Kue Bola Bola Ubi

11 Jan

Nah gambar diatas itu adalah hasil olahan dari Ubi, tepung sagu, gula halus, sedikit garam dan sedikit vanili. Sebenarnya sih awalnya ga kepikiran mau bikin kue bola bola ubi ini, tapi berhubung di rumah ada ubi nganggur uda 2 minggu ga dimasak-masak juga, ya akhirnya aku coba deh mambuat kreasi ubi ini. caranya sangat sederhana banget sieh dan bahan nya cukup mudah didapat.

Berikut sedikit panduan membuat kue bola-bola Ubi :

1. Cuci dulu ubinya sampai bersih dan kemudian di rebus sampai matang (pas di tusuk dengan sumpit, dalamnya sudah lembek).

2. Setelah matang kupas kulit ubinya.

3. Taruh ubi dalam sebuah wadah platik, lalu tumbuk ubi sampai halus.

4. Setelah ubi halus, beri gula halus dan aduk2 sampai rata. aku lebih suka menggunakan gula halus, soalnya jika pakai gula pasir, nanti suka meleleh dan meletup-letup saat proses penggorengan. So biar aman, aku pakai gula halus saja.

5. Setelah itu masukan tepung sagu secukupnya, garam seujung sendok teh dan vanili 1/2 Sdt. Sagu diberikan sedikit demi sedikit aja sampai dirasa adonan sudah kalis dan bisa dibentuk. Garam diberikan supaya ada rasa sedikit gurih, ingat garamnya sedikiiiiiit saja, kalo kebanyakan nanti asin soalnya.

6. Aduk dengan tangan semua bahan diatas sampai rata. Setelah itu adonan bisa dibulat-bulatkan dengan ukuran sesuai selera masing-masing.

7. Panaskan minyak goreng dan masukan bola-bola ubi ke dalam minyak panas dan aduk sesekali. Untuk mengetahui apakah kue ubi sudah matang atau belum bisa dilihat dengan cara apakah bola bola ubi tersebut sudah mengapung. Jika sudah mengapung berarti kue ubi sudah boleh diangkat dan disajikan.

Ini merupakan gambar kue bola-bola ubi setelah di goreng. Warna nya aga terlihat hitam ya, tapi aslinhya tidak sehitam itu sieh. Aku pakai kamera HP saja, jadinya warna tidak seperti aslinya. Aslinya lebih keunguan loh hehehe.

Rasanya sih ya seperti ubi manis di goreng. Akan lebih enak jika menggunakan ubi kuning. Aku pakai ubi ungu yang aku beli saat jalan-jalan ke puncak liburan Natal yang lalu. Tapi untuk camilan iseng sih boleh lah,… secara proses pengolahannya juga tidak terlalu rumit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: