti dengan tulang / iga sapi, bombay, bawang putih, jahe, jamur shitake, sawi putih, kentang, mirin (cooking wine), toge, kentang, kucay, daun bawang, cabe merah kering, soy bean paste, hot pepper paste dan hot pepper flakes, kecap ikan, wijen

Story:

Proses memasak masakan ini agak mirip dengan dakbokkeumtang, namun Gamjatang menggunakan sayuran yang lebih banyak dan ada tambahan soy bean paste yang lebih mirip dengan taoco rasanya. Proses memasaknya cukup lama sampai daging bisa menjadi lembut. Jika ikutin resep asli sih semua sayuran jadi over cooked, jadi kalo menurut aku sih mendingan sayuran dimasukan saat beberapa saat sebelum masakan siap disajikan supaya tidak terlalu lembek/ benyek sayurnya. Kalau daging sih memang harus dimasak lebih lama supaya kaldunya terasa dan juga supaya dagingnya tidak keras.

Kalau aku perhatikan orang Korea memang banyak menggunakan hot pepper flakes dan hot pepper paste yang merupakan bahan dasar pembuatan kimchi juga. Ngomong ngomong soal kimchi, aku akhirnya nyobain juga rasa asli kimchi waktu makan di Chung Gi Wa Restorant.😦 ternyata rasanya kurang cocok sama lidah aku, agak asem dan asin, sedikit aneh, tapi aku paksakan makan karena aku kan pecinta Korea, jadi pengen deh bisa suka dengan makanan khas sana “Kimchi”…

Ngomongin Kimchi, aku juga pernah buat kimchi timun, namun aku ganti kecap ikannya dengan kecap angsa, soalnya aku gak suka dengan bau amisnya. Sepertinya sih uda pernah aku review singkat tentang oisobagi kimchi nya…

Oo ya untuk resep Gamjatang seperti biasa aku dapat dari website nya maangchi.

Leave a Reply

